5 Makna Kemerdekaan Yang Harus Kamu Resapi

Kemerdekaan bukan hanya sekadar peristiwa yang harus kita peringati. Lebih dari itu, kemerdekaan memberikan banyak makna, yang harus kita resapi dalam hidup.
Gambar: https://www.instagram.com/p/B1QghxmH47y/

Halosis.co.id, JakartaTanggal 17 Agustus tahun 2019 segenap bangsa Indonesia merayakan 74 tahun kemerdekaan. Kemerdekaan Bangsa Indonesia memiliki banyak makna yang bisa kamu jadikan pelajaran hidup untukmu. Namun, apakah kamu sudah benar-benar meresapi arti kemerdekaan itu? Berikut ini adalah beberapa makna kemerdekaan, yang harus kamu resapi sebagai warga Negara Indonesia

1. Bukti dari Perjuangan

Buah dari perjuangan keras adalah keberhasilan.
Gambar: https://www.merdeka.com/gaya/6-keajaiban-berani-bermimpi-besar.html

Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah kemerdekaan yang didapatkan dari sebuah perjuangan. Kebebasan yang kita nikmati saat ini adalah buah dari kerja keras, dari para pendahulu kita. Pahlawan, pejuang, proklamator, dan setiap orang yang dibalik kebebasan Indonesia patut kita apresiasi dan hormati. Karena tanpa jasa mereka, Indonesia tidak akan bisa seperti sekarang ini. Dari perjuangan mereka, kamu bisa belajar, bahwa setiap kesuksesan membutuhkan perjuangan. Tidak ada yang bisa didapatkan secara instan. Semua hal membutuhkan proses.

2. Kebersamaan

Yang utama dalam sebuah perayaan adalah kebersamaan.
Gambar: https://www.brilio.net/ngakak/5-momen-kocak-lomba-makan-kerupuk-agustusan-ini-bikin-perut-kram-180814v.html

Pernahkah terpikir, kenapa 17 Agustus selalu identik dengan panjat pinang, makan kerupuk, bakiak, dan lainnya? Perlombaan-perlombaan ini sebenarnya adalah perlombaan sederhana, dan minim modal. Tapi kenapa setiap tahun dilakukan? Dalam perayaan kemerdekaan, bukan kemewahan, kemegahan, dan selebrasi yang menjadi intinya. Namun kebersamaan. Itulah alasan, kenapa perayaan kemerdekaan selalu identik dengan lomba-lomba semacam ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan kebersamaan di antara kita semua.

3. Persatuan

Persatuan tidak akan tercipta,
Gambar: http://www.lampost.co/berita-persatuan-indonesia.html

Selain mengingatkan kita akan kebersamaan, kemerdekaan bangsa Indonesia juga menjadi simbol persatuan di antara kita. Kemerdekaan bukanlah kerja keras dari satu individu, atau satu suku bangsa saja. Kemerdekaan didapatkan, sejatinya, karena persatuan seluruh bangsa Indonesia. Persatuan juga untuk mengajarkan kita akan kerja sama. Kalau ingin bersatu, setiap orang perlu menekan ego masing-masing dan bekerja sama. 

4. Toleransi

Toleransi adalah kunci utama dari persatuan.
Gambar: https://www.hipwee.com/opini/pentingnya-toleransi-sebagai-kunci-keutuhan-bangsa/

Kemerdekaan Indonesia juga memberikan makna toleransi pada kita. Ulang tahun kemerdekaan menjadi pengingat bagi kita, akan pentingnya toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan semangat kemerdekaan, bisa semakin memaknai rasa toleransi yang mulai terkikis dalam bangsa kita. 

5. Titik Awal

Mendapatkan sebuah kebebasan merupakan titik awal seseorang untuk bisa hidup mandiri.
Gambar: https://nextevolutionperformance.com/2018/02/the-beginning-of-the-year/

Yang terakhir, kemerdekaan bisa kamu maknai sebagai titik awal. Merdeka berarti bebas dari sesuatu yang selama ini membelenggu. Namun kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal dari kehidupan baru. Setelah merdeka, kamu memulai segala sesuatu dari awal. Biarlah peringatan kemerdekaan mengingatkanmu akan titik awalmu menjadi pribadi yang mandiri.


Demikian beberapa makna kemerdekaan yang harus kamu resapi. Setiap orang mungkin memiliki arti kemerdekaan yang berbeda-beda. Namun biarlah setiap makna ini bisa kamu resapi dan aplikasikan dalam kehidupanmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Hari Kemerdekaan!



Leave a Reply