4 Tips Jitu Jalankan Ramadhan dengan Produktif

Halosis.co.id, Jakarta – Saat menjalankan ibadah puasa, tentu kamu harus tetap melakukan pekerjaan yang juga merupakan bagian dari ibadah. Puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan atau lebih santai. Justru, saat menunaikan ibadah puasa, kamu harus tetap produktif agar bisa terhindar dari rasa lapar atau bosan.

Produktif berarti menghasilkan sesuatu, ada hal yang dikerjakan. Nah, bagaimana kita bisa tetap produktif selama berpuasa? Tentu ada hal-hal yang harus diketahui sebelum kita menjadi produktif, seperti kegiatan yang sudah terencana, tidak asal-asalan dalam mengerjakan sesuatu, dan menggunakan waktu sebaik mungkin. Selain itu, ada juga hal lain yang harus diperhatikan supaya tetap produktif selama bulan Ramadhan. Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!


1. Buat Rencana Sebelum Beraktivitas

Sebelum melakukan kegiatan, sebaiknya segala sesuatunya sudah direncanakan, dengan begitu pekerjaanmu akan lebih efektif. Buatlah perencanaan yang terperinci, apa saja yang harus kamu lakukan dan berapa lama kamu akan melakukannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan target apa yang ingin kamu capai sepanjang hari.

Dalam membuat sebuah target, kamu harus membuatnya d enganspesifik, jelas, dan dapat terukur. Misalnya, kamu menargetkan dalam seminggu penjualan online-mu laku 200 barang, atau kamu bisa juga menargetkan dalam hal ibadah. Sebagai contoh, membaca Al-qur’an dan tafsir berapa lembar dalam waktu tertentu. 


2. Atur Prioritas

Memiliki sejumlah list rencana aktivitas memang baik, tapi jangan sampai kamu salah memprioritaskan pekerjaanmu. Produktif dalam bekerja berarti kamu tahu, hal penting mana yang harus diprioritaskan. Kerjakan lebih dulu kegiatan-kegiatan yang kamu prioritaskan. Setelah selesai barulah kamu bisa melanjutkan pekerjaan ke hal-hal yang tidak terlalu kamu prioritaskan.

Dengan mengatur prioritas, kamu akan lebih mudah untuk membagi waktu, misalnya antara jualan online dan kegiatan keagamaan. Jika dilatih terus menerus, secara otomatis kamu akan langsung tahu, kapan saatnya untuk beribadah dan kapan saatnya bekerja.


3. Maksimalkan Waktu Tertentu

Untuk menjadikan kegiatanmu selama di bulan Ramadhan ini lebih efektif, gunakan waktu tertentu dengan maksimal. Misalnya, saat setelah sahur, kamu bisa melakukan promosi di akun media sosial toko online-mu, karena dalam kurun waktu tersebut banyak pelanggan yang bermain media sosial. Dengan begitu, peluang agar penjualan meningkat akan semakin terbuka.

Banyak-banyaklah melakukan riset mengenai kapan waktu yang baik untuk melakukan promosi saat bulan Ramadhan, hal ini akan membantu kamu untuk melakukan pekerjaan lain di luar jam tersebut. Jika kamu telah mengetahui waktu-waktu tersebut, maka kamu sudah memiliki patokan untuk melakukan aktivitas. 


4. Hindari Multitasking

Agar ibadah puasa dan pekerjaanmu bisa terlaksana dengan efektif, hindari mengerjakan tugas ganda. Hal ini dikarenakan akan membuat kamu lebih lama menyelesaikan pekerjaan, dan hasil yang didapatkan juga tidak maksimal. Lakukanlah kegiatan satu persatu secara jelas dan maksimal, maka hasilnya akan bagus.

Selain itu, jika kamu mengerjakan dua hal atau lebih dalam satu waktu, fokus pada setiap pekerjaan pun akan hilang dan bisa memperlambat penyelesaiannya. Misalnya membaca Al-Qur’an sambil mengurus orderan, hal tersebut sangat tidak disarankan. Pasalnya, pembacaan Al-Qur’anmu tidak fokus, begitu pun dengan urusan pekerjaanmu, sehingga bukannya mempercepat, malah memperlambat waktu selesainya. Carilah waktu yang tepat untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan. 


Nah, itu dia tadi tips-tips jitu supaya kamu tetap produktif selama bulan Ramadhan ini. Walaupun sedang berpuasa, tetap harus produktif ya!

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply