5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Jualan Online Dari Rumah

Halosis.co.id, Jakarta – Di masa Pandemi COVID-19 ini, kamu sebagai online seller mungkin masih melakukan kegiatan seperti biasa. Namun, pasti tetap ada perbedaannya karena kamu dihimbau semaksimal mungkin untuk tidak keluar rumah. Dengan pemberlakuan peraturan tersebut, mungkin ada beberapa aktivitas di luar rumah yang harus ditunda.

Walau belum bisa ke luar rumah, ternyata kamu masih bisa melakukan hal-hal positif agar tidak bosan dan pikiranmu tetap segar lho. Kamu bisa menyelingi waktu berjualan online dengan hal-hal menyenangkan tapi juga tetap produktif. Yuk, langsung saja simak hal-hal apa yang bisa kamu lakukan sambil jualan dari rumah berikut:


1. Ikut Webinar atau Kelas Jualan Online

Faktanya, saat ini banyak sekali kelas-kelas webinar yang diadakan oleh berbagai pihak. Sebagai pengganti dari seminar yang biasanya dilakukan, kini beberapa penyelenggara seminar beralih menjadi webinar atau sering disebut juga kelas online.

Tidak hanya sebagai bukti kemajuan teknologi, webinar juga sangat ampuh untuk dijadikan sarana belajar tanpa harus berkerumun dengan orang banyak. Nah, kamu bisa menyelingi kegiatan berjualan dari rumah dengan mengikuti webinar atau kelas jualan online ini. Kegiatan ini bermanfaat untuk menambah ilmu-ilmu seputar berjualan online, selain itu juga bisa mengusir rasa penat dari kegiatan sehari-hari yang monoton.

Kamu bisa mengikuti webinar tanpa harus mengganggu kegiatan berjualan dari rumah, karena aksesnya secara online. Kamu bisa mencari beberapa webinar tersebut melalui website event-event , bisa juga melalui akun media sosial entrepreneur, atau webinar yang diadakan oleh Halosis. Untuk info lebih lanjut mengenai webinar yang diadakan Halosis, kamu bisa cek melalui akun instagram @halosisofficial.


2. Berolahraga Supaya Tetap Sehat

Di rumah saja tetap harus hidup sehat dengan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dalam rumah selama kurang lebih 30 menit perhari. Lakukan gerakan-gerakan ringan yang masih bisa dilakukan sambil berjualan dari rumah. Misalnya, kamu bisa melakukan jumping jack sebagai latihan cardio yang bagus untuk pemanasan, atau bisa juga push up, sit up, squat jump, dan leg lift.

Jika kamu merasa bosan dengan gerakan-gerakan tersebut, kamu juga bisa memilih menari, senam, atau pun zumba sebagai opsi lain. Berolahraga dengan iringan musik memang menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang suka bergerak mengikuti irama lagu.

Saat kamu melakukan olahraga dengan musik dalam durasi 30 menit, setidaknya sudah ada 1000 kalori yang terbakar. Untuk lebih optimal, selingi 10 detik istirahat setiap 1 menit gerakan selesai. Dengan berolahraga, kamu menjaga tubuhmu tetap fit dan sehat, sehingga kuat untuk melakukan berbagai macam aktivitas.  


3. Membaca Buku Seputar Marketing

Buat kamu yang tidak terlalu suka mengikuti acara seperti webinar atau kelas online, tapi suka membaca, kamu bisa menyelingi kegiatanmu berjualan dari rumahmu dengan membaca buku. Kamu bisa memilih buku seputar marketing ataupun berjualan online yang tentu juga tetap memberikan manfaat untuk toko online-mu. Kamu bisa membaca buku fisik ataupun e-book yang dapat diunduh.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membaca buku yang berjudul “30 Hari Jago Jualan” yang ditulis oleh Dewa Eka Prayoga, atau bisa juga membaca buku “The Power of Digital Marketing” karya GM Susanto. Selain buku tadi, kamu bisa juga mencari buku lain yang sejenis di google.


4. Mengatur Strategi Jualan

Sambil menyelam minum air, mungkin peribahasa ini cocok untuk kegiatan berikut. Sambil kamu berjualan dari rumah, kamu juga bisa sambil mengatur strategi jualan. Mulailah untuk mengamati dan memperbaiki toko online-mu. Kembali riset bagaimana sifat konsumen toko online-mu, sehingga pemasaran yang kamu lakukan bisa lebih efektif.

Sebagai contoh, mungkin kamu bisa mengatur strategi jualanmu khususnya di tengah pandemi COVID-19 ini, misal dengan mengadakan promo untuk barang-barang yang stoknya masih banyak, agar tetap ada pemasukan, atau bisa juga melakukan giveaway untuk meningkatkan engagement.


5. Mencari Ide Konten Menarik

Kamu juga bisa memanjakan matamu dengan visual-visual menarik saat mencari ide konten untuk media sosial toko online-mu. Selain membantu untuk menghasilkan ide konten menarik, matamu pun kembali disegarkan dengan visual yang ada. Kamu bisa mencari beberapa referensi tersebut melalui pinterest, google image, ataupun designspiration.

Kamu bisa menggunakan kata-kata kunci yang berkaitan, seperti : creative content ideas, unique content, interest ideas. Sebagai contoh, kamu bisa membuat konten interaktif yang mendekatkanmu dengan pelanggan, bisa berupa quiz, atau games yang saat ini sedang banyak diminati (bingo, this or that, checklist, tebak-tebakan, dll), atau kamu juga bisa menambahkan konten quotes yang bisa memotivasi dan memberikan energi positif bagi pelangganmu.


Nah, itu dia tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan sambil jualan dari rumah. Gimana, kamu sudah terinspirasi untuk melakukan hal-hal tersebut? Yang terpenting, jangan sampai kamu penat dengan kegiatan sehari-harimu, dan cobalah untuk menyegarkan pikiran kembali agar kegiatan berjualan dari rumahmu lebih efektif.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply