8 Produk Paling Laris Dijual Online saat Bulan Puasa

Halosis.co.id, Jakarta – Bulan puasa tinggal menghitung hari. Bulan yang selalu dinanti-nantikan bagi umat Muslim, disebut juga sebagai bulan suci dan penuh berkah. Ngomong-ngomong soal penuh berkah, bulan Ramadham memang biasanya bulan yang penuh berkah untuk online seller. Pasalnya, pelanggan lebih banyak berbelanja untuk keperluan puasa bahkan sampai keperluan untuk Hari Raya nanti. 

Terlebih lagi melihat kondisi pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita tetap tinggal di rumah sampai saat ini, tentu berbelanja online jadi salah satu pilihan terbaik. Jika di beberapa Ramadhan lalu, tingkat jual-beli online meningkat, saat ini dapat dipastikan kegiatan jual-beli akan lebih meningkat drastis. Bukan hanya untuk keperluan Hari Raya, bahkan juga kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa.

Nah, kamu bisa banget menggunakan kesempatan ini untuk menjual produk-produk yang paling banyak dicari pelanggan selama bulan puasa. Kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung simak poin-poinnya!


1. Pakaian

Produk pertama yang sangat dicari oleh pelanggan saat bulan puasa adalah pakaian. Biasanya, pakaian yang dicari adalah pakaian-pakaian untuk kebutuhan hari raya. Untuk pria, pakaian yang banyak dicari adalah baju koko, karena digunakan untuk sholat juga saat Hari Raya nanti, sedangkan untuk wanita, biasanya yang sering dicari adalah gamis serta hijab. 

Jika kamu menjual produk tersebut, kamu telah memilih langkah yang tepat. Pasalnya, merujuk data resmi dari google, peningkatan pencarian pada produk pakaian saat Ramadhan meningkat hingga 30%. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk kamu para penjual online. Pelanggan ingin mengenakan baju baru saat Hari Raya karena ingin memberikan kesan berbeda saat merayakan kebahagiaan.


2. Perlengkapan Ibadah

Produk selanjutnya adalah perlengkapan ibadah. Menjelang Ramadhan, tentunya banyak orang yang ingin melengkapi atau memperbaharui perlengkapan ibadahnya. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan menjadi bulan untuk kembali fokus pada kegiatan keagamaan. Perlengkapan ibadah yang paling sering dicari adalah sajadah, mukena, sarung, dan peci. 

Selain itu, buku bacaan serta Al-qur’an juga produk yang banyak dicari, pasalnya saat menunaikan ibadah puasa, pelanggan akan lebih sering mengisi waktunya dengan membaca hal-hal yang positif. Mungkin, produk ini bisa kamu tambahkan sebagai ide usahamu menjelang bulan puasa karena pasti barang-barang tersebut diburu jauh-jauh hari.


3. Kurma

Kurma, buah yang berasal dari daratan Timur tengah ini sepertinya sudah menjadi makanan wajib, bahkan tak jarang menjadi ikon di Bulan Ramadhan. Rasanya sahur dan berbuka menjadi kurang lengkap tanpa kehadiran kurma.

Tentu hal tersebut menjadikan kurma banyak dicari pelanggan saat bulan puasa, bahkan tak jarang pelanggan membelinya dalam jumlah yang banyak, karena selain kebutuhan, kurma pun awet.  Karena itu, peluang usahamu untuk mendapat banyak orderan dari berjualan kurma terbuka lebar, karena sifatnya yang merupakan kebutuhan. 


4. Kue Kering dan Snacks

Kue kering dan snacks sepertinya sudah menjadi makanan pelengkap yang wajib ada di Hari Raya Lebaran. Saat tamu berkunjung ke rumah, kue kering menjadi teman yang pas untuk berkumpul dan berbincang-bincang. Maka dari itu, produk ini bisa menjadi peluang usaha kamu saat bulan puasa.

Biasanya, kue kering yang sering dijadikan sajian bagi para tamu adalah kue putri salju, nastar, kastengel, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba kesempatan berjualan ini, ditambah lagi dengan kemudahan berbelanja online yang kamu tawarkan untuk pelanggan yaitu berbelanja tanpa harus keluar rumah. 


5. Parcel

Budaya memberikan parcel sudah menjadi tradisi umum di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu simbol berbagi berkah di bulan Ramadhan. Biasanya, parcel ini diberikan untuk keluarga, kerabat, atau bahkan rekan kerja saat Hari Raya.

Parcel paling umum biasanya berisi kue kering, camilan, serta sirup. Namun, ada juga parcel lain seperti parcel buah, parcel perlengkapan sholat, atau parcel peralatan masak. Semuanya tergantung pada siapa kita akan memberikan parcel tersebut. Karena tradisi ini sudah mengakar di Indonesia, kamu bisa lho mencoba peluang usaha ini. 


6. Makanan Kaleng

Produk selanjutnya yang banyak dibutuhkan saat bulan puasa adalah makanan kaleng. Makanan kaleng menjadi buruan pelanggan saat bulan puasa dikarenakan penyajiannya yang praktis untuk sahur dan berbuka. Sehingga, waktu untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka jadi lebih cepat. Makanan kaleng yang paling sering dicari biasanya ikan dan buah.


7. Sirup dan Minuman Sasetan

Produk selanjutnya yang tidak kalah laris adalah sirup dan minuman sasetan. Tentu kita sadar kalau iklan sirup sudah mulai tayang di layar televisi kita berarti itu tandanya bulan puasa sudah dekat. Faktanya, di bulan puasa, sirup memang selalu meningkat angka permintaannya dan menjadi primadona di bulan ini.

Bagaimana tidak, untuk menemani berbuka puasa, kita biasanya ingin berbuka dengan yang menyegarkan dan manis, dan sudah pasti sirup menjadi pilihan yang tepat. Selain sirup, minuman sachet juga menjadi alternatif lain saat berbuka. Saat ini varian minuman sachet sudah banyak, mulai dari rasa coklat, teh, hingga aneka buah-buahan. 


8. Smartphone

Selain produk-produk di atas, ternyata smartphone juga permintaannya meningkat di bulan puasa lho. Menurut data analisis Google, menjelang Ramadhan hingga Hari Raya, pencarian smartphone meningkat sampai dengan 24%. 

Adanya pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) dialokasikan bukan hanya untuk kebutuhan pokok, tetapi juga untuk membeli alat elektronik, salah satunya smartphone.


Nah, itu dia tadi produk-produk yang paling laris dijual online saat bulan puasa. Gimana nih, kamu jadi berencana untuk jualan produk-produk tersebut? Peluang usahamu akan semakin besar saat angka permintaan pun meningkat.  

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply