Pentingnya Penggunaan Warna untuk Branding Toko Online-mu

Halosis.co.id, Jakarta – Warna menjadi salah satu hal penting dalam sebuah branding, begitu juga berkaitan dengan branding sebuah toko online. Warna merupakan salah satu bahasa visual yang dapat dimengerti pelanggan dalam sekali lihat, tanpa harus menyelipkan sebuah kata-kata penjelas. Jadi, dalam sebuah branding bukan dipengaruhi oleh visual saja, tetapi juga warna memiliki peran penting.

Kamu tidak bisa menggunakan warna untuk membangun branding toko online-mu asal-asalan, karena hal tersebut bisa merugikan untukmu. Pasalnya, pelanggan bisa jadi salah menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan, selain itu citra toko online-mu pun jadi menurun karena terkesan seperti toko online yang abal-abal.

Untuk itu, kamu harus tahu pentingnya penggunaan warna dan bagaimana cara pemilihannya dalam sebuah branding. Jadi, sudah dapat kita pastikan bahwa penggunaan warna itu penting ya. Nah, karenanya, yuk, simak pentingnya penggunaan warna untuk branding untuk toko online-mu di bawah ini.


1. Menunjukkan Identitas Toko Online-mu

Penggunaan warna bisa menunjukkan identitas dari toko online-mu lho. Pasalnya, warna bisa menularkan respon bagi pelanggan, seperti: penggunaan warna biru dalam sebuah branding dapat memanjakan mata pelanggan dan memberikan kesan tenang dan aman. Jika toko online-mu menjual alat-alat kesehatan, atau perlengkapan bayi, mungkin kamu bisa menggunakan warna biru untuk mendapatkan kesan tenang dan aman tersebut.

Identitas menunjukkan gambar diri seseorang, begitupun jika dikaitkan dengan sebuah toko online. Bagaimana toko online-mu ingin dilihat oleh pelanggan. Apakah mungkin kamu ingin meninggalkan kesan elegan sebagai identitas toko online-mu. Kamu bisa menentukan terlebih dahulu bagaimana toko online-mu ingin dikenal oleh pelanggan, setelahnya kamu bisa mengaitkan dengan menggunakan warna yang sesuai.


2. Bentuk Visual Produk Jualanmu

Agar pelanggan mengetahui apa yang kamu jual tanpa harus memberitahunya terlebih dahulu, kamu tentu harus membangun sebuah branding. Dengan adanya sebuah branding, pelanggan bisa langsung mengetahui apa yang kamu jual. Bukan hanya berbicara tentang gambar sebagai visual branding, namun warna juga memiliki peranan penting dalam hal ini.

Menggunakan warna bisa memperkuat visual dari branding toko online-mu. Misalnya, kamu menjual makanan sehat, kamu bisa menggunakan warna hijau karena berkaitan dengan alam dan kesehatan. Tanpa harus pelanggan mengetahui produk jualanmu, pelanggan sudah bisa menebak bahwa toko online-mu menjual produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kesan alami.


3. Bisa Menyorot Citra Produk atau Layanan Toko Online-mu

Rata-rata mata manusia lebih cepat menangkap dan pikirannya lebih cepat dalam mengolah sebuah informasi non-verbal dibandingkan isyarat yang verbal. Itu sebabnya, dengan menggunakan warna yang tepat berarti kamu sudah membangun sebuah komunikasi non-verbal dengan pelangganmu. Tentu hal ini dapat memberikan perhatian khusus pada pelanggan.

Warna mampu menyorot citra sebuah toko online, tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh, bahkan bisa sampai mempengaruhi penjualan online-mu. Nah, kamu pasti mau dong penjualan online-mu meningkat? Kamu bisa nih mencoba salah satunya memperhatikan penggunaan warna saat membangun sebuah branding untuk toko online-mu.














4. Bentuk Pembeda dengan Pesaing

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini penjualan online menjadi primadona masyarakat modern. Persaingan online seller pun semakin ketat, toko online semakin menjamur di mana-mana. Inilah sebabnya, kamu harus membangun sebuah branding untuk toko online-mu agar berbeda dengan toko online lainnya.

Untuk menjadi pembeda, kamu bisa menggunakan warna sebagai solusinya. Tidak menutup kemungkinan produk yang kamu jual sama persis dengan toko online lain, namun kamu bisa memberikan kesan kepercayaan pada pelanggan dan menarik perhatian pelanggan lebih dibanding toko online lainnya saat kamu memiliki branding.

Penggunaan warna membangun mood yang berbeda bagi pelangganmu juga. Sebagai contoh, kamu sama-sama menjual baju untuk anak muda yang kekinian, lalu produkmu sama dengan toko lain, kamu bisa membangun sebuah branding untuk toko online-mu dengan menggunakan warna yang saat ini hits di kalangan target marketmu, atau lebih tepatnya sesuai dengan mereka.

Ada kemungkinan, pelanggan akan lebih tertarik untuk berbelanja di sebuah toko online-mu yang sudah melakukan branding. Misalnya, kamu menggunakan warna-warna pastel untuk menarik target marketmu, karena hal tersebutlah yang cocok dan sesuai dengan target marketmu. Jika kamu menggunakan warna gelap atau yang bertolak belakang, kemungkinan kepercayaan pelanggan terhadap produk jualan online dan toko online-mu menurun.


5. Untuk Mencapai Pasar Tertentu

Untuk menyasar sebuah pasar tertentu, kamu harus mengetahui apa yang menjadi insight mereka. Kamu harus mempelajari lebih dalam terlebih dahulu tentang pasar tersebut. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa mengaitkannya dengan penggunaan warna dalam branding toko online-mu. Mengapa demikian? Karena hal tersebut mudah diterima oleh targetmu.

Selain itu, warna berperan kuat dalam sebuah pemaknaan. Setiap warna memiliki psikologinya masing-masing. Itu sebabnya, jika kamu ingin mencapai pasar tertentu, perlu mengetahui budaya dalam sebuah targetmu bagaimana, tentunya ini akan sangat berpengaruh saat kamu memilih warna branding-mu. Saat warna yang digunakan tepat dengan targetmu, maka kamu sudah bisa masuk dalam pasar tersebut. 


Nah itu dia tadi, pentingnya penggunaan warna untuk branding toko online-mu. Gimana, sekarang kamu jadi lebih tahu dong kalau membuat branding harus mempertimbangkan hal lain selain visual? Yang terpenting adalah bagaimana kamu menggunakan warna sebagai salah satu elemen pendukung untuk branding toko online-mu. Dengan begitu, branding toko online-mu akan akan semakin kuat. Jika branding-mu kuat, maka hal tersebut menjadi peluang besar untuk peningkatan penjualanmu.  

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply