5 Rahasia Bangun Pagi Tanpa Ngantuk

Janji palsu = 5 menit lagi bangun deh… Bangun setelah 1 jam tidur lagi.
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id, JakartaBangun pagi mungkin jadi satu tantangan paling berat sebelum menjalani hari. Tidak semua orang terbiasa bangun pagi. Namun bangun di pagi hari sebenarnya bisa dibiasakan. Tidak mau kehilangan manfaat bangun pagi? Simak beberapa cara agar bisa bangun pagi tanpa ngantuk, di bawah ini!

1. Tidur Cukup

Punya waktu tidur yang teratur, buat kamu lebih mudah bangun secara otomatis.
Gambar: www.unsplash.com

Syarat utama kamu bisa bangun pagi tanpa ngantuk lagi adalah tidur yang cukup. Pastikan waktu tidurmu sudah tercukupi. Orang dewasa yang berusia 17–25 tahun butuh tidur 7 – 9 jam per hari. Rasanya cukup mustahil, kalau kamu mau bangun pagi, tapi tidak punya waktu tidur yang ideal. Istirahat sangatlah penting untuk kesehatanmu. Karena itu, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. 

2. Matikan Gadget Sebelum Tidur

Jangan takut, alarm akan tetap menyala, walau kamu mematikan HP.
Gambar: www.unsplash.com

Cara yang berikutnya adalah matikan gadget sebelum kamu tidur. Smartphone menyimpan panas dan memaparkan radiasi elektromagnetik yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, mungkin kamu mungkin pernah terbangun, hanya karena layar HP menyala. Alasannya adalah, karena cahaya dari handphone juga bisa mensugesti otak kita, kalau belum saatnya untuk tidur. Pastikan kamu sudah mematikan gadget, supaya tidurmu lebih berkualitas.

3. Cari Cahaya

Cahaya membantu matamu buat melek.
Gambar: www.unsplash.com

Setelah kamu terbangun, langsung buka gorden atau nyalakan lampu kamarmu. Cahaya terbukti bisa dengan cepat membuat kita bangun dan kesadaran terkumpul. Kalau kamu mau kesadaranmu cepat terkumpul, carilah cahaya setelah kamu terbangun. 

4. Persulit untuk Matikan Alarm

Setel alarm sekencang-kencangnya dan buat berulang.
Gambar: www.pexels.com

Kalau kamu adalah tipe yang sangat sulit untuk dibangunkan, ada baiknya kamu menyetel alarm. Tapi tidak hanya menyetel alarm, kamu harus menjauhkan dirimu dari alarm tersebut. Jangan letakkan HP atau alarm di tempat yang bisa kamu jangkau dengan tanganmu. Selain itu, kalau kamu mau bangun jam 6 pagi, maka pasang alarm mulai dari 5.45 sampai 6.15. Lakukan ini untuk mencegah kamu tidur lagi. 

5. Buat Motivasi untuk Bangun

Selalu buat motivasi bangun setiap hari.
Gambar: https://www.seek.com.au/career-advice/how-to-answer-motivation-based-interview-questions

Cara yang terakhir adalah buat motivasi untuk bangun setiap hari. Orang yang memiliki motivasi akan lebih mudah bangun, dibandingkan yang tidak punya motivasi. Motivasi sangatlah penting, untuk menjadikan setiap harimu memiliki makna. Kalau kamu tidak tahu, apa yang mau kamu lakukan hari itu, pasti kamu akan lebih susah untuk bangun. Tapi kalau kamu sudah punya goal untuk satu hari, bangun pagi bukanlah perkara sulit. 


Demikian beberapa cara yang bisa membantumu untuk bangun pagi tanpa merasa ngantuk lagi. Bangun pagi punya banyak manfaat untukmu. Orang-orang sukses seperti Steve Jobs dan Barack Obama punya kebiasaan bangun pagi. Jadi, jangan malas untuk bangun pagi ya Sahabat Halosis! Semoga artikel ini berguna dan selamat #berUsaha!



1 comment

  1. 7 Kebiasaan Orang Sukses Yang Bisa Kamu Tiru – Halosis Blog

    […] Bangun pagi mungkin adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Tapi bangun pagi terbukti punya sejuta manfaat untuk sepanjang harimu. Orang-orang yang sukses juga ternyata punya kebiasaan bangun pagi. Untuk kamu yang belum terbiasa, kamu bisa mencobanya beberapa hari. Biasanya, setelah mencoba beberapa kali, tubuhmu akan mulai terbiasa.  […]

Leave a Reply