5 Rahasia Desain Kemasan Produk yang Menarik

Halosis.co.id, Jakarta – Desain kemasan menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah branding toko online. Desain kemasan tidak hanya menjadi nilai tambah untuk sebuah produk, tapi juga sering kali, menjadi alasan utama seseorang membeli produkmu.

Melalui desain kemasan produk, kamu bisa menunjukkan identitas brand yang menjadikannya berbeda dengan brand lainnya. Tidak hanya itu, melalui kemasan, kamu juga bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada pelanggan mengenai produk dan toko online-mu.

Untuk itu, penting bagi online seller memikirkan dengan matang, desain kemasan yang paling cocok dan menarik untuk brandnya. Nah, biar kamu jadi tahu apa saja rahasia membuat desain kemasan produk yang menarik, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Pilih Warna yang Tepat

Mata manusia sangat peka dan mudah terstimulus oleh sebuah visual. Maka dari itu, penggunaan warna dalam sebuah desain kemasan produk menjadi hal yang penting. Semakin menarik warna yang digunakan, maka kamu akan semakin mudah untuk menarik perhatian pelanggan.

Warna kemasan yang menarik tidak hanya terbatas pada satu warna saja. Kamu bisa bermain dengan perpaduan warna untuk menonjolkan karakteristik toko online-mu. Atau kamu juga bisa memilih warna yang sesuai dengan karakteristik target pasarmu. Untuk memastikan perpaduan warna sudah sesuai dan nyaman dilihat, kamu bisa mengeceknya di situs web skema warna, seperti coolors.co.

Kamu bisa menggunakan warna-warna yang sedang tren saat ini. Namun, perlu diingat warna yang kamu gunakan untuk desain kemasan produkmu juga harus tetap sesuai dengan produk jualanmu ya. Jika produk jualanmu adalah fashion pria yang maskulin, hindari penggunaan warna-warna feminim seperti pink, meskipun mungkin warna tersebut sedang tren. Tetap lakukan riset sebelum menggunakan warna dalam desain kemasan produk karena setiap warna memiliki makna psikologinya masing-masing.


2. Unik

Bentuk kemasan yang unik akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan dan kemungkinan besar lebih disukai. Andalkan kreatifitas untuk membuat desain kemasan yang tidak polos. Sebagai contoh sederhana, kamu mungkin bisa memberikan pita, atau ornamen dekoratif lainnya agar lebih eye-catching.

Bukan hanya warna saja yang memiliki psikologi, ternyata bentuk juga memiliki psikologinya sendiri lho. Jika kamu sering melihat kemasan produk untuk produk-produk yang maskulin biasanya terkesan kaku dan rata, sedangkan untuk produk yang feminim biasanya kemasannya lebih melengkung dan menggunakan bentuk-bentuk yang organik

Ada pertimbangan psikologi di balik pemilihan bentuk-bentuk tersebut yang biasanya didapatkan dari target audience yang ingin dituju. Itu sebabnya, meskipun kemasanmu unik, tetapi tetap harus menyesuaikan target audience serta pesan yang ingin disampaikan ya. Karena, jika kamu hanya mengutamakan keunikan tanpa menyesuaikan dengan target audience, maka hasilnya kurang maksimal. Desain kemasan produk yang sesuai dengan target audience akan membuat pelanggan lebih mudah menerimanya.


3. Mengundang Interaksi

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang suka berkomunikasi. Dengan demikian, tidaklah mengherankan jika pelanggan akan lebih tertarik dengan hal-hal yang interaktif. Sama halnya dalam desain kemasan produk, desain yang melibatkan komunikasi dua arah akan lebih mudah mencuri perhatian pelanggan.

Membuat desain kemasan yang interaktif bukanlah perkara yang tidak bisa dilakukan. Kamu bisa mencobanya dengan metode yang sangat sederhana. Misalnya, jika kemasan produkmu menggunakan bahan kertas hitam, kamu bisa menyelipkan kapur warna-warni sebagai bonus, agar pelanggan bisa berkreasi di atas kemasan produkmu tersebut.


4. Utamakan Fungsi

Jika di poin satu sampai tiga sudah berbicara tentang estetika, sekarang saatnya membahas hal yang berkaitan dengan fungsi atau kegunaannya. Tujuan utama dari sebuah kemasan produk adalah untuk melindungi produk itu sendiri. Itu sebabnya, meskipun desain kemasan produk unik, kamu tetap harus mengutamakan fungsi utamanya.

Desain kemasan produk harus mampu melindungi produknya dan menjaga agar tidak ada kerusakan. Pelanggan tidak perlu khawatir mendapatkan produk yang dibeli rusak atau cacat, karena sudah ada kemasan yang siap melindungi produk tersebut.

Gunakanlah bahan-bahan yang aman bagi produkmu untuk membuat kemasan produk. Misalnya, jika produk jualanmu adalah makanan, maka gunakanlah bahan yang kedap air, kedap udara, tidak beracun, antimikroba, dan hal-hal lainnya yang sesuai dengan prosedur keamanan untuk kemasan makanan.


5. Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

Saat ini, masyarakat sudah semakin aware dengan penggunaan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan itu bukanlah hal yang baik. Maka dari itu, usahakan semaksimal mungkin untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Selain membantu mengurangi sampah plastik, kamu juga menyadarkan pelanggan untuk tidak menggunakan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

Bukan hanya itu saja, pelanggan pun akan memberikan nilai lebih kepada toko online-mu karena sudah melakukan tindakan yang bisa membantu menyelamatkan bumi. Saat ini, pelanggan memberi perhatian lebih kepada jenis kemasan atau bahan yang digunakan. Memang, efek kemasan ramah lingkungan belum berdampak besar pada penjualan saat ini, namun hal ini sudah diprediksi mendapat peluang besar menarik perhatian pelanggan ke depannya. 


Membuat desain kemasan produk ternyata bukan hal yang mudah ya, kamu tidak bisa asal-asalan, bahkan dalam hal yang sering dianggap sepele seperti pemilihan warna. Kamu harus pandai-pandai berinovasi dan tidak malas untuk mencari berbagai ide untuk kemasan produkmu. Dengan begitu, kamu akan membawa keuntungan untuk diri sendiri. Selain itu, value produkmu pun akan bertambah di mata pelanggan. 

Kalau sudah memiliki produk dan kemasan yang baik, saatnya kamu memikirkan cara untuk lebih mengoptimalkan performa toko online agar penjualanmu semakin meningkat. Pakai aplikasi Halosis untuk tingkatkan performa toko online-mu. Fitur-fitur dari aplikasi Halosis bisa bantu kamu jualan online dengan lebih cerdas, cepat, dan cermat. Buat akun Halosismu sekarang juga!

Kunjungi instagram kami atau website kami untuk dapatkan info lebih lanjut.

Leave a Reply