5 Cara Efektif Tingkatkan Value Produk Jualan Online-mu

Halosis.co.id, Jakarta – Value atau nilai merupakan hal yang sangat penting untuk produk apa pun. Hal ini disebabkan karena value akan mempengaruhi nilai jual produk. Produk yang memiliki value tinggi kemungkinan besar punya tingkat penjualannya yang tinggi pula. Karena itu, sangat penting bagi kamu online seller untuk meningkatkan value produkmu. 

Untuk dapat meningkatkan value produk, kamu bisa memulainya dengan melakukan analisa produk. Kenali produk lebih mendalam termasuk kelebihan dan kekurangannya. Setelahnya mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa lebih mudah memperbaiki kualitas produk agar value-nya bisa meningkat.

Supaya kamu bisa memahami lebih jelas, cara-cara untuk meningkatakan value produk jualanmu, yuk, cek 5 cara efektif di bawah ini!


1. Meningkatkan Kualitas Produk

Cara pertama untuk meningkatkan value produk adalah dengan meningkatkan kualitas produknya. Kualitas produk menjadi hal yang sangat penting karena diperhatikan oleh pelanggan. Jika kualitas produk baik, maka peluang untuk repeat order akan sangat tinggi.

Untuk dapat meningkatkan kualitas produk, awali dengan evaluasi produk. Kamu bisa menanyakan pendapat pelanggan mengenai produkmu di mata mereka. Setelah kamu mendapatkan hasil analisa dari produkmu, kamu mungkin bisa memulai untuk memperbaiki kekurangannya dan meningkatkan kelebihannya. 


2. Membuat Packaging Lebih Menarik

Packaging yang menarik akan memberikan kesan yang baik di mata pelanggan, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau pelanggan akan melihat value produkmu jauh lebih baik. Setelah memastikan bahwa pengemasan produkmu dapat melindungi produkmu dan aman, kamu juga harus memperhatikan nilai keindahannya.

Cobalah untuk mengemasnya dengan rapi dan ditambah sentuhan unik. Misalnya kamu bisa menambah pita sebagai pemanis bungkus produkmu, atau bisa juga menambahkan tali rami dan sedikit bunga kering untuk menambah kesan estetik, dan masih ada banyak lagi pernak-pernik yang bisa mempercantik packaging-mu. Karena, sebelum pelanggan melihat produkmu, packaging-mu lah yang pertama kali dilihat. Jadi, berikan kesan terbaik mulai dari hal tersebut.


3. Memberikan Pelayanan Ekstra

Pelanggan selalu ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari online seller. Utamakanlah kepuasan pelanggan, salah satunya dengan memberikan pelayanan ekstra. Ini artinya, kamu harus berusaha semaksimal mungkin dalam melayani pelanggan, misalnya membalas chat pelanggan dengan cepat, pengiriman pesanan  tepat waktu, atau bahkan jauh lebih cepat dari estimasi waktunya.

Selain itu, jika ada permintaan khusus dari pelanggan, kamu juga harus semaksimal mungkin bisa memberikannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu memperhatikan pelanggan dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik. Walaupun pelayanan yang kamu berikan dengan upaya yang lebih, namun akhirnya kamu juga akan mendapatkan keuntungannya, yaitu pelanggan bisa melihat bahwa value dari produkmu itu baik.


4. Terus Berinovasi

Inovasi produk sangat dibutuhkan untuk meyakinkan pelanggan bahwa baik produk maupun pelayanan yang kamu berikan adalah yang terbaik. Dengan terus melakukan pembaharuan produk sesuai kebutuhan pelanggan, maka pelanggan pun akan merasa bahwa kamu selalu berusaha untuk menjawab kebutuhan mereka. Inovasi produk tentu bisa meningkatkan value produkmu karena kamu menjadikan produkmu jadi lebih baik.

Untuk membuat inovasi produk, kamu tidak perlu mengganti produkmu dengan benda yang lain. Cukup gunakan produk yang sama namun dengan menyematkan keunikan baru. Misal, jika bidang penjualanmu adalah pakaian yang menjual rok atau celana, jika toko online lain hanya menjualnya saja, kamu mungkin bisa menambahkan product bundle dengan sabuk misalnya, atau kamu menjual satu outfit menarik yang telah kamu padupadankan dengan produk lainnya, sehingga pelanggan tidak kesusahan lagi mencocokan baju yang akan dikenakannya dengan aksesoris lain.


5. Memanfaatkan Testimoni dari Pelanggan

Testimoni dari pelanggan selain bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk evaluasi toko online sekaligus alat promosimu. Tentunya testimoni yang berisi kekurangan atau saran dari pelanggan bisa menjadi bahan evaluasi toko online-mu, hal ini sangat bermanfaat untuk memajukan toko online-mu, kamu jadi berusaha untuk memperbaiki dan menjadikan produkmu jauh lebih baik, mungkin juga kamu mendapatkan ide baru yang selama ini tidak dapat kamu lihat dari sisi penjual.

Testimoni yang kurang baik tidak selalu berpengaruh buruk pada toko online-mu, justru bisa membantu kamu untuk meningkatkan value produkmu juga, yaitu dengan memecut kamu agar lebih baik lagi. Begitupun dengan testimoni yang baik, hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai alat promosi untuk menarik perhatian calon pelanggan.


Nah, itu dia 5 cara efektif meningkatkan value produk jualan online-mu. Intinya, kamu harus memprioritaskan pelanggan, apa yang menjadi kebutuhan mereka harus dapat bisa terjawab melalui produk yang kamu miliki. Selain itu, tentunya kamu juga selalu berkeinginan memberikan yang lebih baik lagi untuk pelanggan, dengan begitu tanpa sadar kamu sedang berusaha meningkatkan value produkmu. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply