Barter Produk dengan Exposure di Instagram? Sebaiknya Gimana Ya?

Bayar pake exposure sekarang lagi viral di dunia maya.
Gambar: www.unsplash.com 

Halosis.co.id, JakartaAkhir-akhir ini sedang viral, salah satu management terkenal beberapa kali meminta kerja sama dengan bayaran exposure di Instagram. Permintaan kerja sama ini kemudian menjadi viral, karena pihak yang diajak bekerja sama menyebarkan screenshot percakapannya dengan sang influencer. 

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra, muncul sebuah pertanyaan. Sebenarnya bagaimana sih, exchange barang atau jasa dengan exposure dilihat dari sudut pandang bisnis? Yuk, simak penjelasanya di bawah ini.

Apa Itu Instagram Exposure?

Mempromosikan sebuah akun instagram bisa dilakukan di Feed, Story, atau IGTV.
Gambar: www.unsplash.com

Seperti namanya exposure, instagram exposure adalah kegiatan publikasi yang membuat sebuah akun instagram dikenal oleh banyak orang. Tentunya banyak faktor yang bisa membuat sebuah akun instagram terekspos. Salah satunya adalah dengan bantuan promosi dari selebgram ataupun influencer

Selebgram atau influencer memberikan exposure dengan memposting foto tentang suatu produk dan mentag akun IG yang olshop tersebut. Dengan begitu, followers, fans, atau orang yang melihat postingan tersebut, bisa terhubung dengan akun IG olshop dengan mudah. 

Kalau Diuangkan, Berapa Harga Instagram Exposure?

Sumber penghasilan selebgram atau influencer berasal dari exposure.
Gambar: www.unsplash.com

Apakah exposure bisa diuangkan? Tentu saja bisa. Untuk tahu nilai sebuah exposure di Instagram kamu bisa berpatokan pada tarif paid promote atau endorsement yang dipasang influencer tersebut. Tarif seorang endorser di Instagram dipengaruhi oleh followers yang dimiliki, engagement, dan impression dari setiap postingan.

Kalau kamu masih bingung mencari harga untuk mengendorse seseorang, kamu bisa mengecek estimasinya di beberapa website instagram marketing. Salah satunya di influencermarketinghub.com

Di website ini, kamu bisa mengeceknya di instagram calculator. 
Setelah itu, masukkanlah username IG yang ingin kamu tahu. 

Meminta Barter dengan Exposure Apakah Etis?

Dalam menjalin hubungan kerja sama, kesopanan harus diutamakan.
Gambar: https://travel.tribunnews.com/2017/05/11/4-ucapan-salam-pembuka-di-jepang-yang-wajib-kamu-ingat-biar-gampang-akrab-dengan-warga-lokal

Masalah etis atau tidak sebenarnya tergantung pribadi masing-masing. Pada dasarnya setiap orang punya hak untuk mengajak, menerima, bahkan menolak sebuah penawaran partnership. Sebagai pihak yang diajak bekerja sama, tentunya kamu bisa mengiyakan ataupun tidak semua penawaran yang sampai padamu. Sebaliknya, orang yang mengajukan kerja sama juga sebenarnya tidak dibatasi aturan untuk tidak boleh menawarkan orang-orang tertentu. 

Yang selalu tidak boleh kamu lupakan dalam menjalin  Menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain memang bukanlah hal yang mudah. Terutama kalau berkomunikasi melalui media sosial. Kamu harus sangat berhati-hati, karena orang bisa saja salah menginterpretasikan pesanmu. Tetap tunjukkan profesionalitas, walau kamu berkomunikasi menggunakan media sosial.

Jadi, Kalau Ada Yang Ajak Barter, Apa Harus Saya Terima?

Sebelum menolak ataupun menerima, pertimbangkan dulu dengan matang.
Gambar: http://marvellousbeing.com/good-versus-bad-colon-cleansing/

Untuk pertanyaan yang satu ini, hanya kamu yang bisa menjawabnya. Namun hal yang harus kamu jadikan pertimbangan paling besar adalah, target pasar. Kamu harus tahu, apakah target pasar usahamu adalah pengikut selebgram yang mau mengekspos IGmu? 

Selain itu, pertimbangkan juga image yang dimiliki influencer di publik. Apakah image ini selaras dengan image yang ingin kamu ciptakan atau sudah ada pada brandmu? Kalau dari segi followers dan image sudah sesuai, mungkin, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba. Tapi kalau ternyata kurang sesuai, sebaiknya kamu menolaknya. 


Demikian ulasan singkat mengenai barter produk dengan instagram exposure dengan selebgram atau influencer. Menguntungkan untuk bisnismu atau tidak, hanya kamu yang bisa menilai. Sejauh ini, tidak ada jaminan yang jelas, apakah endorsement yang kamu lakukan akan meningkatkan penjualan tokomu. Yang jelas, kamu punya hak untuk menerima ataupun menolak ajakan kerja sama ini. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat #berUsaha!



Leave a Reply