Mau Jualan Lewat WhatsApp Terlihat Profesional? Cek Tipsnya!

Halosis.co.id, Jakarta – Jualan online akhir-akhir ini semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Terlebih semenjak pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia. Masyarakat harus mengurangi bepergian ke luar rumah dan mulai beralih berbelanja secara online.

Platform jualan online yang digunakan pun berbeda. Salah satu plaftorm berjualan online yang paling mudah adalah WhatsApp. Walau terhitung lebih mudah dibandingkan platform lainnya, ada banyak hal yang bisa kamu manfaatkan agar jualanmu semakin maksimal dan profesional.

Kamu mau jualan lewat WhatsApp kelihatan profesional? Simak tips di bawah ini!


1. Buat Pesan Otomatis

Supaya bisa lebih efisien, kamu bisa membuat pesan otomatis untuk membalas chat pelanggan. Namun, pesan otomatis ini bisa dibuat jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di playstore.

Dengan adanya pesan otomatis, toko online-mu akan terlihat lebih profesional. Mengapa? Karena ada pesan pembuka saat pelanggan mengirim pesan padamu, juga waktu untuk membalas chat sangat cepat. Kamu juga bisa mengatur isi pesan otomatis yang akan digunakan. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Pertanyaan umum yang diajukan oleh pelanggan juga bisa dibalas dengan pesan otomatis.


2. Update Info Terbaru di Status WhatsApp

Status WhatsApp bisa dijadikan salah satu alternatif agar toko online-mu terlihat profesional. Karena, dengan selalu mengupdate informasi terbaru, menandakan bahwa toko online-mu aktif dan terencana. Kamu bisa mengupdate status setiap hari dengan angka unggahan maksimal 10.

Idealnya, toko online upload 5-10 unggahan per hari agar terlihat aktif. Karena jika di bawah angka tersebut, informasi yang disampaikan mungkin akan kurang maksimal. Tetapi, lebih dari angka tersebut juga tidak baik. Pelanggan akan malas melihat statusmu karena terlalu banyak. Selain itu, mengupdate status terlalu banyak bisa membuat pelanggan merasa terganggu.


3. Selalu Cantumkan Link Toko Online-mu

Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu mencantumkan link toko online-mu. Kamu bisa mencantumkannya di setiap status yang kamu unggah, bisa juga di setiap pesan otomatis yang kamu buat, dan bisa juga di bio WhatsAppmu. Link yang dicantumkan bisa berupa link website, marketplace, ataupun akun media sosial toko online-mu.

Mengapa link toko online-mu perlu dicantumkan? Karena hal ini bisa mempermudah pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih tentang produk jualan ataupun toko online-mu sendiri. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan traffic ke media sosial online shop-mu yang lain.


4. Pakai Broadcast untuk Promosi

Berikutnya adalah menggunakan broadcast untuk mempromosikan produk dan toko online-mu. Broadcast menjadi salah satu senjata ampuh untuk berpromosi melalui WhatsApp. Hal ini dikarenakan semua pelanggan yang sekontak denganmu bisa mendapatkan info tersebut dalam waktu bersamaan.

Bahasa yang digunakan biasanya lebih bersifat umum (tidak secara spesifik ditujukan pada satu orang). Selain itu, kamu harus memperhatikan juga waktu untuk melakukan broadcast. Tentukan waktu broadcast, buatlah jadwal untuk broadcast, karena jika terlalu sering melakukannya kamu bisa dianggap spam oleh pelanggan. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah seminggu sekali. Karena waktu ini tidak terlalu cepat, juga tidak terlalu lambat.


Nah, itu dia tadi 4 tips supaya jualan lewat WhatsApp terlihat profesional. Gimana, kamu pasti sekarang udah paham dong caranya? Yang terpenting adalah bagaimana kamu memanfaatkan setiap fitur di WhatsApp agar bisa mendukung jualan online-mu.

Untuk menunjang jualanmu lewat WhatsApp, kamu juga bisa pakai aplikasi Halosis Seller Lite. Aplikasi ini akan bantu kamu untuk hitung total pesanan dan ongkir otomatis dengan format order. Kamu tinggal meng-copy format order ke pelanggan yang bersangkutan. Lalu setelah pelanggan mengisi format order tersebut, kamu bisa meng-copynya dan menyalinnya ke aplikasi untuk proses pengelolaan data pelanggan dan pesanan otomatis sesuai status order.

Selain itu, kamu juga bisa membuat katalog digital otomatis yang mudah dibagikan ke WhatsApp. Jadi, kamu bisa kasih katalog produk yang berkualitas kepada pelanggan tanpa ribet.

Kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini biar jualan di WhatsAppmu makin pesat? Yuk, download aplikasinya di play store dan buat akunmu segera.

Leave a Reply