Jualan di Banyak Platform Online? Siapa Takut!

Halosis.co.id, Jakarta – Berjualan online di banyak platform mungkin cukup melelahkan dan menuntut tenaga ekstra. Mulai dari media sosial, website, marketplace, aplikasi, semua platform memiliki karakteristik dan regulasi berjualan yang berbeda.

Terkait hubungannya dengan jualan online, penggunaan platform online ini memiliki pengaruh besar. Dengan adanya beragam platform, online seller jadi lebih mudah berjualan online sesuai dengan targetnya. Selain itu juga, online seller jadi memiliki jangkauan penjualan yang lebih luas, yang tidak bisa terjangkau via offline.

Berjualan menggunakan platform online tentu tidak bisa asal-asalan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Misalnya, kamu harus tahu untuk menjual barang jualanmu akan lebih efektif jika menggunakan platform yang mana, kamu bisa memilih untuk menjual di platform yang lebih banyak digunakan oleh target market-mu. Bukan hanya itu saja, ada hal lain juga yang harus kamu perhatikan, untuk lebih jelasnya, yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini.


1. Kenali Plus Minus Setiap Jenis Platform

Setiap platform memiliki keunikannya masing-masing. Sebaiknya, kamu analisis terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari platform tersebut. Jika kamu sudah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari platformplatform yang kamu gunakan, maka kamu akan lebih mudah untuk memaksimalkan penggunaan platform tersebut.

Contohnya di facebook pelanggan lebih senang dengan caption yang panjang dan tidak terlalu memperhatikan visual, berbeda dengan di instagram. Di instagram, pelanggan akan lebih fokus pada visual yang kamu unggah, dan dengan caption yang tidak terlalu panjang. Maka dari itu, promosi yang kamu lakukan juga sudah pasti berbeda untuk diunggah di platform facebook dan instagram. Mungkin jika di facebook kamu harus membuat caption semenarik mungkin, sedangkan di instagram kamu harus membuat desain visual yang menarik.


2. Sesuaikan Barang Jualan

Tidak semua barang bisa kamu jual di semua platform. Ada beberapa barang yang hanya cocok dijual di platform tertentu karena penggunanya adalah target pasarmu. Karena itu, sebelum memilih platform jualan online, pastikan target pasar adalah pengguna platform tersebut.

Sebagai contoh, biasanya produk fashion yang lebih banyak dicari di Facebook adalah produk fashion wanita dewasa dan orang tua. Sedangkan produk fashion wanita remaja dan muda biasanya akan lebih banyak dicari di platform media sosial seperti instagram. Kalau kamu menjual produk fashion wanita muda, maka sebaiknya kamu lebih mengandalkan Facebook dari instagram.


3. Buat Promosi yang Berbeda di Setiap Platform

Seperti yang diketahui bahwa setiap platform memiliki keunikan masing-masing. Karena itu, saat kamu membuat promosi, sebaiknya jangan langsung dipukul rata untuk semua platform. Promosi akan jadi tidak efektif karena berpotensi laku di platform tertentu, tapi tidak di platform lainnya.

Contohnya jika kamu menggunakan facebook untuk berjualan, pendekatan promosi yang kamu gunakan sebaiknya pendekatan ‘hard-selling. Namun di beberapa platform seperti instagram, pendekatan promosi yang sebaiknya dilakukan adalah soft-selling karena kebanyakan penggunanya tidak menyukai konten berbau iklan.

Lain lagi halnya dengan penggunaan marketplace dan website. Promosi yang dilakukan biasanya bersifat menarik perhatian dalam waktu sekejap. Biasanya juga menggunakan kata-kata yang singkat namun menarik. Jadi, kamu harus memastikan bahwa promosi yang kamu lakukan sudah tepat dengan kebiasaan pelanggan yang menggunakan platform tersebut.


4. Pakai Aplikasi Halosis

Dengan banyaknya platform yang kamu gunakan, kamu mungkin akan kewalahan mengelola jualanmu. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini kamu bisa berjualan online dengan lebih mudah menggunakan aplikasi Halosis.

Ada banyak fitur-fitur aplikasi Halosis yang mempermudah berjualan online, seperti manajemen order 24 jam otomatis, laporan penjualan, hitung ongkir otomatis, dan masih banyak lagi. Kamu jadi tidak perlu ribet dan keteteran buat ngerjain semuanya. Nah, kalau gini penjualan online-mu bisa maksimal tanpa harus ribet dan kebanyakan mikir.

Kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis

Leave a Reply