Tips Buat Judul Postingan Jualan Menarik di Whatsapp

Halosis.co.id, Jakarta – Beda platform jualan, tentu beda juga cara promosinya. Promosi melalui WhatsApp menitikberatkan pada penggunaan teks, dibandingkan dengan gambar. Hal ini dikarenakan teks bisa dilihat secara langsung. Sedangkan untuk gambar belum tentu bisa langsung dilihat karena ada beberapa orang yang tidak membuat pengaturan otomatis mengunduh gambar.

Karena teks berperan sangat penting dalam promosi WhatsApp, kamu harus memastikan bahwa judul yang kamu buat sangatlah menarik dan membuat pelanggan penasaran. Judul akan menentukan apakah pelanggan akan terus membaca postinganmu atau tidak.

Supaya kamu tahu tips untuk membuat judul yang menarik untuk promosi lewat WhatsApp, yuk langsung cek selengkapnya di bawah ini!


1. Manfaatkan Efek Tulisan

Salah satu keunikan dari WhatsApp yang belum tentu ada di aplikasi chat lainnya adalah efek tulisan. Di Whatsapp, kamu bisa membuat teksmu jadi lebih tebal, miring, bergaris bawah, tercoret. Kamu bisa memanfaatkan efek ini untuk memberikan highlight pada tulisanmu sehingga lebih menarik dan mudah untuk dibaca.

Untuk menonjolkan kata penting dalam promosimu, kamu bisa membuat teksmu lebih tebal dengan menggunakan 2 tanda bintang di awal dan akhir kalimat yang dimaksud. Contohnya seperti ini *teks yang ingin kamu highlight*. Kamu tidak perlu memberikan spasi sesudah tanda bintang tersebut.

Selain itu, kamu bisa juga menggunakan huruf tebal untuk menulis judulmu agar lebih terlihat oleh pelanggan. Kamu juga bisa menggunakan huruf miring untuk sub judul dengan menggunakan 2 tanda garis bawah di awal dan akhir kalimat. Contohnya seperti ini _teks yang ingin kamu miringkan.


2. Pakai Kata yang Bisa Menghipnotis Pelanggan

Selain efek tulisan, kata-kata yang digunakan pun pastinya sangat berpengaruh untuk menarik perhatian pelanggan lho. Gunakanlah kata-kata yang bisa menghipnotis pelanggan. Kata hipnotis yang dimaksud di sini adalah kata-kata yang bisa segera membuat pelanggan tertarik dan yakin dengan toko online-mu.

Contohnya seperti kata gratis, baru, dijamin, murah, dan masih banyak lagi. Kata-kata yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Apa yang ingin kamu coba sampaikan pada pelanggan, kemaslah semenarik mungkin.


3. Bikin Pelanggan Penasaran

Salah satu faktor yang membuat pelanggan ingin terus membaca postinganmu adalah karena rasa penasaran. Jika kamu bisa membuat pelanggan penasaran dengan judul postinganmu, maka peluang pelanggan terus melanjutkan membaca akan besar.

Carilah bahasan atau kata-kata apa yang bisa membuat pelanggan penasaran. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencari berdasarkan apa yang saat ini sedang banyak dibahas. itu, kamu juga bisa mencari berdasarkan insight lain yang didapatkan dari pelanggan.

Sebagai contoh, jika pelangganmu sangat pensaran bagaimana bisa terlihat kurus saat di foto, kamu bisa memanfaatkan topik ini. Kamu bisa membuat judul postingan seperti ini “Terungkap, Ini yang Bisa Bikin Kamu Terlihat Kurus Kalau difoto!”. Lalu, jika kamu berjualan baju, promosimu bisa masuk di bagian akhir, seperti baju model seperti ini (produk jualanmu) direkomendasikan agar kamu terlihat kurus saat difoto.

Namun, kamu harus tetap melakukan riset yang akurat untuk membahas setiap topik. Jangan sampai, kamu hanya membuat judul yang menarik, tapi informasi di dalamnya tidak bermanfaat. Pastikan isi dari postinganmu benar adanya. Karena jika tidak, di kesempatan selanjutnya, pelanggan akan membalas untuk membaca postinganmu lagi.


4. Gunakan Bahasa Seringan Mungkin

Saat melakukan promosi di Whatsapp, sebaiknya gunakan bahasa seringan mungkin. Alasannya adalah penggunaan Whatsapp lebih bersifat personal dan casual. Maka dari itu, promosi yang kamu lakukan akan lebih efektif jika bahasa yang digunakan ringan dan mudah dimengerti.

Menggunakan bahasa indonesia yang terlalu baku dan formal akan membuat pelanggan malas membacanya. Kamu bisa menggunakan bahasa sehari-hari. Buat postinganmu seenjoy mungkin, sehingga pelanggan senang saat membacanya.


5. Singkat Tapi Jelas

Tips penting selanjutnya adalah judul postinganmu harus singkat dan jelas. Buatlah judul sesingkat mungkin tanpa menghilangkan arti sebenarnya. Maksudnya, meskipun singkat, judulmu harus tetap bisa langsung dimengerti oleh pelanggan.

Untuk bisa membuat judul yang singkat tapi jelas, kamu harus paham betul tentang bahasan yang akan kamu bahas. Setelah kamu paham, cobalah untuk menentukan 3-4 keyword atau kata kunci dari bahasanmu. Setelah itu, kamu bisa mengembangkan kata kunci tersebut menjadi sebuah kalimat yang menarik. Kamu tidak perlu menggunakan semua kata kunci tersebut dalam satu kalimat. Pilihlah kata kunci yang benar-benar menarik dan pas.


Itu dia tadi 5 tips membuat judul postingan jualan yang menarik di Whatsapp. Kalau judul postinganmu menarik, peluang pelanggan membeli produkmu pun akan meningkat. Dengan begitu, jualanmu bisa laris manis deh.

Untuk membantumu mengelola jualan di WhatsApp supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halosis Seller Lite. Aplikasi Halosis Seller Lite bisa membantu kamu untuk hitung total pesanan dan ongkir otomatis dengan format order. Kamu tinggal meng-copy format order ke pelanggan yang bersangkutan. Lalu setelah pelanggan mengisi format order tersebut, kamu bisa meng-copynya dan menyalinnya ke aplikasi untuk proses pengelolaan data pelanggan dan pesanan otomatis sesuai status order.

Kamu juga bisa membuat katalog digital otomatis yang mudah dibagikan ke Whatsapp. Jadi, bisa kasih katalog produk yang berkualitas kepada pelanggan tanpa pakai ribet.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini biar jualan di Whatsappmu makin pesat? Yuk, download aplikasinya di play store dan daftark sekarang juga!

Leave a Reply