Terungkap, Ini Cara Bikin Judul Konten yang Mampu Menarik Perhatian Pelanggan

Halosis.co.id, Jakarta – Salah satu faktor yang membuat pelanggan tertarik membaca sebuah konten adalah judulnya. Judul atau headline merupakan penarik perhatian utama dari sebuah konten. Itu sebabnya, judul harus menjadi perhatian utama saat membuat sebuah konten.

Sebelum membuat sebuah judul, sebaiknya kamu mencari keyword atau kata kunci terlebih dahulu terkait konten yang kamu buat. Kumpulkan minimal 4 kata kunci yang relevan, lalu pilih yang paling tepat untuk digunakan. Lalu, dari kata kunci tersebut kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah kalimat.

Sebuah kalimat headline jadi sangat menarik karena dipengaruhi beberapa faktor. Apa saja kira-kira hal yang bisa membuat judul kontenmu menarik perhatian pelanggan? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!


1. Menunjukkan Manfaat Bagi Pelanggan

Siapa yang tidak senang jika mendapat keuntungan atau manfaat? Tentu semua senang, begitupun dengan pelanggan. Untuk itu, headline yang kamu buat harus memberikan gambaran untuk pelanggan tentang manfaat yang bisa mereka dapatkan dari membaca kontenmu.

Untuk mengetahui, manfaat apa yang dibutuhkan pelanggan, kamu harus terlebih dahulu mengenal pelangganmu. Jika kamu mengetahui insight pelanggan, kamu akan lebih mudah mencari topik konten. Kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan kesukaan dan kebiasaan mereka.

Sebagai contoh, kamu menjual kosmetik dan pelangganmu adalah orang yang ingin tampil cantik natural dalam waktu singkat. Kamu bisa membuat konten dengan judul “Perawatan Kulit yang Bisa Bikin Kamu Cantik Natural dalam Waktu Cepat”. Dari judul tersebut, pelanggan mengetahui bahwa saat mereka membaca kontenmu, mereka akan mendapat informasi mengenai perawatan kulit yang bisa membuatnya cantik natural dalam waktu cepat.


2. Menggunakan Kata yang Unik

Judul yang biasa-biasa saja akan membuat pelanggan bosan dan tidak tertarik. Karena itu, untuk menarik perhatian pelanggan, kamu harus bisa membuat judul yang unik. Untuk bisa mendapatkan judul yang unik, kamu harus lebih dulu mencari keunikan dalam keseluruhan konten.

Kamu bisa berkunjung ke situs web buzzfeed untuk mendapat inspirasi judul konten yang unik. Kamu juga bisa mencari inspirasi judul dari berita-berita di line today. Saat kamu membaca banyak inspirasi, akan lebih mudah juga ide-ide yang akan bermunculan. Untuk itu, perbanyaklah referensi dan tetap selalu up to date


3. Masukkan Angka sebagai Penjelas

Salah satu jenis konten yang paling populer adalah konten yang berbentuk daftar. Pelanggan cenderung menyukai judul seperti ini karena lebih mudah dibaca. Biasanya, judul yang menggunakan angka adalah jenis konten tips dan trik.

Namun, konten lainnya juga sebenarnya bisa kamu jadikan konten jenis daftar. Sebagai contoh, jika kamu mau membuat konten alasan kamu harus rajin merawat kulit. Cobalah buat terlebih dahulu apa saja poinnya. Jika sudah, kamu bisa masukkan angka sebagai penjelas pada judul.

Untuk konten blog, semakin banyak angka yang kamu masukkan, biasanya akan semakin menarik perhatian pelanggan. Karena pelanggan akan mendapat informasi lebih banyak dan mungkin lebih lengkap dari website atau blog lain yang membahas hal yang sama.


4. Menggunakan Nada Judul yang Bersifat Urgent

Nada judul juga berperan penting dalam menarik perhatian pelanggan. Nada judul yang bersifat urgent biasanya lebih berhasil membuat pelanggan mengklik kontenmu dengan cepat. Alasannya karena pelanggan tidak ingin ketinggalan berita atau informasi penting.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat judul seperti “Atasi Persaingan Ketat Jualan Online Sekarang dengan 4 Cara Ini!”, atau “Jangan Salah Kelola Media Sosial Toko Online-mu! Cek Tipsnya”. Dari kedua judul tersebut kamu bisa melihat bahwa ada nada yang bersifat urgent. Sehingga pelanggan ingin segera mengetahui isi kontenmu.


5. Menggunakan Perbandingan pada Judul

Judul konten yang bersifat perbandingan biasanya sangat disukai. Untuk itu, konten perbandingan ini juga dapat membantu pelanggan untuk menentukan mana yang lebih baik.

Carilah topik menarik yang akan kamu bahas untuk konten perbandingan ini. Misalnya, jika kamu menjual baju, kamu bisa membahas tentang penggunaan baju untuk orang dengan kulit sawo matang. Contohnya “Baju Warna Gelap VS Baju Warna Cerah, Mana yang Paling Cocok untuk Orang Berkulit Sawo Matang?”.


Itu dia tadi, cara bikin judul konten yang mampu menarik perhatian pelanggan. Yang terpenting adaalh mencari keunikan dan manfaat yang bisa didapatkan pembaca. Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply