Cara Cepat Hilangkan Kantuk di Pagi Hari

Halosis.co.id, Jakarta – Tantangan pertama saat hari berganti bagi sebagian besar mungkin adalah bangun di pagi hari. Tidak semua orang suka bangun pagi. Padahal, sebenarnya ada banyak manfaat yang akan didapatkan saat bangun pagi hari. Kamu bisa melakukan aktivitas lebih awal, jadi waktumu lebih panjang.

Selain itu, bangun di pagi hari akan membuat tubuhmu jauh lebih sehat. Biasanya, untuk bisa bangun di pagi hari, kamu harus tidur lebih awal. Mengapa demikian? Karena, saat kamu bangun di pagi hari, waktu tidurmu sudah cukup.

Namun, pada kenyataannya, tetap saja kantuk di pagi hari tetap dirasakan. Ada beberapa faktor penyebab orang ngantuk di pagi hari. Jika kamu sering merasakannya, cobalah cara di bawah ini agar cepat hilangkan kantuk di pagi hari.


1. Langsung Bangun

Jika kamu menyetel alarm di jam 6 pagi, maka bangunlah di jam tersebut. Jangan biasakan snooze alarm-mu dan kembali tidur. Hal tersebut bisa membuat tubuhmu lelah, lemas, dan lebih mudah ngantuk sepanjang hari.

Namun, perhatikan juga ketika kamu bangun, jangan langsung berdiri. Jika terus berlangsung dalam jangka panjang, hal ini bisa menyebabkan resiko kesehatan seperti vertigo posisional. Kamu bisa duduk sejenak di tempat tidurmu dan memastikan bahwa kamu sudah sadar sepenuhnya. Lakukan sekitar 1-2 menit. Setelahnya kamu bisa berdiri perlahan.


2. Minum Air Putih Saat Bangun

Untuk menghilangkan kantuk di pagi hari, kamu bisa mengatasinya dengan meminum air putih beberapa saat setelah bangun. Selain membuat tubuhmu lebih segar, minum air putih bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuhmu.

Saat bangun, sistem tubuhmu belum bekerja secara maksimal, begitupun sistem pencernaan tubuh. Untuk menghindari sakit perut, sebaiknya kamu minum air putih saat bangun, jangan langsung makan makanan berat. Meminum air putih 1-2 gelas saat bangun di pagi hari bisa membuat tubuhmu langsing juga lho.


3. Regangkan Tubuh dengan Yoga

Selanjutnya, kamu bisa meregangkan tubuhmu saat bangun di pagi hari untuk menghilangkan kantuk. Peregangan tubuh dapat menyelaraskan tubuh agar dapat berfungsi dan bergerak lebih efisien. Selain itu, dengan melakukan peregangan tubuh, sirkulasi darahmu akan lebih lancar.

Tidak perlu melakukan peregangan yang rumit seperti yoga. Kamu bisa melakukan gerakan peregangan ringan, seperti gerakan pemanasan sebelum berolahraga. Saat tubuh sudah diregangkan, maka tubuhmu akan lebih bugar dan siap menjalani hari.


4. Mandi Air Dingin

Mandi air hangat di pagi hari memang menyenangkan. Namun akan lebih baik lagi kalau kamu mandi air dingin di pagi hari. Air dingin atau air dengan temperatur normal bisa “membangunkan tubuhmu” dan mengusir kantuk dengan cepat. Tapi, bukan hanya itu saja, mandi air dingin di pagi hari ternyata juga memberikan dampak kesehatan lho.

Saat kamu mengguyur tubuhmu dengan air dingin di pagi hari, mungkin kamu akan kaget dan menggigil kedinginan. Tapi, sebenarnya hal tersebut bisa membuka pernapasan dan meningkatkan oksigen ke seluruh tubuh. Peredaran darahmu pun jadi jauh lebih lancar. 


5. Sarapan untuk Menambah Energi

Selama tidur, tubuh tidak mendapat asupan apapun. Maka dari itu, penting untuk sarapan di pagi hari. Sarapan bisa memberikan energi pada tubuhmu yang dibutuhkan setelah beristirahat semalaman.

Saat tubuhmu berenergi, maka tubuhmu lebih siap melakukan aktivitas. Sarapanlah dengan makanan yang bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau oatmeal. Sarapan yang berlebihan bisa menyebabkan kamu kembali ngantuk. Jadi, sarapan secukupnya saja.


6. Hindari Makan Gula sampai Jam Makan Siang

Memberikan asupan pada tubuh bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kantuk di pagi hari. Namun, jangan salah, tidak semua makanan bisa kamu makan untuk sarapan. Sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung gula di pagi hari.

Mengonsumsi makanan manis secara berlebih bisa membuat tubuhmu jadi lemas dan menyebabkan kantuk. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi makanan manis, sebaiknya ganti dengan buah-buahan. Karena, gula dalam buah-buahan bersifat alami.


Bagaimana, mudah bukan, cara menghilangkan kantuk di pagi hari? Mulai sekarang, kalau kamu merasa kantuk di pagi hari, kamu bisa mencoba cara- cara di atas. Tapi, jangan lupa juga untuk istirahat dengan waktu yang cukup untuk menghindari kantuk di pagi hari.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply