4 Tips Anti Kehabisan Ide Konten Media Sosial

Halosis.co.id, Jakarta – Sebagai online seller, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan media sosial, karena media sosial menjadi salah satu platform untuk mempromosikan produk jualanmu. Tapi, bukan berarti konten yang ada di media sosialmu hanya berisi iklan produkmu saja.

Pastikan kamu juga mengunggah konten-konten lain agar pelanggan tidak bosan dan malas melihat konten media sosialmu. Misalnya, kamu bisa selingi dengan konten-konten inspiratif, atau konten quotes yang bisa memberikan energi positif untuk pelangganmu. Nah, supaya kamu gak kehabisan ide untuk konten media sosialmu, yuk simak tips berikut:


1. Selalu Up-to-date

Mengetahui berita-berita yang ada sangatlah penting. Selain menambah informasi, kamu juga bisa menambah inspirasi konten dari hal tersebut. Cari tahulah ada berita atau informasi apa yang saat ini sedang banyak dibicarakan.

Dari hasil temuan tersebut kamu bisa menarik kata kuncinya untuk dijadikan pembahasan utama dalam kontenmu. Misalnya, adanya pandemi COVID-19, masyarakat banyak yang merasa khawatir, kamu bisa membuat postingan berupa quotes yang menyemangati pelanggan.

Kamu bisa mencari tahu berita-berita tersebut dengan mengakses google trends, buzzfeed, line today, atau website berita seperti kompas, cnn, detik, dan liputan6, juga masih banyak platform lainnya. Kamu juga bisa mencarinya melalui platform yang saat ini banyak digunakan, misalnya instagram dan tiktok.


2. Selingi Konten Menghibur

Pelanggan juga butuh refreshing, bukan hanya melihat konten-konten yang berisi jualanmu saja, cobalah untuk menyelinginya dengan konten humor yang disukai semua orang. Kamu bisa merepost meme yang ada atau juga membuatnya sendiri.

Jika meme kamu nantinya dishare atau direpost oleh pelanggan, maka kamu akan mendapatkan banyak impresi dari pelanggan lainnya juga. Hal ini tentu sangat baik juga untuk meningkatkan engagement-mu. Pelanggan yang tidak sengaja mampir ke media sosial toko online-mu karena meme tersebut akhirnya bisa melihat-lihat juga produk yang kamu promosikan.


3. Berinteraksi dengan Pelanggan

Interaksi atau komunikasi sangat penting bagi penjual dan pelanggan. Seringlah membuat konten interaktif seperti QnA, quiz, atau games. Kamu bisa juga memanfaatkan isi kontennya melalui apa yang saat ini sedang banyak dibahas, seperti poin nomor satu tadi.

Seperti saat ini berita yang sedang banyak dibicarakan mengenai pandemi COVID-19, kamu bisa menjadikan berita tersebut sebagai topik diskusi dengan pelangganmu. Misalnya kamu bisa menanyakan kabar mereka selama diam di rumah bagaimana melalui fitur question di instagram story. 


4. Cari Referensi

Untuk mendapatkan ide sebuah konten, tentu kamu harus mencari referensi terlebih dahulu. Kamu bisa mencari referensi dengan melihat media sosial toko lain lho. Atau kamu juga bisa melihat akun media sosial brand-brand besar.

Tidak perlu menirunya, kamu bisa mengambil insight yang didapatkan saja. Misalnya saja kamu mendapatkan kata kunci “ekspedisi aman”, kamu bisa membuat peta konsep atau mind map untuk kata tersebut, apa konten yang bisa kamu buat dari kata kunci tersebut. 


Nah, itu dia tadi tips-tips anti kehabisan ide konten media sosial. Gimana, sekarang kamu jadi tahu dong kalau sudah mau kehabisan ide untuk konten media sosialmu, kamu bisa menerapkan tips-tips tadi? Jangan lupa untuk terus mengetahui informasi yang saat ini sedang banyak dicari.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply