Ingin Jualanmu Laris di WhatsApp? Lakukan Cara Ini

Halosis.co.id, Jakarta – Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang banyak digunakan di dunia. Di Indonesia sendiri, 83% dari pengguna internet menggunakan whatsapp, kurang lebih sekitar 124 juta pengguna. Tidak heran, whatsapp dijadikan salah satu platform untuk berjualan online.

Cara berjualan di whatsapp tentu berbeda dengan platform lain. Karena aplikasi ini bersifat pesan singkat, maka cara berpromosinya bisa dilakukan dengan menghubungi orang-orang yang ada di kontakmu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur grup untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Selain itu, ada banyak cara lain untuk berjualan di whatsapp, penasaran? Yuk, langsung saja simak cara jitunya di bawah ini.


1. Perbanyak Teman di Whatsapp

Dengan menambahkan lebih banyak teman di WhatsApp, kamu membuka peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Semakin banyak teman yang kamu miliki, peluang peningkatan penjualanmu akan semakin besar. Untuk menambah teman di whatsapp, kamu bisa menemukannya dengan masuk ke grup jual-beli online.

Kamu juga bisa menanyakan teman-temanmu refeensi kenalan mereka yang berpotensi menjadi pelangganmu. Kamu juga bisa menyebar nomor whatsapp toko online-mu di media sosial lain untuk memudahkan pelanggan terhubung denganmu.


2. Batasi Porsi Broadcast

Mengirimkan broadcast kepada pelanggan merupakan salah satu teknik marketing paling mudah yang bisa diterapkan di WhatsApp. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, hanya saja kamu harus memperhatikan beberapa hal. Konten broadcast sebaiknya tidak selalu berisi jualan, sesekali kamu bisa menyelipkan konten motivasi dan menghibur. Tujuannya untuk memancing interaksi pelanggan.

Selain itu, jangan sampai pelanggan menganggap broadcast-mu sebagai spam. Kamu tentu tidak nyaman saat sering menerima broadcast yang berisi jualan bukan? Begitulah yang dirasakan pelanggan saat kamu melakukan broadcast tanpa batasan waktu. Sebaiknya lakukan broadcast 2 minggu sekali supaya pelanggan tidak merasa kesal menerima broadcast-mu.


3. Membuat Grup Whatsapp

Untuk memperluas jaringan bisnis online-mu, kamu bisa membuat grup WhatsApp. Tambahkan kontak pelanggan atau calon pelanggan yang potensial ke sebagai anggota grupmu. Dengan begitu, pelanggan akan dimudahkan untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi terbaru dari toko online-mu.

Kamu juga bisa mengunggah katalog produkmu di grup WhatsApp agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produkmu. Seringlah berinteraksi dengan pelanggan. Bukan hanya membicarakan tentang jualanmu, kamu juga bisa membahas topik lain, misalnya topik yang sedang ramai dibicarakan. Tujuannya untuk menjaga hubungan baikmu dengan pelanggan.


4. Menawarkan Pelanggan Lewat Japri

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi pelanggan atau calon pelanggan melalui japri. Kamu bisa mulai membuka percakapan dengan menyapa calon pelanggan dengan namanya, lalu memberikan penawaran. Menawarkan produk jualanmu secara personal biasanya lebih efektif dibandingkan broadcast. Utamakan orang-orang yang kamu kenal terlebih dahulu untuk memudahkan closing.

Tidak sedikit dari pelangganmu yang mungkin malas merespon di grup dan lebih suka membalas chat pribadi. Itu sebabnya, kamu harus mencoba cara ini untuk mengatasi tipe pelanggan seperti itu. Kamu bisa memberikan penawaran khusus juga untuk pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan terkesan dengan toko online-mu.


Itu dia tadi 4 cara agar berjualan online di WhatsApp bisa laris. Untuk membantu agar jualan lewat WhatsApp semakin maksimal. kamu bisa pakai aplikasi Halosis Seller Lite.

Aplikasi Halosis Seller Lite bisa bantu kamu hitung total pesanan dan ongkir otomatis dengan format order. Kamu tinggal meng-copy format order dari aplikasi ke pelanggan. Lalu setelah pelanggan mengisi format order tersebut, kamu bisa meng-copynya dan menyalinnya ke aplikasi untuk proses pengelolaan data pelanggan dan pesanan otomatis sesuai status order. Selain itu, kamu juga bisa membuat katalog digital otomatis yang mudah dibagikan ke WhatsApp. Jadi, bisa kasih katalog produk yang berkualitas kepada pelanggan tanpa pakai ribet.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi Halosis Seller Lite? Yuk, download aplikasinya di play store dan daftarkan dirimu segera.

Leave a Reply