4 Hal Yang Paling Diperhatikan Pelanggan dari Katalog Produk

Halosis.co.id, Jakarta – Katalog produk adalah kumpulan informasi dari produk yang mencakup foto, harga, dan deskripsi produk. Katalog berperan penting dalam berjualan online sebagai alat publikasi yang mempromosikan barang jualan. Pelanggan dapat lebih mudah mendapat informasi seputar produk-produk jualanmu melalui katalog.

Saat ini, katalog yang digunakan bukan hanya katalog cetak saja, tetapi juga e-catalogue. E-catalogue/katalog digital bersifat shareable, sehingga pelanggan dimudahkan untuk mengakses katalog. Katalog digital berpeluang menjangkau pelanggan lebih luas karena aksesnya yang tidak terbatas. Seperti yang diketahui, penggunaan katalog cetak memakan biaya lebih banyak dan juga sifat penyebarannya terbatas.

Untuk itu, sebaiknya toko online-mu memiliki katalog digital agar memudahkan pelanggan mengetahui produk jualanmu. Biasanya, pelanggan akan lebih tertarik untuk melihat-lihat produkmu melalui katalog, karena lebih tertata. Nah, ada beberapa hal yang ternyata paling diperhatikan oleh pelanggan saat melihat katalog produk lho. Apa sajakah itu? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini.


1. Detail gambar dari kejauhan

Hal pertama yang diperhatikan pelanggan saat melihat katalog produk adalah detail gambar dari kejauhan. Pelanggan ingin melihat bagaimana tampilan produkmu secara keseluruhan. Karena pelanggan tidak bisa melihat langsung, sebaiknya kamu foto produkmu dari beberapa angle. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan melihat produkmu secara keseluruhan.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan resolusi foto. Agar produk terlihat jelas dan tidak pecah, gunakan foto dengan resolusi maksimal. Untuk mendapatkan foto dengan resolusi maksimal. sebaiknya kamu menggunakan kamera profesional untuk mengambil gambar.


2. Warna

Selain detail dari kejauhan, warna juga sangat diperhatikan pelanggan saat melihat katalog. Agar tidak merusak keaslian warna produkmu pada foto, sebaiknya kamu tidak mengeditnya terlalu berlebihan.

Jangan sampai warna produk aslimu jauh berbeda dengan di foto. Hal tersebut bisa membuat pelanggan kecewa saat menerima produkmu karena tidak sesuai dengan fotonya. Kalau hal itu terjadi, kepercayaan pelanggan terhadap toko online-mu akan menurun.

Jika kamu mau mengedit foto produkmu, editlah sewajarnya. Mungkin kamu bisa mengedit sekiranya ada bagian produk yang terlihat kotor atau terlalu banyak kerutan. Jangan menambahkan filter saat mengedit foto produkmu, karena akan menyebabkan perbedaan yang jauh dengan produk aslinya.


3. Bahan

Bahan juga menjadi hal penting yang sering diperhatikan pelanggan saat melihat katalog produk. Hal tersebut dikarenakan pelanggan tidak bisa melihat dan meraba langsung bagaimana bahan produkmu. Maka dari itu, penting bagi pelanggan untuk mengetahui detail bahannya.

Fotolah produkmu dalam jarak dekat, sehingga detail bahan bisa terlihat jelas. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan jenis bahannya di kolom deskripsi produk. Tambahkan juga bagaimana sebaiknya perawatan produk dengan jenis bahan tersebut.


4. Tampilan Saat Digunakan

Hal penting yang sering diperhatikan lainnya adalah tampilan produk saat digunakan. Dengan menampilkan produkmu saat digunakan, pelanggan bisa mengira-ngira bagaimana nantinya jika produkmu dikenakan. Sebaiknya, kamu memperjelas di kolom deskripsi berapa tinggi model dan apa ukuran yang dikenakan. Tujuannya adalah untuk membantu pelanggan menggambarkan produkmu dengan akurat.

Saat kamu memfoto produk ketika digunakan, akan lebih baik jika kamu mengambil beberapa sudut lainnya. Biasanya, pelanggan ingin melihat bagian pundak belakang, lengan, leher, serta pinggang dengan lebih jelas.


Kalau kamu sudah memaksimalkan 4 hal yang sering diperhatikan pelanggan di katalog produk, pasti pelanggan pun senang melihat katalog produkmu. Usahakanlah membuat katalog produk sejelas mungkin namun tetap dibungkus dengan menarik.

Kamu merasa kewalahan untuk membuat katalog produk sambil berjualan online? Tenang saja, ada kabar baik untukmu. Di aplikasi Halosis, kamu bisa membuat katalog produk lebih mudah. Selain bisa membuat tampilan katalog produk lebih rapi, kamu juga bisa dengan mudah mengedit varian produk tanpa perlu upload ulang.

Selain itu, masih banyak fitur aplikasi Halosis yang bisa memudahkanmu berjualan online lho, seperti chatbot, laporan penjualan, hitung ongkir otomatis, dan masih banyak lagi. Jualan online bisa jadi lebih mudah, cepat, dan efisien dengan aplikasi Halosis.

Kamu mau jualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftar aplikasi Halosis di sini.

Leave a Reply