5 Keunggulan Jualan dengan Sistem Pre Order

Ternyata jualan pakai sistem PO banyak keuntungannya loh.
Gambar: https://www.freepik.com/premium-photo/pre-order_2075036.htm#page=1&query=pre%20order&position=8 

Halosis.co.id, Jakarta –  Setiap penjual online punya cara masing-masing dalam berjualan. Ada seller yang lebih suka berjualan barang yang ready stock, tapi ada juga yang lebih suka berjualan dengan sistem pre order. Sesuai dengan judul, artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang metode pre order dalam berjualan online.

Sistem pre order adalah sistem jualan dengan proses pembuatan atau pembelian barang sesuai dengan pesanan. Dengan kata lain, barang tersebut tidak tersedia langsung pada penjual. Apa yang dipesan oleh pelanggan, itulah yang nantinya dibuatkan atau disediakan oleh penjual.

Pre order sering kali digunakan toko-toko online yang melayani jastip. Namun bukan hanya jasa titip, banyak juga toko sepatu, baju atau pernak-pernik yang membuatkan pesanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu, banyak juga reseller barang impor yang menggunakan metode ini untuk berjualan online. 

Apa sih sebenarnya keuntungannya, kalau kita jualan dengan sistem pre order ini? Yuk simak beberapa keuntungan jualan dengan sistem pre order di bawah ini

1. Jenis Produk Lebih Bervariasi

Toko yang buka pre order biasanya udah kayak toserba atau palugada.
Gambar: https://kumparan.com/@kumparantravel/ragam-alasan-mengapa-banyak-orang-lebih-pilih-beli-barang-lewat-jastip-27431110790550115

Toko-toko online yang menggunakan sistem pre order biasanya berjualan lebih dari satu jenis barang. Misalnya, toko tersebut tidak hanya jualan sepatu, tapi juga coklat dan payung. Banyaknya variasi produk bisa menjadi sebuah daya tarik untuk olshopmu. Customer tidak perlu beralih ke toko lain untuk mencari sesuatu yang berbeda, kalau kamu sudah punya semuanya.

2. Barang Pasti Laku

Gimana nggak laku, kan jualnya sesuai pesanan.
Gambar: https://www.pureingenium.com/sold-out-2/

Dilihat dari habis atau tidaknya produk, jualan dengan sistem pre order bisa dibilang lebih minim risiko. Karena kamu tidak menyimpan stok barang, kamu tidak perlu khawatir banyak stok yang tidak laku. Kamu juga tidak perlu mereka-reka produk mana yang harus kamu pesan atau buat lebih banyak dan bisa menjadi best seller. Semua mengikuti pesanan, jadi semua sudah pasti ada pembelinya.

3. Modal Lebih Kecil

Kamu hanya beli atau buat apa yang orang order.
Gambar: https://markey.id/plan/usaha-yang-menguntungkan001

Karena tidak perlu menyetok barang, secara otomatis kamu mengeluarkan modal yang lebih kecil. Kamu tidak perlu pusing membelikan atau menyetok banyak barang, karena kamu hanya menerima pesanan. Modal yang kamu keluarkan bisa difokuskan pada pemasaran secara online, baik melalui media sosial ataupun marketplace. 

4. Perputaran Uang Cepat

Harusnya nggak ada masalah dengan biaya operasional.
Gambar: https://www.freepik.com/premium-vector/online-shopping-tiny-people-character_5255139.htm#page=1&query=online%20shop&position=13 

Biasanya Setelah pembeli mengorder sesuatu, biasanya pembeli akan diminta transfer uangnya terlebih dahulu Ada seller yang meminta customer membayar DP saja, tapi ada juga yang meminta pembayaran lunas di muka. Uang yang sudah dibayarkan oleh customer ini bisa kamu gunakan untuk biaya produksi ataupun biaya beli barang. Kalau customer sudah bayar full, kamu bahkan bisa pakai uangnya untuk pengiriman barang

5. Produk Eksklusif

Produk jadi spesial, karena mengikuti pesananmu.
Gambar: https://www.peninsula.com/en/bangkok/special-offers/others/in-suite-private-shopping

Untuk toko-toko yang menyediakan jasa custom, produknya pasti hanya dibuat untukmu. Barang yang kamu pesan jadi eksklusif, karena hanya ada satu, untukmu. Di toko-toko online yang menggunakan pre order, customer juga biasanya bisa memesan ukuran, yang mungkin tidak tersedia. Misalnya kamu memesan baju pre order yang memang belum diproduksi. Walau tidak ada pilihan XS di pilihan ukurannya, kamu bisa memesannya.


Itulah dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kalau kamu berjualan dengan sistem pre order. Kalau kamu adalah pemula dalam berjualan online, kamu bisa menggunakan sistem ini, untuk mengurangi risiko kerugian. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha!



Leave a Reply