Trend Jastip Raup Keuntungan Jutaan Rupiah

Setelah ada jastip, nggak perlu ke luar negri kalau mau belanja barang dari brand tertentu.
Gambar: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4450627/melirik-usaha-jastip-yang-kian-ramai-digandrungi

Halosis.co.id, JakartaSiapa yang tidak mau, punya kerjaan jalan-jalan, dibayarin, dan bisa ikut belanja juga? Kamu juga pasti mau kan? 

Saat ini jasa titip atau lebih sering disingkat menjadi jastip sedang jadi salah satu trend bisnis online di Indonesia. Kamu tahu tidak, bagaimana bisnis jasa titip dijalankan? Berikut ini sedikit ulasan dari Halosis tentang bisnis online jasa titip yang sekarang lagi hits.

1. Cara Kerja Jastip

Walau sama-sama jastip, cara ordernya belum tentu sama.
Gambar: https://journal.sociolla.com/lifestyle/bisnis-jastip 

Setiap jastip memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Dari segi pembelian, ada jastip yang mengikuti atau membelikan barang sesuai dengan pesanan. Tidak peduli barang yang diinginkan ada di mana, pokoknya barang itu akan sampai ke tangan sang pengorder dengan segera. Namun ada juga jastip yang hanya membelikan barang-barang yang kebetulan memang ditemui atau tokonya dikunjungi oleh seller

Secara pembayarang juga beragam. Ada jastip yang mengharuskan kamu untuk bayar duluan, lalu barang akan dibelikan. Namun ada juga beberapa jastip yang bisa dibayar belakangan. Tidak ada aturan khusus dalam bisnis jastip. Kalau kamu mau membuka usaha jastip, kamu bisa menggunakan metode manapun yang sesuai untukmu.

2. Peluang Jastip

Target pasar jastip yang seperti apa sih?
Gambar: www.pexels.com 

Peluang untuk menjadi seorang jastip sukses akan sangat besar kalau kamu tinggal di kota besar. Lebih besar lagi, kalau kamu suka traveling ke luar negri. Target pasar dari jastip, biasanya adalah orang-orang yang tinggal di kota lebih kecil, atau jarang bepergian ke luar negri. Brand-brand yang tidak masuk ke kota atau negara tertentu pasti jadi target belanja utama para pengguna jastip

Banyak dari orang-orang yang menggeluti bisnis jastip sebenarnya memiliki pekerjaan lain, yang lebih utama. Bisa jadi, karena faktor sering bepergian ke luar kota atau luar negri, dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis jastip. Jadi sekali menyelam minum air. 

3. Keuntungan Jastip

Kalau mau buat jastip buat sosialita, kamu harus “tau barang”.
Gambar: www.pexels.com

Keuntungan menjalankan jastip didapatkan dari ongkos ataupun biaya tambahan dari barang yang dititipkan. Rata-rata jastipers mematok harga 10-20% dari harga barang sebagai ongkosnya. Terkhusus untuk barang-barang branded, ongkos titipnya tentu lebih mahal. Barang-barang ini bisa dikenai biaya sampai 30% dari harga beli. Hal ini bisa dimaklumi, karena memang barang-barang mahal seperti ini membutuhkan treatment khusus untuk membawanya. 

4. Trik Marketing Jastip

Kalau mau cari jastip, coba cari di Instagram, pasti banyak banget.
Gambar: https://cdn2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/online_20170204_181239.jpg

Pemasaran yang dilakukan jastipers juga beragam. Namun kebanyakan jastip membuka toko online di Instagram dan Marketplace. Instagram jadi tempat jastip paling banyak dicari. Biasanya jastipers hanya cukup mengupload foto barang dan mencantumkan harganya pada caption. Foto yang diupload biasanya diambil langsung saat ada di toko, atau diambil dari katalog online sebuah brand. Selain itu, jastip juga banyak dibuka di Marketplace, memanfaatkan gratis ongkir yang disediakan oleh marketplace tertentu

5. Risiko Jastip

Jadi jastip juga ada risikonya loh.
Gambar: www.pexels.com

Siapa bilang jastip tidak punya risiko? Menjadi seorang jastipers, sebenranya punya banyak risiko. Harga barang di tempat belanja tujuanmu bisa saja tiba-tiba naik. Kalau hal ini terjadi, tentunya akan melelahkan, karena kamu harus menghubungi orang yang memesan barang terlebih dulu. Belum lagi kalau over bagasi dan harus merogoh kocek yang besar untuk membayarnya. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan uang yang banyak, karena pasti ada saja teman atau keluarga yang maunya bayar belakangan. Siap-siap jadi penalang, sampai kamu kembali lagi ke kota tinggalmu.


Demikian beberapa serba-serbi menjadi seorang jastip yang kamu tahu. Terlepas dari suka dukanya, kamu memang harus hobi belanja kalau mau buka jastip. Kalau memang sudah hobi, menjalankan jastip pasti tidak akan terasa berat untukmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha. 



1 comment

  1. 5 Keuntungan Jualan dengan Sistem Pre Order – Halosis Blog

    […] Pre order sering kali digunakan toko-toko online yang melayani jastip. Namun bukan hanya jasa titip, banyak juga toko sepatu, baju atau pernak-pernik yang membuatkan pesanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu, banyak juga reseller barang impor yang menggunakan metode ini untuk berjualan online.  […]

Leave a Reply