10 Manfaat Berpikir Positif dalam Kehidupanmu

Punya pemikiran yang positif akan mendatangkan banyak keuntungan untuk hidupmu.
Gambar: https://www.timesindonesia.co.id/read/197236/20190120/012925/begini-cara-tepat-berpikir-positif-yang-selalu-optimis/

Halosis.co.id, Jakarta – Positive thinking mungkin adalah sebuah frasa yang sering sekali kamu dengar. Setiap kali mau berpikiran buruk tentang orang lain, mungkin kamu akan mengatakan, “udahlah, positive thinking aja.” 

Untuk bisa punya pemikiran positif, kamu harus membiasakan dirimu, karena Pemikiran positif tidak datang dengan sendirinya. Namun kenapa kita harus selalu memiliki pemikiran positif? Beberapa manfaat berpikir positif di bawah ini mungkin bisa menjawabnya

1. Pembawaan Lebih Tenang

Orang yang selalu berpikir positif pasti tidak gampang tersulut emosi.
Gambar: https://www.wsj.com/articles/headspace-vs-calm-the-meditation-battle-thats-anything-but-zen-11544889606

Dengan berpikir positif, kamu akan memiliki pembawaan yang lebih tenang. Tidak hanya dalam keseharian, bahkan dalam situasi tak terduga sekalipun, kamu akan tetap tenang, jika berpikir positif. Kamu tidak akan kagok untuk menyikapi masalah-masalah yang muncul secara spontan. 

Pembawaan yang tenang akan menjadikanmu orang yang lebih dewasa. Itu berarti, kamu juga akan berusaha untuk menghindari drama dan menyikapi masalah secara profesional. Kamu juga tidak mudah tersulut oleh emosi atau terpancing hasutan orang lain.

2. Punya Lebih Banyak Energi

Punya pemikiran yang selalu positif bakal bikin kamu jadi energetic dan penuh semangat.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=984XRjfcjXM

Pemikiran yang positif akan menjadikanmu orang yang lebih bersemangat. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga akan jadi orang yang jauh lebih produktif dari sebelumnya. Walau lelah, tapi energi dalam tubuhmu seolah tidak ada habisnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kalo mikirnya positif, pasti pede deh.
Gambar: https://www.thebusinesswomanmedia.com/confident-woman-work/

Memiliki pemikiran yang positif akan membuatmu menjadi orang yang lebih percaya diri. Kurangilah memikirkan perkataan orang lain yang menyakiti hatimu. Dengan fokus pada hal-hal yang baik, kamu akan jadi orang yang lebih percaya diri. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kalau orang lain lebih hebat darimu dalam satu bidang, bukan berarti kamu tidak punya kelebihan lain darinya

4. Menjaga Tekanan Darah

Orang dengan pemikiran positif nggak akan gampang kena hipertensi.
Gambar: https://www.viva.co.id/blog/kesehatan/1149883-cara-alami-turunkan-tekanan-darah-tinggi-dengan-cepat-tanpa-obat

Tidak hanya baik untuk soft skills, berpikir positif ternyata banyak membawa dampak baik untuk kesehatan. Dengan berpikir positif, pembawaan tenang, detak jantung dan tekanan darah pun akan jauh lebih stabil. Buat kamu yang nggak mau punya hipertensi di hari tua nanti, mungkin kamu bisa mulai memperbanyak berpikir positif dari sekarang.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pemikiran yang positif akan mengalirkan energi positif ke seluruh tubuh.
Gambar: https://www.deherba.com/mitos-dan-fakta-seputar-sistem-kekebalan-tubuh.html

Penelitian menunjukkan kalau orang-orang yang suka berpikiran positif memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Pikiran sangat mempengaruhi sistem kerja tubuh. Kalau kamu banyak berpikir negatif, tubuhmu juga akan banyak menangkap sinyal negatif. Hal ini tentu saja tidak akan baik untuk tubuhmu, karena tubuh sangat mudah tersugesti oleh pikiran. 

6. Mengelola Stres dengan Baik

Positif thinking bakalan bikin kamu nggak gampang stres.
Gambar: https://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/04/22/ciri-ciri-kebiasaan-hidup-orang-yang-tak-pernah-stres-anda-bisa-menirunya

Pengelolaan sistem imun yang baik juga dipengaruhi, karena orang positif tidak mudah stres. Orang yang memiliki pemikiran positif akan lebih dewasa dan tenang dalam menghadapi masalah. Mereka akan berfokus pada solusi dan bukanlah masalah. Sehingga dalam menyelesaikan masalah, mereka akan lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang yang tidak suka berpikir positif. 

7. Membuat Hidup Terasa Lebih Berwarna

Kalau kamu punya pemikiran positif, kamu nggak akan bilang hidupmu begitu-begitu saja.
Gambar: https://www.active.com/running/articles/10-reasons-you-should-do-the-color-run

Dengan punya pemikiran positif, hidupmu akan terasa lebih indah dan berwarna. Dengan membiasakan diri untuk berpikir positif, kamu juga akan terbiasa untuk bersyukur. Dengan bersyukur, kamu bisa memaknai hidup lebih dalam lagi. Setiap hal yang terjadi dalam hidupmu, baik ataupun buruk bisa kamu nikmati. 

8. Lebih Fokus

Positif juga bisa meningkatkan tingkat konsentrasimu loh
Gambar: https://www.bravonet.my/2018/04/20/how-to-be-focus-and-productivity/

Berpikir positif, secara langsung akan membuatmu menjadi orang yang lebih fokus dalam mengerjakan suatu hal. Terkadang, penyebab orang tidak bisa fokus, adalah karena terlalu banyak berpikir. Pemikiran-pemikiran ini kemudian melahirkan asumsi-asumsi negatif dan menjadi distraksi terhadap apa yang sedang kamu lakukan. Kalau kamu sudah menanamkan dirimu untuk berpikir positif, kamu akan terbiasa mengeliminasi secara otomatis pemikiran-pemikiran seperti ini.

9. Punya Banyak Teman

Orang-orang jadi betah temenan sama kamu, soalnya mereka ngerasa ketularan positif.
Gambar: http://www.focr.it/formazione/focus-giovani/giovani-insieme-nuovo-anno/

Kalau kita adalah orang yang positif, kita bisa diibaratkan magnet untuk orang-orang lain. Siapapun pasti merasa nyaman bergaul dengan orang yang punya pemikiran positif. Teman seperti ini adalah teman yang sangat cocok dijadikan teman diskusi atau bahkan tempat curhat. Lingkungan yang positif akan mem

10. Tidak Mudah Menyerah

Karena pikiranmu positif, kamu jadi nggak gampang nyerah sama keadaan.
Gambar: http://www.tomeggebrecht.com/dont-give-up/

Manfaat terakhir dari berpikir positif adalah, kamu akan jadi orang yang tidak mudah menyerah. Kamu akan selalu berusaha mengerjakan yang terbaik versimu. Segala hal yang mungkin menurut orang lain buruk, belum tentu tidak menguntungkan untukmu. Kamu bisa mengubah hal tersebut jadi menguntungkan, karena kamu bisa melihat sisi positif yang tidak pernah dilihat oleh orang lain.


Demikian beberapa manfaat memiliki pemikiran yang positif. Kalau saat ini kamu masih memelihara negative thinking, cobalah untuk meninggalkannya dan belajar berpikir positif. Menjadi orang yang positif butuh waktu dan proses pembelajaran. Yang terpenting, kamu mau berusaha untuk menjadi orang yang lebih positif lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply