5 Keteladanan BJ Habibie Yang Bisa Kamu Tiru dalam Berbisnis

Kepergian BJ Habibie meninggalkan luka yang dalam untuk warga negara Indonesia.
Gambar: https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/12/detik-detil-bj-habibie-meninggal-dunia-cucu-keponakan-melanie-subono-eyang-pergi-dengan-tenang

Halosis.co.id, JakartaIndonesia sedang berduka, karena mantan presiden RI yang ke-3, baru saja meninggal dunia. Bapak BJ Habibie yang selama ini telah menjadi inspirasi, akhirnya berpulang ke surga, di usianya yang ke-83 tahun. 

BJ Habibie telah banyak berkontribusi untuk Indonesia, khususnya di bidang teknologi dan penerbangan. Sosok Habibie tidak hanya menjadi tokoh penting di Indonesia, tapi juga tokoh yang menginspirasi generasi-generasi penerus bangsa. 

Sepanjang usianya, pak Habibie telah memberikan banyak nilai hidup, yang bisa kita aplikasikan untuk kehidupan kita. Berikut ini beberapa nilai keteladanan yang patut kita tiru agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Selalu Mau Belajar

Karena kecerdasan dan kontribusinya, BJ. Habibie dinobatkan sebagai Bapak Teknologi Indonesia.
Gambar: https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20190910/bj-habibie-muda-b7fc17cfb4838417eefee34719f51e2e.jpg

BJ. Habibie dikenal sebagai orang yang sangat cerdas dan suka belajar. Ia menempuh pendidikan hingga sarjana di Indonesia, lalu meneruskan sekolah di Jerman. Tidak semua orang mungkin berkesempatan menuntut ilmu hingga ke jenjang tinggi. Namun yang kita bisa  meniru sikap pak BJ Habibie yang mau terus belajar. Belajar merupakan proses seumur hidup. Kalau kamu mau terus mengembangkan dirimu, kamu harus punya mental pembelajar.

2. Kritis

Menjadi seorang pemimpin harus punya pemikiran kritis.
Gambar: https://nasional.kompas.com/read/2019/09/11/18162731/bj-habibie-meninggal-dunia-di-rspad

Baik dalam bidang usaha, organisasi, atau apapun, seorang pemimpin harus memiliki pemikiran kritis. Dengan terbiasa berpikir kritis, kita akan menjadi pribadi yang mampu berpikir kreatif dan tidak mudah terprovokasi. Inilah yang ditunjukkan bapak mantan presiden RI kita ke-3. Saat berhadapan dengan informasi baru, kamu harus bisa menganalisis kebenaran dari informasi tersebut. Jangan menjadi orang yang mudah percaya sesuatu. Saat kamu terbiasa berpikir kritis, kamu tidak akan mudah termakan hoax dan menjadi orang yang punya pendirian.

3. Gigih dan Pantang Menyerah

Kepintaran tidak akan membawamu ke mana-mana kalau kamu tidak gigih dan mudah menyerah.
Gambar: https://www.popbela.com/career/inspiration/emillia-nurdivahafsari-kusumawardani/10-kata-kata-bj-habibie-yang-menginspirasi

Keteladanan lainnya yang ditunjukkan oleh bapak Habibie adalah sikap gigih dan pantang menyerah. Jika kamu melihat napak tilas kehidupan Habibie, kamu akan setuju, kalau beliau adalah orang yang gigih dan tidak mudah menyerah. Kalau kamu pernah menonton film Habibie dan Ainun yang tayang tahun 2012 lalu, kamu pasti punya bayangan akan perjuangan Habibie. Perjuangannya dengan Ainun sebagai pendatang di negara Jerman patut  diacungi jempol. 

4. Mengabdi Untuk Bangsa

Lama tinggal di Eropa, tidak membuat Habibie melupakan tanah air.
Gambar: https://nasional.kompas.com/read/2019/09/09/11372931/istana-kondisi-habibie-membaik

Walaupun lama tinggal di Jerman, Habibie tidak pernah melupakan Indonesia. Habibie yang sudah banyak belajar dan berkontribusi di Jerman akhirnya kembali lagi dan mengabdi untuk tanah air. BJ. Habibie pernah ditawari untuk mengganti kewarganegaraan menjadi Jerman, tapi beliau menolaknya. Habibie lebih memilih kembali ke Indonesia dan menjadi penasihat presiden pada tahun 1974. Habibie kemudian menjadi Presiden RI pada tahun 1998 – 1999. Habibie memberikan contoh dan dorongan bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi bagi bangsa. 

5. Cinta Keluarga

Kecintaan Habibie pada keluarga sering kali tertangkap media.
Gambar: https://www.idntimes.com/life/family/vita/inspirasi-nama-anak-dari-keluarga-bj-habibie

Teladan terakhir yang selalu ditunjukkan oleh Habibie, terutama di depan media adalah sikap cinta keluarga. Habibie memiliki keluarga yang harmonis dan citra yang sangat baik. Keteladanan yang bisa kamu ambil dari sini adalah, tak peduli sesibuk apapun kamu, keluarga harus tetap menjadi prioritas.


Demikian beberapa keteladanan yang bisa kamu tiru dari seorang BJ Habibie ala Halosis. Kamu bisa mengikuti keteladanan BJ Habibie di atas, agar kamu bisa senantiasa berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply