7 Strategi Mengembalikan Semangat Usaha

Hanya jika kamu semangat, hal-hal sulit akan terasa lebih mudah.
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id, JakartaDalam menjalankan usaha, ada saatnya mungkin kamu sampai di titik jenuh. Saat berada di dalamnya, kamu merasa kehilangan semangat dan arah. Moodmu jadi cepat berubah, dan kamu tidak bisa lagi menikmati apa yang kamu kerjakan. 

Suatu hal yang sangat wajar, jika kamu mengalami hal ini. Namun jangan sampai hal ini terjadi berlarut-larut pada dirimu. Kamu harus bisa, menumbuhkan kembali semangat untuk berusaha dalam dirimu. Berikut ini beberapa strategi agar kamu bisa kembali semangat dalam #berUsaha.

1. Rehat Sejenak

Jalan-jalan ke alam terbuka bisa jadi salah satu alternatif untuk relaksasi tubuh dan pikiran
Gambar: www.unsplash .com

Kalau kamu merasa sedang kehilangan semangat, ada baiknya kamu rehat sejenak. Berhenti sejenak dari segala rutinitasmu, dan tenangkan diri. Kamu bisa beristirahat di rumah, atau berjalan-jalan ke tempat-tempat yang menenangkan buatmu. Sering kali tidak disadari, pikiran juga butuh relaksasi. Satu hal yang harus selalu tanamkan dalam dirimu, tidak masalah untuk berhenti sejenak, tapi jangan menyerah.

2. Ingat Kembali Tujuanmu

Waktu buat target, kamu pasti buat yang lebih dari posisimu berada sekarang.
Gambar: www.unsplash.com

Satu hal lain, yang paling ampuh untuk membangkitkan semangat adalah dengan mengingat kembali tujuanmu. Ingatlah baik-baik, apa yang membuatmu memulai usaha, untuk siapa kamu melakukannya. Mengingat tujuan akan menyadarkanmu, kalau kamu punya mimpi yang harus diwujudkan.

3. Syukuri Hal-hal Baik

Bersyukur akan menjadikanmu orang yang lebih “kaya”.
Gambar: www.unsplash.com

Selain mengingat tujuan, kamu juga harus mengingat dan mensyukuri setiap hal baik lain yang terjadi padamu. Mungkin kamu pernah mendapatkan bantuan tak terduga oleh orang lain. Atau kamu pernah mencapai satu titik yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Terkadang kehilangan semangat terjadi, karena kamu berpikir bahwa tidak ada hal baik yang terjadi padamu. Padahal kalau diingat kembali, pasti banyak hal baik yang patut kamu syukuri dalam hidupmu.

4. Yakinlah Pada Dirimu

Kamu bisa.
Gambar: www.unsplash.com

Faktor lain yang bisa membuatmu demotivasi adalah kehilangan kepercayaan diri. Kamu mungkin mulai ragu akan dirimu dan kemampuanmu. Kalau ini terjadi padamu, cobalah untuk membangkitakn rasa percaya dirimu kembali. Jika kamu bisa melakukannya sampai saat ini, maka kamu juga pasti bisa melakukannya juga nanti.

5. Mulai Kerjakan dari Yang Ringan

Untuk memulai kembali, mulailah dari yang kecil-kecil terlebih dahulu.
Gambar: www.unsplash.com

Kalau seluruh motivasi sudah terkumpul dalam dirimu, mulai kembali mengerjakan sesuatu. Namun jangan mulai dari hal yang sulit. Mulailah dari pekerjaan-pekerjaan yang ringan, atau yang paling kamu sukai dulu. Yang terpenting, kamu memulainya. 

6. Jangan Membesar-besarkan Masalah

No more drama.
Gambar: www.unsplash.com

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah, jangan membesar-besarkan masalah. Terkadang, apa yang sedang kamu hadapi saat ini bukanlah suatu hal yang sangat mengkhawatirkan. Namun ketika sedang tidak dalam kondisi baik, kamu mungkin memiliki kecenderungan untuk membesar-besarkan masalah. Jangan sampai ini kamu lakukan. Drama tidak akan menjadikan hidupmu lebih baik.

7. Tetap Berpikir Positif

Pikiran positif akan menghasilkan tindakan yang positif juga
Gambar: www.unsplash.com

Yang terakhir dan yang wajib kamu lakukan setiap saat, adalah berpikir positif. Kamu tidak akan bisa menjalankan usahamu dengan maksimal, kalau kamu tidak berpikiran positif dan optimis. Untuk dapat memiliki pemikiran positif, kamu juga harus bergaul juga dengan orang-orang berpikiran positif. Kamu bisa sharing dan bertukar pikiran dengan orang-orang semacam ini, agar kamu juga tertular pemikiran-pemikiran yang positif.


Itulah dia 7 strategi, agar kamu bisa membangkitkan kembali semangatmu untuk berusaha. Tanamkan dalam dirimu, tidak masalah untuk berhenti sejenak, tapi jangan pernah menyerah. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Tetap semangat dan selamat #berUsaha.



1 comment

Leave a Reply