5 Tips Jitu Siasati Ongkir Mahal Belanja Online

Ongkir mahal kadang bisa bikin orang nggak jadi belanja.
Gambar: https://pluginongkoskirim.com/9-jasa-pengiriman-barang-untuk-mendukung-bisnis-online-anda/

Halosis.co.id, Jakarta – Harga barang bukanlah satu-satunya faktor yang membuat orang tertarik untuk berbelanja online. Selain harga, ongkos kirim sangat mempengaruhi minat seseorang untuk membeli barang. Harga ongkir yang dianggap terlalu mahal, bisa saja membuat orang tidak jadi belanja. 

Naiknya tarif kargo udara mulai 2018 lalu memberikan imbas besar terhadap tarif jasa ekspedisi secara keseluruhan. Sejak awal tahun 2019, harga ongkir jalur darat juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Efeknya juga sangat terasa untuk pembeli maupun penjual online, yang mengandalkan jasa kurir. Ini dia beberapa strategi ala Halosis, untuk menyiasati ongkir mahal.

1. Bandingkan Harga Ongkir Beberapa Toko

Tidak semua toko online menggunakan jasa kurir yang sama. Karena itu, coba bandingkan beberapa toko
Gambar: https://www.bbc.com/news/uk-scotland-scotland-politics-29126937

Sebelum membeli, bandingkan dulu harga barang dan ongkir di beberapa toko. Kamu bisa menjumlahkan harga barang ditambah ongkir di beberapa toko. Setelah mendapatkan hasil akhirnya, kamu bisa memilih toko yang paling terjangkau menurutmu. 

2. Pilih Jasa Kurir Termurah

Kalau kamu bebas memilih jasa kurir sendiri, pilihlah yang termurah.
Gambar: www.unsplash.com

Baik berbelanja di situs belanja online besar, maupun toko online kecil, carilah ongkir yang termurah. Kamu juga bisa mengecek perbandingan tarif jasa kurir terlebih dahulu. Apabila kamu sedang tidak terlalu mendesak, lebih lama satu atau dua hari seharusnya tidak menjadi masalah. 

3. Cari Promo Ongkir

Jangan sia-siakan promo ongkir!
Gambar: https://www.flyingflowers.co.uk/page/delivery-information/

Karena harga ongkir sudah naik sejak bulan Januari lalu, banyak situs belanja online yang membuat promo ongkir. Promo ini tentunya sangat menarik dan tidak boleh disia-siakan. Kalau kamu mau berbelanja online, carilah situs belanja online yang sedang mengadakan promo ongkir

4. Langsung Beli Banyak

Kalau harga kirim barang 0 – 1 kg sama, kenapa nggak ambil banyak sekalian?
Gambar: www.unsplash.com

Tips lainnya untuk menghindari ongkir mahal, adalah langsung membeli banyak. Beli banyak bisa kamu lakukan dengan dua cara. Cara yang pertama, kamu berbelanja semua hal yang kamu butuhkan di satu toko online saja. Cara yang lain, kamu bisa belanja dengan temanmu di toko yang sama. Sharing ongkir akan sangat meringankan beban dompetmu untuk membayar ongkir.

5. Kirim ke Kantor

Kalau dikirim ke kantor, tinggal dibawa pulang ke rumah.
Gambar: https://www.avaloncommunities.com/packages-welcome

Tips yang terakhir adalah kirim ke kantor. Kalau lokasi pengiriman toko online tempatmu berbelanja lebih dekat dengan kantor, terima saja paketmu di kantor. Banyak orang yang melakukan ini untuk menghemat biaya ongkir. Kalau rumah dan kantor juga masih jauh, kamu mungkin bisa mengirimkannya ke rumah orang tua atau saudaramu.


Itulah dia beberapa strategi yang bisa kamu ikuti, untuk menghindari ongkos kirim barang yang mahal. Alternatif lainnya, kamu bisa berbelanja di toko online yang memiliki jasa kurir sendiri, atau yang sama sekali tidak mengenakan biaya pengiriman. Selamat berbelanja!



Leave a Reply