Daripada Keluar Rumah, Lebih Baik Lakukan 10 Hal Berikut Ini

Halosis.co.id, Jakarta – Walau sudah hampir 6 bulan, pandemi Covid-19 belum juga berlalu. Saat ini jumlah pasien yang positif terjangkit virus ini terus saja bertambah di Indonesia.

Sampai sekarang, pemerintah masih terus melakukan himbauan untuk stay di rumah saja. Namun, banyak orang yang mungkin sudah sangat bosan menghabiskan waktu di rumah, terutama di akhir pekan.

Sering kali tidak disadari, sebenarnya banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Bukan hanya kegiatan untuk refreshing, seperti menonton, tapi juga bisa bermanfaat untukmu dan keluarga.

Kamu penasaran, apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak selengkapnya!


1. Adakan Pembersihan Rumah Besar-besaran

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung seperti sekarang ini, kamu mungkin punya banyak waktu luang di akhir pekan. Untuk membuat akhir pekanmu lebih bermakna, kamu bisa melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh.

Bersih-bersih kali ini tentu bukan seperti bersih-bersih yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Mulailah dari membersihkan tempat-tempat yang jarang terpakai di rumah, misalnya kamar kosong, garasi, atau gudang.

Jika sudah selesai, kamu bisa melanjutkan dengan membersihkan area-area yang sulit untuk dijangkau misalnya jendela, ventilasi, sela-sela lemari, bagian bawah sofa, atau plafon rumah. Agar bisa selesai dengan cepat, kamu bisa membagi tugas dengan anggota keluargamu.

Dengan menjaga kebersihan rumah, kamu bisa menghindarkan keluargamu dari kemungkinan penularan virus atau penyakit lainnya. 


2. Mendekorasi Rumah

Bosan dengan tampilan rumah yang sepertinya begitu-begitu saja? Kalau gitu, ini saatnya memperbaharui tampilan rumahmu.

Untuk memberikan kesan baru dan berbeda kamu bisa mengubah sejumlah tata letak furnitur yang ada di rumahmu. Kamu juga bisa membeli beberapa dekorasi untuk mempercantik tampilan rumahmu

Untuk memberikan statement dalam rumah, kamu bisa menambahkan dekorasi lukisan atau patung. Untuk kamu yang suka beli buah tangan dari luar negri, kamu juga bisa memajangnya di lemari kaca. Dan untuk kamu yang lebih suka kesan natural, kamu juga bisa menghias rumahmu dengan bunga atau tanaman lainnya.

Jika kamu belum punya budget, kamu bisa mulai mendekorasi rumahmu dengan benda-benda yang tidak terpakai lagi di rumahmu. Kamu bisa menemukan banyak inspirasi di instagram atau pinterest.


3. Memperbaiki Barang Rusak

Jika kamu punya barang rusak, ini juga adalah saat yang tepat untukmu memperbaikinya. Memperbaiki barang yang rusak membutuhkan banyak waktu dan dedikasi. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya sendiri. Jika kamu berhasil, kamu mendapatkan ilmu baru yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki barang rusak lainnya.

Namun untuk barang-barang elektronik, kamu harus lebih ekstra hati-hati agar tidak membahayakan dirimu sendiri. Kamu bisa menonton dan mempelajari dulu cara memperbaiki barang dari Youtube. Ada banyak sekali tutorial yang bisa kamu ikuti.

Tapi harus diperhatikan, tutorial yang kamu tonton belum tentu sesuai dengan kondisi yang kamu alami. Karena itu, kalau kamu benar-benar belum pernah memperbaiki sesuatu, ada baiknya kamu meminta bantuan orang lain yang sudah punya pengalaman, misalnya orang tua atau teman.


4. Menghapus Email

Walau hampir setiap hari membuka email, masih banyak saja email yang belum dibaca. Di saat kamu memiliki waktu luang, kamu bisa mencoba untuk membersihkan email pribadi maupun bisnismu. Hal ini mungkin terlihat sederhana, tapi biasanya memakan waktu lebih banyak dari yang diprediksikan.

Kamu bisa mulai dari membuka email-email yang belum kamu baca. Setelah selesai, kamu bisa memilah, email mana yang tidak penting buatmu. Lalu kamu bisa menghapus email-email yang sudah kamu tandai tersebut. Jangan lupa juga untuk mengecek email spam, karena sering kali ada email penting yang terkirim ke kotak spam. 

Dengan email yang sudah disortir, tampilan emailmu akan lebih rapi. Kamu juga pastinya tidak akan terganggu dengan tanda notifikasi email yang begitu banyak. Selain itu kamu juga bisa mencari email atau data yang mungkin kamu butuhkan di kemudian hari dengan lebih mudah.


5. Belajar Memasak 

Memasak adalah salah satu survival skill yang dibutuhkan manusia modern. Jika sebelumnya kamu jarang atau belum pernah memasak sama sekali, ini saatnya kamu untuk belajar dari awal.

Jika kamu memang seseorang yang hobi memasak, kamu bisa mengembangkan lagi hobimu. Kamu bisa mencoba memasak makanan yang kamu sukai atau mereplikasi masakan restoran atau chef terkenal.

Ada banyak sekali video belajar memasak yang bisa kamu temukan di Youtube. Kamu bisa memulai dari masakan-masakan yang sangat sederhana seperti nasi goreng, roti panggang, tumis sayur, dan lainnya. Walau hasil masakanmu belum sempurna, selalu ada kenikmatan dengan menikmati makananmu sendiri. 


6. Melakukan Hobi yang Disukai

Untuk kamu yang meninggalkan hobinya dengan alasan “ngga ada waktu”, nah sekarang kamu punya banyak waktu. Ini saatnya kamu kembali menekuni hobimu yang selama ini tidak bisa kamu kerjakan karena sibuk pekerjaan di weekday dan kondangan di akhir pekan. Cobalah untuk kembali mengeksplor hobimu kembali.

Untuk kamu yang rasanya belum punya hobi, cobalah untuk menemukan sebuah kegiatan yang bisa kamu jadikan hobi. Carilah sesuatu yang kamu sukai misalnya dari YouTube dan cobalah untuk melakukan kegiatan tersebut di rumah. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, jadi kamu tidak perlu takut untuk mencoba.


7. Ikut Kursus atau Webinar Online

Untuk kamu yang suka belajar dan selalu mau tau banyak hal, kamu bisa mengikuti kursus atau webinar online. Saat ini ada banyak sekali webinar atau workshop gratis secara virtual. Ada banyak juga lembaga kursus yang memberikan free trial class untuk kamu yang penasaran namun belum berani mengambil risiko. 

Selain untuk mengisi waktu luang, mengikuti kursus atau webinar juga bisa menambah pengetahuanmu. Kamu juga bisa memperdalam ilmumu dalam berjualan online. Kamu bisa mengikuti kelas dengan tema-tema yang berguna untuk jualan online seperti kelas tentang media sosial, copywriting, foto produk, bahkan editing foto.


8. Belajar Bahasa Asing

Selain bisa belajar berjualan online, kamu juga bisa mempelajari bahasa asing baru. Jika ada negara yang ingin kamu datangi saat pandemi Covid-19 ini selesai, kamu bisa mulai belajar bahasanya dari sekarang. Selain dapat ilmu, kamu juga bisa menambah teman dengan belajar bahasa asing baru.

Sebagai contoh, untuk kamu yang suka dengan drama Korea, kamu bisa belajar bahasa Korea supaya kamu bisa semakin memahami budaya Korea. Atau untuk kamu yang punya keinginan untuk melanjutkan studi di luar negri, kamu bisa belajar untuk persiapan tes IELTS/TOEFL sebagai syarat kuliah di luar negri.


9. Menjual Baju Bekas

Kalau kamu ingin melakukan sesuatu yang menghasilkan uang, kamu bisa coba cara yang satu ini. Periksalah lemarimu, dan pisahkan semua baju yang sudah tidak terpakai atau jarang kamu pakai.

Periksa kelayakannya, dan mulailah memfoto baju-bajumu. Setelah itu posting dan jual media sosial. Jika kamu malas untuk membuat akun khusus jualan, kamu tetap bisa mempostingnya di media sosial pribadimu.

Selain bisa menghasilkan uang, kamu juga bisa sekaligus membersihkan lemarimu. Daripada bajumu menumpuk, tidak terpakai, dan akhirnya rusak karena usia, lebih baik kamu menjualnya pada orang lain.


10. Menulis Surat

Kegiatan yang satu ini mungkin terkesan kuno dan tidak biasa. Di era media sosial seperti sekarang ini, mungkin sudah hampir tidak ada lagi orang yang menulis surat.

Namun banyak sekali esensi surat yang tidak bisa digantikan oleh media sosial. Dalam sebuah surat, kamu bisa menyampaikan perasaan dengan lebih leluasa dan tulus dibandingkan dengan di media sosial

Selain itu orang yang kamu kirimkan surat juga pasti akan sangat senang, karena ini adalah sesuatu yang tidak pernah dilakukan lagi. Kamu bisa mulai dengan mengirimi keluarga dan sahabat terdekatmu surat. Kamu bisa meminta balasan dan menghidupkan kembali gerakan menulis surat.


Itu dia 10 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang di masa pandemi seperti ini. Semoga artikel ini tidak hanya jadi inspirasi, tapi benar-benar bisa kamu lakukan ya!

Untuk dapatkan lebih banyak lagi tips dari Halosis, terutama tips jualan online kamu bisa follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply