15 Ide Jualan Makanan Online untuk Pemula

Halosis.co.id, Jakarta – Semenjak Indonesia mengalami pandemi COVID-19, masyarakat kini lebih terbiasa berbelanja secara online. Bukan hanya berbelanja baju, tas, dan kebutuhan fashion, tetapi juga makanan.

Kebiasaan mengorder makanan online meningkat kurang lebih sebesar 38% setelah beberapa bulan terakhir ini. Itu artinya peluang dalam berjualan makanan online juga terbuka semakin lebar.

Kalau kamu belum pernah berjualan makanan secara online, kamu bisa memulainya dengan beberapa makanan yang saat ini sedang digemari. Nah, langsung saja yuk lihat ide-idenya di bawah ini. 


1. Kue Kering

Kalau dulu kue kering hanya ramai dibeli menjelang hari Raya seperti Idul Fitri dan Natal, tidak dengan sekarang. Saat ini, kue kering banyak dicari untuk camilan karena, lebih tahan lama dibandingkan dengan roti atau kue tart atau cake.

Kamu bisa menjual kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kastengel, egg-roll, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa berinovasi dengan kemasannya. Jika biasanya kue kering dibungkus dengan toples biasa, kamu bisa menggunakan jar yang jauh lebih ekonomis.


2. Frozen Food

Saat ini frozen food semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena awet dan mudah untuk diolah. Jadi, kalau pelanggan mau makan praktis tapi tetap enak dan awet, frozen food adalah pilihan yang tepat.

Frozen food yang biasa dibeli pelanggan adalah nugget, kentang goreng, sosis, juga siomay. Namun, seiring berjalannya waktu, frozen food pun semakin banyak variannya. Contohnya risol mayo, cireng isi, kebab, dan lumpia goreng. Baik makanan yang cocok dijadikan lauk (nugget, sosis) maupun makanan camilan (risol mayo, cireng isi), keduanya sama-sama memiliki peluang yang besar dalam bisnis makanan online.


3. Keripik

Siapa yang tidak suka keripik? Camilan ini memang sangat cocok untuk teman kerja, nonton, maupun membaca buku. Selain itu, makanan ini awet disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Supaya lebih bisa berkreasi dalam rasa dan bahan, kamu bisa membuat keripik sendiri. Saat ini, bukan hanya keripik kentang saja yang disukai masyarakat. Olahan bahan lain seperti ubi dan singkong pun sangat disukai. Asalkan bahan yang digunakan berkualitas baik dan bumbu yang dibuat cocok dengan lidah orang Indonesia, pasti keripikmu akan laku.

Kamu bisa berinovasi dengan rasa-rasa lokal atau juga menggabungkan rasa lokal dengan rasa yang saat ini sedang hits. Misalnya rasa sambal matah, atau rasa salted caramel, dan masih banyak lagi.


4. Dessert Box

Belakangan ini, banyak sekali online seller yang menjual dessert box. Makanan penutup yang terkenal dengan rasa manisnya ini memang bisa bikin lidah ketagihan. Biasanya di pasaran, dessert box dijual dengan harga sekitar Rp25.000 – Rp55.000, tergantung bahan dan topping yang digunakan.

Dessert box yang digemari adalah dessert box dengan rasa-rasa unik, seperti red velvet, nutella, regal biscuit, lotus biscuit, salted caramel, dan bahkan boba. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri untuk ditawarkan kepada teman-teman atau pelanggan lainnya.


5. Sambal

Makan terasa belum lengkap kalau tidak ditemani sambal. Sambal jadi makanan andalan orang Indonesia. Terlebih lagi saat ini banyak sekali bisnis makanan online yang lebih berfokus pada rasa sambalnya.

Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha. Menjual sambal botolan dalam berbagai ukuran kemasan. Sambal-sambal yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah sambal matah, sambal terasi, sambal goang, dan sambal cabe ijo. Kamu bisa mencoba membuat sambal-sambal tersebut di rumah. Kalau kamu merasa rasa sambal olahanmu sudah enak, kamu bisa mulai menawarkannya pada kenalanmu.


6. Salad Buah

Makanan sehat ini semakin booming dan menarik banyak penggemar. Bukan hanya vegetarian saja, para non-vegetarian pun kini menyukai salad buah. Apalagi jika sudah diolah dengan ditambahkan beberapa bahan pelengkap.

Di Indonesia, salad buah lebih umum disajikan dengan saus mayonaise yang creamy dan manis. Biasanya, saus mayonaisenya dibuat dengan mencampur beberapa bahan seperti mayonaise, yoghurt, susu full cream, serta madu. Selain itu, penambahan topping seperti keju, almond, serta granola akan menambah cita rasa salad buah.


7. Dalgona Coffee

Kopi yang hits semenjak karantina masih jadi primadona bagi masyarakat Indonesia, khususnya para milenial. Melalui sebuah acara TV di Korea, dalgona coffee jadi hits dan terkenal di berbagai belahan dunia. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha.

Kamu bisa mencari resep dan cara membuat dalgona coffee di internet. Untuk menambah ketertarikan pelanggan, kamu bisa menginovasikan minuman ini dengan beberapa bahan lainnya. Contohnya boba dalgona coffee, perpaduan ini bisa menarik karena sama-sama sedang naik daun. Atau bisa mencampurkannya dengan rasa lain seperti green tea, red velvet, salted caramel, dan masih banyak lagi.


8. Nasi Mentai

Kamu sudah tahu nasi hits yang satu ini? Ya, penampakannya kurang lebih seperti gambar di atas. Nasi khas ala Jepang ini sangat disukai masyarakat Indonesia, terlebih anak milenial. Meskipun bahan-bahannya tidak banyak yang spesial, tapi makanan ini berhasil merebut hati banyak pecinta kuliner lho.

Pembuatannya pun relatif mudah. Ada banyak sekali resep nasi mentai di internet. Kamu bisa mencoba beberapa dari resep tersebut untuk dipraktekan. Setelah kamu mencobanya, kamu bisa menilai sendiri resep mana yang menurutmu paling terbaik. Selain itu, kamu bisa juga menambahkan bahan lain yang dirasa akan semakin memperlezat nasi mentai buatanmu.


9. Katering Bento

Sebagian besar perusahaan sudah mulai kembali beroperasi. Itu artinya, banyak orang yang kembali bekerja seperti biasanya, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Kegiatan pun kembali padat sehingga orang lebih tertarik untuk membeli makanan secara online.

Namun, terkadang pelanggan ingin tetap merasakan masakan rumahan. Itu sebabnya, cocok bagi kamu untuk menjual katering bento. Pelanggan tetap merasakan masakan rumahan melalui katering bento buatanmu. 

Peminatnya pun banyak, bukan hanya orang dewasa yang sudah bekerja, anak kuliahan pun biasanya mengorder makanan ini. Karena selain terasa seperti masakan rumahan, makanan ini juga sehat. Ada juga katering bento yang dibuat khusus untuk anak-anak. Biasanya, bentuknya unik-unik, seperti nasi dengan nori yang dibentuk menyerupai kepala beruang, dan bentuk lainnya. Semakin unik bentuk buatanmu, maka akan semakin terbuka lebar peluang terjual larisnya.


10. Camilan Sehat

Di masa pandemi COVID-19 ini, masyarakat Indonesia jadi lebih memperhatikan kesehatannya. Masyarakat pun mulai membiasakan gaya hidup sehat. Berolahraga, berjemur, serta mengkonsumsi makanan dan minuman sehat jadi kebiasaan yang saat ini terus dibangun masyarakat.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisnis makanan sehat online. Kalau kamu sudah melakukan beberapa gaya hidup sehat seperti di atas tadi, akan lebih lengkap lagi jika camilan yang kamu makan pun adalah camilan sehat.

Namun, pandangan masyarakat terhadap camilan sehat harus kamu rubah. Karena kebanyakan orang menganggap makanan sehat adalah sesuatu yang membosankan dan tidak kaya akan rasa.


11. Snack Pedas Berlevel

Indonesia terkenal dengan makanan pedasnya. Saat ini, snack-snack yang memiliki tingkatan pedas pun banyak digemari. Contohnya seperti makaroni, basreng, seblak, dan keripik pedas.

Biasanya, pelanggan akan lebih senang jika pilihan levelnya banyak. Jadi, bisa mengukurnya sesuai dengan kemampuan pedas mereka. Cita rasa pedas ini juga biasanya hadir dalam berbagai macam varian, seperti pedas asin, pedas manis, serta cabe ijo.


12. Lauk Olahan Kering

Makanan selanjutnya yang bisa menjadi ide bisnis makanan online adalah lauk olahan kering. Makanan ini sangat cocok dijual di masa sekarang ini karena masyarakat masih dihimbau untuk tidak sering keluar rumah. Jadi, dibutuhkan persediaan makanan yang awet.

Biasanya makanan yang dijadikan lauk olahan kering adalah kentang mustofa, dendeng, rendang kering, serta bandeng presto. Selain awet, makanan ini adalah makanan siap saji. Jadi sangat cocok dengan gaya hidup modern serba ingin praktis.


13. Aneka Permen dan Coklat

Makanan manis satu ini disukai hampir di semua kalangan. Karena, faktanya memakan makanan manis bisa meningkatkan mood. Jadi, kamu bisa lebih bersemangat menjalani hari.

Aneka permen dan coklat yang biasanya dijual secara online pun beragam. Ada yang menjualnya tanpa diinovasikan menjadi menu baru (hanya permen dan coklat biasa), ada juga yang menjualnya setelah diinovasikan. Contohnya kamu bisa menjual coklat dan permen yang sudah diolah menjadi choco crust dalam jar, atau kamu juga bisa menjual coklat karakter. Dengan diolah seperti itu, pelanggan akan lebih tertarik dengan produkmu.


14. Puding

Makanan penutup lainnya yang bisa jadi ide bisnis makanan online adalah puding. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa topping untuk pudingmu. Contohnya puding dengan vla, keju, coklat, choco chips, almond, atau cereal.

Kamu bisa juga membuat puding dalam berbagai ukuran. Bisa yang dijual dalam cup kecil, atau bahkan sampai puding di sebuah loyang kue. Jika kamu menjual puding dengan ukuran loyang kue yang cukup besar, kamu mungkin bisa mengkreasikannya dengan menambahkan buah-buahan di dalamnya. Selain menambah rasa, pudingmu menjadi makanan yang sehat.


15. Baso Aci

Makanan yang sedang meroket ini, bisa jadi pilihan bisnis makanan online-mu selanjutnya. Baso aci terkenal dengan kuahnya yang gurih dan pedas. Biasanya, bumbu pedas baso aci ini berasal dari cabe bubuk.

Mungkin, kamu bisa membuatnya dalam berbagai level pedas. Sehingga, pelanggan lebih tertarik untuk mencobanya. Selain itu, kamu bisa menjualnya dalam beberapa pilihan menu, atau kamu bisa membiarkan pelanggan memilih sendiri apa saja isian baso aci yang diinginkan.


Nah itu dia tadi, 15 ide jualan makanan online. Gimana, kamu sudah kepikiran untuk menjual yang mana? Sangat penting untuk diingat, bahwa untuk terus berinovasi dalam berbisnis. Karena, dengan berinovasi, ketertarikan pelanggan akan meningkat. Dengan begitu, peluang penjualanmu pun semakin besar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply