4 Tips Jitu Jualan Frozen Food di Masa New Normal

Halosis.co.id, Jakarta – Semenjak Indonesia berperang melawan pandemi COVID-19, mayoritas pekerja dan pelajar melakukan aktivitas dari rumah (Work from Home & Study From Home). Semenjak WFH dan SFH diberlakukan, beberapa kebiasaan kita jadi berubah, terutama kebiasaan makan. Kita jadi lebih sering membeli frozen food karena awet dan bisa disimpan untuk jangka waktu panjang.

Memasuki era new normal, ternyata tingkat konsumsi frozen food bertambah pesat. Bukan hanya karena bisa tahan lama saja, frozen food juga lebih praktis dan bisa membuat kita lebih menghemat waktu. Selain itu, banyak juga orang yang masih ragu untuk mengorder makanan dari restoran karena takut masakan atau cara pengantarannya kurang steril.

Popularitas frozen food saat ini bisa jadi menginspirasimu untuk menjadikannya peluang usaha online barumu. Namun, kamu bukan satu-satunya online seller yang menjual makanan online. Karena itu, kamu harus tahu bagaimana caranya membuat jualanmu bisa bersaing dengan kompetitormu.

Yuk, langsung saja simak tips jitu jualan frozen food online di era new normal berikut ini.


1. Unggah Foto Produk yang Menggugah Selera

Salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan agar membeli produkmu adalah dengan mengunggah foto produk yang menarik. Dalam kasus makanan ini, berarti kamu harus mengunggah produk jualan yang menggugah selera. Saat pelanggan melihat foto makanan yang disajikan dengan rapih dan menggugah selera, akan lebih mudah untukmu memenangkan hatinya.

Kualitas foto yang baik tentunya sangat mempengaruhi ketertarikan pelanggan. Foto produk dengan kualitas baik akan lebih eye-catchy dipercaya oleh pelanggan. Karena itu kamu harus membuat foto produk frozen food-mu terlihat semenarik mungkin. Sebelum memposting fotonya di media sosial atau platform lainnya, kamu bisa mengedit foto produkmu untuk memberikan sentuhan akhir yang lebih menyegarkan mata.


2. Adakan Promo Menarik

Siapa yang tidak suka promo? Pelanggan tentu saja sangat menyukai promo. Menyenangkan hati pelanggan adalah kunci kesuksesan penjualan meningkat dengan cepat. Maka dari itu, buatlah promo menarik yang bisa membuat pelanggan senang. Promo tersebut bisa dalam berbagai macam bentuk, misalnya, potongan harga untuk pembeli pertama, atau 1 produk gratis jika pelanggan sudah melakukan order sebanyak 10X.

Untuk tahu promo apa yang sebaiknya kamu adakan, cek kembali kesesuaiannya dengan target pasarmu. Sebagai contoh, promo gratis gelas atau piring setiap pembelian tertentu tidak akan cocok jika target pasarmu adalah anak muda. Promo seperti ini mungkin akan cocok diadakan jika target pasarmu adalah ibu rumah tangga. Kamu bisa memberikan cashback jika target pasarmu adalah anak muda.


3. Manfaatkan Testimoni & Review Pelanggan

Testimoni dan review pelanggan adalah salah satu senjata paling ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan. Testimoni atau pun review akan sangat membantu menjadikan toko online-mu lebih mudah dipercaya. Karena itu, tidak ada salahnya sesekali memposting testimoni atau review dari pelangganmu ke sosial media. Kalau kamu berjualan di Instagram, kamu juga bisa membuat satu highlight IG Story khusus untuk testimoni.

Namun, untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan, kamu juga harus tahu beberapa triknya. Misalnya, kamu bisa memintanya secara langsung dengan chat pelanggan. Kalaau kamu beruntung, kamu bisa dapatkan pelanggan yang dengan senang hati memberikan tetimoni positif yang bahkan melebihi ekspektasimu.


4. Membuat Kolaborasi dengan Artis/ Selebgram/ Food Vlogger

Melakukan kolaborasi atau endorsement dengan artis/selebgram/food blogger juga adalah salah satu cara yang dianggap sangat ampuh untuk menggaet lebih banyak pelanggan baru. Karena mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap fans mereka, kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru yang berasal dari followers atau subscriber mereka.

Meskipun jenis promosi ini membutuhkan uang yang tidak sedikit, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba karena hasil yang kamu dapatkan juga bisa lebih tinggi lagi. Atau kalau budgetmu terbatas, kamu bisa mulai berkolaborasi dengan akun-akun foodie yang tidak mematok harga endorsement tinggi.


Nah itu dia tadi, 4 tips jitu jualan makanan secara online di era new normal ini. Ternyata, selain mengandalkan momentum, ada beberapa hal juga yang bisa kamu lakukan untuk membuat jualanmu semakin maksimal. Kalau kamu sudah melakukan 4 tips di atas, kamu tinggal melakukan satu hal lagi yang bisa bikin penjualan online-mu makin maksimal, yaitu pakai aplikasi Halosis.

Selain penjualanmu bisa maksimal, berjualan online jadi lebih mudah dan praktis lho. Ada banyak fitur-fitur aplikasi Halosis yang mempermudah berjualan online, seperti manajemen order 24 jam, kelola stok otomatis, laporan penjualan, dan masih banyak lagi. Kamu cuma perlu registrasi untuk bisa langsung pakai aplikasi Halosis. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website Halosis atau hubungi kami lewat Instagram.

Leave a Reply