Membership Toko Online, Seberapa Penting?

Halosis.co.id, Jakarta – Membership atau keanggotaan adalah salah satu cara untuk menjadikan seorang pembeli menjadi pelanggan tetapmu. Pelanggan tertarik menjadi member karena mereka mengincar keuntungan yang ditawarkan.

Namun ternyata bukan hanya pelanggan saja yang diuntungkan dalam hal membership ini. Sebagai online seller, kamu juga diuntungkan karena bisa menambah jumlah pelanggan tetap toko online-mu. Tak hanya itu, besar pula kemungkinan pelanggan member untuk merekomendasikan toko online-mu kepada orang-orang terdekat mereka.

Lalu apa lagi keuntungan membuat membership pelanggan untuk toko online? Yuk, langsung simak aja penjelasannya di bawah ini.


1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Saat pelanggan menjadi member toko online-mu, itu kamu berarti meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap toko online-mu. Pelanggan yang loyal akan memperkuat toko online-mu tidak tergantung pada suatu kondisi. Itu sebabnya, menjaga loyalitas pelanggan bukanlah suatu hal yang mudah dan hal tersebut merupakan sebuah tanggung jawab yang besar bagi online seller.

Member bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Saat pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang memuaskan di toko online-mu, maka pelanggan berkemungkinan akan melakukan repeat order. Karena member memiliki banyak hal menguntungkan untuk pelanggan, sehingga pelanggan mau berlangganan di toko online-mu. \

Karena itu jangan kamu juga harus memperlakukan pelanggan member lebih spesial dibandingkan pelanggan biasa dengan penawaran yang juga lebih menarik. Kamu bisa membuat diskon khusus member, misalnya potongan 10% di setiap pembelanjaan.


2. Sebagai Alat Promosi yang Efektif

Jika kamu merasa masih kurang dalam hal promosi, maka membership bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan promosi lebih efektif. Seperti yang sudah diketahui, bahwa pelanggan menginginkan juga keuntungan saat berbelanja. Itu sebabnya, saat pelanggan merasa diuntungkan, mereka dengan sendirinya akan memberikan penilaian yang baik terhadap toko online-mu.

Saat pelanggan memberikan testimoni yang baik, calon pelanggan pun akan diyakinkan terhadap toko online-mu. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi alat promosi yang efektif untuk toko online-mu. Selain itu, sebenarnya dengan berbagai keuntungan yang akan diterima pelanggan saat menjadi member toko online-mu, hal tersebut sudah masuk ke dalam sebuah promosi, dan tentunya efektif, karena sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan.


3. Meningkatkan Penjualan

Kalau kamu ingin meningkatkan penjualanmu, kamu bisa memulainya dengan mengajak pelanggan toko online-mu untuk menjadi member. Saat pelanggan menjadi member toko online-mu, maka kemungkinan berbelanja pelanggan lebih tinggi. Jika pelanggan lebih sering berbelanja, maka tentu saja hal tersebut meningkatkan penjualanmu.

Kamu bisa menjaring pelanggan member dengan banyak cara, misalnya membuat promo, mengadakan kuis, dan masih banyak lagi. Namun, bagaimanapun caramu dalam menjaring member, kamu harus membangun hubungan yang baik dengan mereka. Jika hubungan dengan pelanggan sudah terjalin dengan baik, maka mereka akan lebih mudah untuk setuju bergabung sebagai member toko online-mu, dan dengan begitu penjualanmu akan meningkat saat pelanggan jadi berlanggan. 


4. Menarik Perhatian Calon Pelanggan

Calon pelanggan yang belum mengetahui toko online-mu bisa digaet melalui member. Ajak mereka untuk bergabung menjadi member toko online-mu, beritahu mereka apa keuntungan yang akan didapatkan jika bergabung dengan toko online-mu. Tawaran yang menarik akan mampu membuat calon pelanggan memutuskan untuk bergabung.

Tentu saja menjadi member adalah hal yang dapat menarik perhatian pelanggan. Jika pelanggan tertarik dengan toko online-mu, tentu akan lebih mudah untuk pelanggan berbelanja di toko online-mu. Selain itu, menarik perhatian calon pelanggan bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Seandainya pelanggan tidak berbelanja pun, setidaknya pelanggan sudah aware dan mengetahui toko online-mu. 


Nah, itu dia penjelasan akan pentingnya membership untuk sebuah toko online. Gimana, kamu sudah menimbang-nimbang untuk membuat member untuk toko online-mu? Membership tidak hanya menguntungkan untuk pelanggan tapi juga untuk online seller sendiri. Untuk menjaga loyalitas member toko online-mu itu kamu juga harus rajin-rajin membuat promo khusus untuk mereka.

Mengelola promosi mungkin adalah suatu hal yang cukup merepotkan untukmu. Namun kamu tidak perlu khawatir! Dengan aplikasi Halosis, kamu bisa atur promo sesuka hati dan menyesuaikannya dengan jenis pelangganmu. Kamu jadi bisa lebih mudah mengelola promo untuk member toko online-mu. Selain itu, masih banyak juga fitur-fitur dari aplikasi Halosis yang bisa memudahkanmu berjualan online.

Cuma perlu 3 menit untuk daftar aplikasi Halosis, kamu bisa nikmati kemudahan dalam berjualan online! Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website Halosis atau hubungi kami lewat Instagram.

Leave a Reply