Tips Balas Komentar Pelanggan di Media Sosial

Halosis.co.id, Jakarta – Penggunaan media sosial semakin marak, apalagi semenjak Indonesia memerangi pandemi COVID-19, masyarakat jadi lebih sering menggunakan internet dan media sosial.

Saat berjualan online menggunakan media sosial, maka kamu tentu tidak akan asing lagi dengan balas-membalas komentar. Komentar berfungsi untuk berpendapat, bertanya, atau pun untuk melakukan promosi.

Tetapi, saat kamu membalas komentar di akun media sosial toko online-mu, kamu tidak bisa asal-asalan. Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan, seperti bahasa yang digunakan, etika dalam berkomentar, dan kepuasan pelanggan.

Tak jarang juga mungkin kamu menemukan komentar negatif pada akun toko online-mu. Saat kamu mendapat komentar tersebut, jangan langsung terbawa emosi. Jika dirasa bisa untuk diatasi, maka balaslah dengan bijak, tentunya dengan bahasa yang sopan. Jika kamu merasa tidak perlu digubris, maka biarkan saja.

Lalu, apa saja sebenarnya yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hal membalas komentar di media sosial bagi online seller? Supaya kamu semakin tahu, yuk, simak tipsnya di bawah ini.


1. Balas Komentar Pelanggan Secepat Mungkin

Jika ada pelanggan yang berkomentar di akun media sosial toko online-mu, usahakan untuk membalasnya secepat mungkin. Pasalnya, hal tersebut bisa meningkatkan engagement untuk audience media sosialmu. Sehingga unggahanmu akan memiliki tayangan lebih banyak. Jika begitu, maka kamu bisa menjangkau lebih luas calon pelangganmu.

Selain bisa meningkatkan engagement, membalas komentar pelanggan dengan cepat juga menunjukkan pofesionalitas toko online-mu, dan tentunya bisa menarik hati pelanggan. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah bagi toko online-mu. Calon pelanggan yang melihat pun akan memiliki kepercayaan pada toko online-mu.


2. Tidak Spam di Akun Lain

Spamming atau mengirim secara spam (berturut-turut dalam jumlah banyak) tentu akan sangat mengganggu. Mungkin kamu sering melihat akun toko online yang melakukan spam komentar di akun selebriti atau aktris/aktor, sebenarnya hal tersebut sangat tidak baik dan tidak patut untuk ditiru. Pasalnya, selain akun selebriti tersebut jadi terganggu, citra toko online-mu pun akan menurun di mata pelanggan.

Hal buruk lainnya, jika kamu melakukan spamming dan akun yang mendapat spam darimu bisa memblokir akunmu dan melaporkannya. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak melakukan spamming di akun lain. Berkomentar boleh, tetapi tetap memperhatikan kesopanan.


3. Menggunakan Bahasa yang Benar dan Baik

Saat berkomentar, kita harus memperhatikan tutur kata kita, apakah sudah benar dan baik, apakah akan menyinggung perasaan orang lain, akankah berdampak buruk? Pikirkan baik-baik sebelum kamu menuliskan sebuah komentar. Cara kita berbicara memperlihatkan kualitas yang kita miliki. Pelanggan pun akan senang jika kita berkomentar dengan sopan.

Sama seperti berbicara di dunia nyata, begitu pun berkomentar di media sosial. Bahkan, saat kamu berkomentar di media sosial, kamu memiliki waktu lebih banyak untuk menyaring perkataanmu. Itu sebabnya, kamu harus memaksimalkan kesempatan ini sebaik mungkin.


4. Benar-benar Memahami Konten yang dikomentari

Sebelum kamu memutuskan untuk berkomentar, sebaiknya kamu sudah benar-benar paham konten yang akan dikomentari. Jangan sampai kamu menjadi orang yang sok tahu. Hal tersebut tentu akan membuat buruk penilaian pelanggan terhadap toko online-mu.

Jika mungkin, kamu akan berkomentar di akun selebriti/aktor/aktris untuk menggaet calon pelanggan, pastikan kamu sudah paham betul konten yang diunggah oleh akun tersebut. Jangan hanya melakukan sebuah promosi, tetapi kamu harus menempatkannya sesuai dengan konten akun terkait, sehingga calon pelanggan akan lebih tertarik untuk membaca komentarmu, karena kamu menggunakan cara soft-selling


Nah itu dia tadi, tips balas komentar di media sosial untuk para online seller. Gimana nih, kamu jadi lebih tahu dong sekarang bagaimana berkomentar yang baik sebagai online seller? Yang harus benar-benar diperhatikan adalah bagaimana kamu bisa dengan bijak menggunakan media sosial, salah satunya dalam berkomentar. Saat kamu menggunakan media sosial dengan benar dan baik, maka kamu tidak perlu khawatir lagi, dan pelanggan pun bisa menilai sendiri kualitas toko online-mu. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply