Ide Usaha Online di Masa New Normal

Halosis.co.id, Jakarta – New normal sudah berlangsung di Indonesia selama kurang lebih satu bulan terakhir ini. Kondisi ini tentunya mempengaruhi berbagai sektor bisnis, terutama bisnis online. Berjualan online kini terasa berbeda karena terjadi banyak perubahan.

New normal telah mengubah kebutuhan dan perilaku pelanggan. Dari sisi kebutuhan, saat ini, pelanggan lebih memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer serta kebutuhan akan produk dan perlengkapan kesehatan. Lalu dari sisi perilaku pelanggan juga lebih mengandalkan pembelian online dibandingkan offline. Karena itu kamu harus memanfaatkan perkembangan platform jualan online ini dengan sebaik mungkin.

Untuk bisa terus bertahan dalam berjualan online, kamu harus dinamis. Kamu harus peka terhadap kebutuhan pelanggan dan tren yang sedang berkembang di pasaran. Untuk memudahkanmu mencari tahu produk yang sedang banyak dicari saat ini, yuk langsung cek ide usaha online saat new normal di bawah ini.


1.  Sayuran dan Buah-buahan

Semenjak Indonesia memerangi pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia jadi lebih aware dengan kesehatan. Gaya hidup sehat seperti mengonsumsi sayur dan buah-buahan pun menjadi perhatian utama. Membeli buah dan sayur pun kini bisa dilakukan secara online tanpa harus bepergian ke pasar atau supermarket.

Ibu Rumah Tangga tidak lagi kesulitan untuk membeli bahan makanan segar. Namun, belum banyak online seller yang menjual sayurah dan buah-buahan. Kamu mungkin bisa menjadikan hal ini sebagai ide usaha online-mu. Kamu bisa menjual aneka buah dan sayur ataupun olahannya. Banyak masyarakat juga menyukai olahan sayur dan buah. Salah satu yang menjadi primadonanya saat ini adalah salad.


2.  Frozen food

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang membatasi bepergian ke luar rumah dan jika terpaksa untuk keluar, akan sangat berhati-hati. Karena itu saat ini demand untuk makanan yang bisa disimpan di rumah, praktis dan tahan lama seperti frozen food sangatlah tinggi.

Biasanya frozen food yang banyak dicari adalah nugget, kentang goreng, sosis, siomay, dan bakso. Namun akhir-akhir ini, lauk siap masak juga menjadi salah satu jenis frozen food yang paling dicari. Produk-produk sejenis ini sangat bisa kamu jadikan ide jualan online-mu di masa new normal.


3.  Perlengkapan Mandi dan Mencuci

Semenjak pandemi COVID-19 berlangsung, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan semakin meningkat. Akibatnya, alat-alat yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan pun banyak dibeli. Tidak hanya peralatan mandi dan mencuci, tapi sabun, shampo, detergen, dan semacamnya juga saat ini sedang banyak dicari oleh pelanggan.

Mungkin sulit untukmu memproduksi sabun atau bahkan peralatan mandi dan mencuci seorang diri. Namun kamu masih bisa mengandalkan tipe jualan online semacam reselling. Artinya kamu tidak perlu memproduksi barang-barang sendiri, tapi kamu menjual barang-barang yang sudah diproduksi oleh orang lain.


4.  Peralatan Masak

Karena terlalu lama berada di rumah saja, jiwa koki seseorang biasanya mulai bermunculan. Tidak hanya yang hobi masak, yang tidak hobi masak pun jadi ikut-ikutan coba memasak untuk mengisi kegiatan di rumah dengan hal yang bermanfaat.

Karena kebiasaan baru ini, banyak orang ingin mencoba beragam resep masak yang bisa dilihat di youtube dan jadi terinspirasi untuk membeli perlengkapan masak yang baru. Entah karena benar-benar dibutuhkan atau tidak, pelanggan rela membeli perlengkapan masak secara online.


5.  Peralatan Olahraga

Kebiasaan berolahraga yang mungkin sebelumnya diabaikan masyarakat, akhirnya kembali jadi populer semenjak pandemi COVID-19. Masyarakat sebisa mungkin meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari, meskipun mungkin durasinya tidak terlalu lama dan tergolong olahraga ringan.

Untuk mendukung kebiasaan olahraga ini, masyarakat membutuhkan beberapa peralatan olahraga. Peralatan olahraga yang banyak dicari adalah dumble, skipping, gym ball, dan matras yoga. Tidak hanya untuk pemula, perlengkapan olahraga ini juga banyak dicari atlit fitness karena sedang tidak bisa melakukan aktivitas olahraga di pusat-pusat kebugaran.


6. Camilan

Banyak menghabiskan waktu di rumah membuat sebagian besar orang lebih rajin untuk ngemil. Kebiasaan jadi sering ngemil juga didukung oleh kemudahan untuk mengorder makanan melalui aplikasi ojek online.

Camilan yang paling banyak dicari adalah camilan kekinian, seperti rujak cireng, bakso goreng, bakso aci, makaroni pedas, kripca, banana nugget, dan masih banyak lagi. Nah, mungkin camilan-camilan tersebut bisa kamu jadikan ide usaha di masa new normal ini.


Itu dia tadi beberapa ide usaha online yang bsia kamu jalankan di masa new normal. Jika kamu belum pernah berjualna online, ini saatnya kamu memulai usaha online-mu. Kamu tidak perlu khawatir jika menghadapi kesulitan dalam jualan online karena ada aplikasi Halosis yang bsia membantumu.

Beragam fitur dari aplikasi Halosis, seperti chatbot, laporan penjualan, analisa tugas harian, hitung ongkir otomatis, dan sebagainya akan membantu kamu berjualan online dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Mau coba berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, buat akun Halosis-mu sekarang juga!

Leave a Reply