6 Alasan Penting Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini, sudah menjadi hal yang sangat lumrah apabila wanita bekerja. Baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk hal penting lainnya, wanita sebaiknya punya penghasilan sendiri. Apalagi jika sudah hidup berumah tangga, maka yang menjadi fokus utama bukanlah lagi diri sendiri, melainkan keluarga. Sebagai wanita, kamu pasti akan mencurahkan segala usaha, tenaga, dan pikiran untuk keluarga tercinta.

Bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan keluarga, memiliki penghasilan sendiri juga bisa menghilangkan rasa jenuh. Kamu jadi bisa memiliki banyak koneksi dengan orang-orang, dan tidak ketinggalan informasi. Dengan begitu, bukan hanya uang saja yang didapatkan, tetapi hubungan baik dengan orang-orang baru.

Lagipula, kamu tidak bisa selalu mengandalkan orang lain untuk diri sendiri. Memang betul, kita harus saling membantu, dan kita tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain, namun perlu diingat, bahwa kamu juga harus bisa berguna, setidaknya untuk diri sendiri. Sangat penting untuk para wanita memiliki penghasilan sendiri, mengapa? Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.


1. Membantu Perekonomian Keluarga

Baik kamu sudah berumah tangga maupun belum, dengan memiliki penghasilan sendiri kamu bisa membantu perekonomian keluarga. Jika kamu belum berumah tangga, kamu bisa membantu orang tua kamu untuk menghasilkan uang. Mungkin mereka tidak lagi segesit dulu dalam bekerja, dan ini merupakan wujud kasihmu kepada kedua orang tuamu, menjadikan hari tuanya bahagia.

Terlebih jika kamu sudah berumah tangga dan memiliki anak, tentu kamu akan memprioritaskan kehidupan keluargamu. Memang benar, suami merupakan kepala rumah tangga dan berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak. Namun, di jaman yang modern ini, wanita dan pria sudah setara. Itu artinya, kamu bisa juga membantu menstabilkan perekonomian keluargamu. Jadi, mencari nafkah bukanlah tanggung jawab utama suami.

Dalam sebuah keluarga, justru masing-masing anggota harus saling bahu-membahu untuk kepentingan keluarga, salah satunya memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, jika kamu memiliki penghasilan sendiri, kamu bisa membantu perekonomian keluargamu agar tetap stabil.


2. Untuk Memenuhi Kebutuhan Pribadi

Jika suatu saat ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi, kamu tetap memiliki tabungan sendiri. Kamu tidak akan pernah tahu bagaimana hubungan rumah tangga kamu kedepannya. Maka dari itu, tetaplah menjadi orang yang mandiri. Berekspektasi untuk suatu hal yang baik, namun juga tidak lupa untuk tetap berjaga-jaga pada kemungkinan terburuk.

Dengan memiliki penghasilan sendiri, kamu jadi lebih mandiri dalam hal ekonomi. Jika kamu hanya mengandalkan suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga, maka saat suamimu mendadak sakit, tidak ada yang mem-backup. Itulah mengapa kamu harus memiliki penghasilan sendiri, setidaknya kamu memiliki tabungan untuk kemungkinan terburuk yang akan terjadi.


3. Bisa Mengatasi Rasa Bosan

Rasa bosan biasanya datang ketika kita tidak memiliki kesibukan. Dengan bekerja, kamu akan jadi lebih produktif dan memiliki waktu sedikit di luar kesibukan tersebut, yang mungkin saja bisa membuatmu merasa bosan. Selain itu, saat kamu bekerja, kamu akan membangun sebuah relasi dengan teman-teman sepekerjaanmu.

Kamu bisa berkomunikasi dengan mereka, dan tentu akan menghilangkan rasa bosan jika dibandingkan kamu hanya sendirian saja di rumah. Kamu jadi memiliki teman untuk bisa bertukar pikiran, bukan hanya masalah pekerjaan, tetapi hal-hal di luar pekerjaan juga. Itu artinya, kamu menambah wawasan dan sudut pandangmu. Selain itu, dengan membangun komunikasi dengan teman-teman sepekerjaanmu, kamu juga memenuhi kebutuhan sosialmu.


4. Dapat Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Saat kamu memiliki penghasilan sendiri, kepercayaan dirimu pun akan meningkat. Kamu akan sadar dan percaya terhadap kemampuanmu sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan selalu bergantung pada orang lain.

Kepercayaan diri bukanlah bakat yang didapatkan seseorang ketika ia lahir, tetapi harus terus dilatih dan dikembangkan. Dengan bekerja, tentu kamu melatih rasa percaya dirimu. Karena kamu melakukan suatu hal yang mungkin saja sebelumnya belum pernah kamu lakukan atau kamu ragu melakukannya. Adanya sebuah pengalaman bekerja dapat mendongkrak rasa percaya dirimu.


5. Selalu Belajar Hal Baru

Tetap bekerja akan membuatmu mempelajari hal-hal baru. Skill dan pengetahuanmu akan selalu bertambah dan diasah. Itu artinya, kamu menjadikan dirimu menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari. Selain itu, kamu menjadi orang yang multitasking, bukan hanya mengerjakan pekerjaanmu tetapi juga mengerjakan tugas sebagai seorang ibu rumah tangga.

Hal-hal baru yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu mungkin bisa kamu tarik juga sebagai ide dalam mengelola rumah tanggamu. Misalnya, jika di pekerjaanmu kamu belajar bahwa kerja tim sangat mempengaruhi hasil, kamu bisa juga menariknya ke kehidupan rumah tangga, jika hanya ada satu orang yang menopang perekonomian keluarga, hasilnya mungkin tidak semaksimal dua orang yang saling bahu-membahu untuk menopang perekonomian keluarga.


6. Ada Kepuasan Tersendiri

Menghasilkan uang dari hasil kerja kerasmu tentu akan membawa kepuasaan tersendiri. Kamu bisa membeli barang keinginanmu dan juga membantu perekonomian keluarga dengan hasil keringatmu. Kamu akan merasa puas karena bisa tetap berperan sebagai ibu rumah tangga yang juga sekaligus tetap produktif di tempat kerja.

Selain itu, orang lain juga tentu akan lebih respek terhadapmu. Hal itu dikarenakan mereka melihat performamu.  Mencapai hal yang tidak semua orang dapat lakukan tentu akan memberikan suatu kepuasan. Kamu juga bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-teman sepekerjaanmu dan lingkunganmu. 


Apapun pekerjaan yang sedang kamu lakukan, sangat penting untuk bisa memiliki penghasilan sendiri. Mendapat penghasilan sendiri bukan berarti kamu harus selalu bekerja di kantor, jika kamu merasa lebih penting untuk berperan sebagai ibu rumah tangga dan mengasuh anak dalam bimbingan sendiri, tapi kamu ingin tetap mendapat penghasilan, kamu bisa berjualan online lho.

Saat ini berjualan online jadi lebih mudah kalau kamu menggunakan aplikasi Halosis. Ada banyak fitur-fitur dalam aplikasi Halosis yang bisa bikin jualan online lebih praktis, seperti manajemen order 24 jam, hitung ongkir otomatis, dan masih banyak lagi. Nah, kalau gitu kamu tidak perlu takut atau khawatir akan keteteran jualan online sambil mengurus rumah tangga.

Kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis

Leave a Reply