6 Tips Cerdas Pilih Jasa Ekspedisi untuk Toko Online

Halosis.co.id, Jakarta – Agar paket pesanan bisa sampai di tangan pelanggan dengan aman dan terjamin, tentu kamu mengandalkan jasa ekspedisi. Namun, hal tersebut harus kamu perhatikan baik-baik.  Pasalnya, kepuasan pelanggan terhadap pelayananmu adalah yang terutama. Jika pelanggan puas dengan pelayanan yang kamu berikan, maka kemungkinan besar pelanggan akan melakukan repeat order. Dengan begitu tentu penjualanmu akan meningkat.

Itu sebabnya, memastikan paket pesanan pelanggan aman sampai tempat tujuan adalah kewajiban kamu sebagai online seller. Maka dari itu, penting untuk kamu memilih jasa ekspedisi yang tepat untuk diajak bekerja sama. Jika seandainya jasa ekspedisi yang kamu gunakan tidak cukup baik, maka review dari pelanggan terhadap toko online-mu pun bisa berpengaruh lho. Jadi, kamu harus benar-benar memastikan bahwa jasa ekspedisi yang kamu gunakan sudah tepat.

Seiring berjalannya waktu, toko online semakin merebak luas di Indonesia, hal ini juga yang menyebabkan jasa ekspedisi lebih beragam saat ini. Keberagaman jasa ekspedisi inilah yang harus kamu pilah dengan penuh pertimbangan. Supaya kamu tidak salah memilih jasa ekspedisi untuk toko online-mu, yuk, simak tips memilih jasa ekspedisi di bawah ini.


1. Pilih yang Memiliki Rute dan Jangkauan Luas

Tidak bisa dipungkiri, pelanggan yang berbelanja di toko online-mu tidak hanya orang-orang yang berada di daerah sekitarmu saja. Penjualan online memiliki cakupan yang luas, sehingga memungkinkan pelanggan yang memesan produkmu berada jauh di luar daerahmu. Hal tersebut tentu harus kamu pikirkan, karena justru kelebihan dari jual-beli online yang dicari pelanggan salah satunya adalah bisa membeli produk yang jauh dari daerah tempat tinggalnya.

Oleh sebab itu, jasa ekspedisi yang kamu gunakan harus bisa menjangkau pelanggan tersebut. Sebaiknya, kamu memilih jasa ekspedisi yang memiliki rute dan jangkauan luas. Sehingga, jika ada pelanggan yang jauh keberadaannya, akan tetap bisa dilayani dengan baik.

Tidak semua jasa ekspedisi memiliki rute beragam serta jangkauan yang luas. Jadi, sebaiknya kamu teliti terlebih dahulu rute yang dapat dijangkau oleh jasa ekspedisi terkait. Kamu bisa mengeceknya melalui website mereka. Usahakan untuk mengecek setidaknya 3 pilihan jasa ekspedisi sebagai perbandingan yang bisa dipertimbangkan dan supaya kamu mendapatkan hasil terbaik.


2. Perhatikan Jaminan Keamanan yang Diberikan

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih jasa ekspedisi untuk toko online-mu adalah memperhatikan jaminan keamanan yang diberikan. Jaminan keamanan sangat dibutuhkan baik oleh pihak pelanggan, maupun online seller. Pelanggan tentu ingin barang pesanannya bisa diterima dengan aman dan selamat, sedangkan online seller juga ingin produknya sampai di tangan pelanggan dengan selamat agar pelanggan memiliki pengalaman berbelanja terbaik di toko online-mu.

Selain itu, barang jualan online bukan hanya seputar fashion, dan aksesoris saja, tetapi juga barang pecah belah. Jika kamu salah satu penjual barang pecah belah, maka poin ini sangat penting sekali untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi. Pasalnya, jika barang jualanmu diterima oleh pelanggan dalam kondisi yang tidak baik, pelanggan tentu akan kecewa, begitupun kamu karena tidak bisa memberikan pelayanan terbaik.

Barang tertentu lainnya yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus adalah makanan, gadget, serta perhiasan. Hal ini mengharuskan kamu memilih jasa ekspedisi yang memberikan jaminan asuransi atas adanya kerusakan atau kehilangan terhadap barang pesanan pelanggan. Dengan adanya jaminan asuransi tersebut, setidaknya kamu tidak perlu terlalu khawatir apabila barang pesanan pelanggan salah kirim, hilang, atau rusak, karena jasa ekspedisi terkaitlah yang akan bertanggungjawab.


3. Cari Tahu Estimasi Waktu Pengiriman

Estimasi waktu pengiriman merupakan hal yang jadi konsentrasi bagi pelanggan. Pasalnya, beberapa pelanggan menginginkan barang pesanannya sampai dalam waktu tercepat. Kecepatan pengiriman pada dasarnya menjadi tanggung jawab sebuah toko online sebagai wujud pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Salah satunya dengan mengirimkan pesanan pelanggan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memilih jasa ekspedisi yang cepat dan tepat. Biasanya, jasa ekspedisi yang baik akan bisa meminimalisir keterlambatan paket sampai di tempat tujuan.

Jika jasa ekspedisi yang kamu gunakan memiliki estimasi waktu yang cepat, maka pelanggan akan puas dengan hal tersebut. Karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pesanan mereka. Kepuasan pelanggan terkait estimasi waktu pengiriman ini berdampak bagi citra toko online-mu serta kepopularitasan jasa ekspedisi terkait.


4. Memiliki Standar Ongkos Kirim yang Jelas

Selanjutnya, mengenai standar ongkos kirim. Ongkos kirim menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk membeli produk di sebuah toko online. Pelanggan tentu akan memilih jasa ekspedisi dengan ongkos kirim seminim mungkin. Apalagi jika jangkauan pelanggan dengan toko online terkait sangat jauh, otomatis ongkos kirimnya pun besar.

Hal inilah yang harus menjadi perhatian kamu sebagai online seller. Usahakan untuk memilih jasa ekspedisi dengan standar ongkos kirim yang minim namun tetap jelas. Harga yang minim tentu akan menjadi incaran pelanggan, tetapi kamu harus memastikan bahwa informasi terkait standar ongkos kirim jasa ekspedisi tersebut tetap jelas. Karena pelanggan membutuhkan detail ongkos kirim mereka serta informasi-informasi pendukung lainnya, begitu pun kamu sebagai penjual.

Jasa ekspedisi yang terpercaya biasanya akan memberikan informasi detail mengenai biaya pengiriman melalui websitenya. Pelanggan bisa menghitung ongkos kirim sendiri berdasarkan jarak dan berat pesanan yang akan dikirim. Adanya hal tersebut tentu menjadi nilai tambah dari pelanggan karena sangat membantu dalam menghitung ongkir serta mendapat informasi yang jelas dan rinci.


5. Pastikan Ada Fitur Tracking

Selama menunggu kedatangan pesanannya, biasanya pelanggan ingin mengetahui paket pesanannya sudah sampai mana, dan berapa lama lagi akan sampai. Itu sebabnya, kamu harus menggunakan jasa ekspedisi yang memiliki fitur tersebut. Fitur tracking atau pelacakan ini menjadi fitur yang sangat membantu bagi pelanggan untuk memastikan pesanannya.

Jika kamu menggunakan jasa ekspedisi yang memiliki fitur tracking kamu secara tidak langsung memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, dengan begitu kamu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelangganmu. Pelanggan hanya perlu memasukkan nomor resi dalam kolom yang sudah disediakan di halaman website ekspedisi terkait agar bisa melacak keberadaan pesanannya.


6. Adanya Paket Pengiriman yang Beragam

Bagi pelanggan yang memiliki kebutuhan mendesak, mungkin akan memilih paket pengiriman cepat meskipun harus membayar ongkos kirim yang jauh lebih mahal, atau bagi pelanggan yang mungkin sudah tidak sabar ingin mendapatkan pesanannya. Namun, tak sedikit juga pelanggan yang lebih memilih paket pengiriman reguler dengan tarif standar dan tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan paket pengiriman express.

Untuk bisa memenuhi keinginan-keinginan pelanggan tersebut, jasa ekspedisi membuat beberapa paket pengiriman yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal tersebut tentu dilakukan agar pelanggan mendapat kepuasan berbelanja. Sebagai online seller kamu harus memenuhi kebutuhan pelangganmu, salah satunya dengan menggunakan jasa ekspedisi yang memiliki beragam paket pengiriman sehingga pelangganmu bisa memilihnya sesuai kebutuhan mereka.


Nah itu dia tadi, 6 tips cerdas memilih jasa ekspedisi untuk toko online-mu. Saat kamu mempertimbangkan jasa ekspedisi yang akan digunakan, ingat juga untuk mempertimbangkan apa yang paling dibutuhkan oleh pelangganmu. Berusahalah untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pelangganmu dalam hal apapun. Jika pelangganmu puas, maka kamu pun akan diuntungkan.

Memilih jasa ekspedisi yang akan digunakan untuk toko online-mu ternyata harus penuh dengan pertimbangan ya. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan baik-baik yang berkaitan dengan pelanggan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa pakai aplikasi Halosis yang sudah bekerjasama dengan banyak jasa ekspedisi.

Selain itu, masih banyak fitur lain yang bisa bikin jualan online lebih praktis, seperti manajemen order 24 jam yang bisa terima orderan secara otomatis, hitung ongkir otomatis, laporan penjualan, bahkan sampai promo yang bisa disesuaikan dengan jenis pelanggan. 

Gimana nih, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, buat akun Halosis mu sekarang.

Leave a Reply