Tips Mengembangkan Usaha Online Ke Luar Negeri

Halosis.co.id – Meskipun pasar Indonesia bisa dibilang cukup besar, namun sebagai penjual online pasti ada keinginan untuk memperluas pasar supaya tidak hanya berjualan di pasar nasional, tapi juga pasar internasional. Menjual barang ke luar negeri memang agak berbeda dengan menjual barang di Indonesia, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan kalau Anda ingin mengembangkan usaha ke pasar internasional.

 

Bahasa Inggris

Tidak perlu kemampuan Bahasa Inggris dengan grammar sempurna, selama bisa berkomunikasi dengan baik sudah cukup. Anda bisa menggunakan bantuan Google Translate jika diperlukan.

 

Metode Komunikasi

Kecuali Anda berjualan di marketplace seperti Amazon atau eBay, Anda perlu memiliki beberapa metode komunikasi yang bisa dilakukan secara mudah dan praktis untuk calon pelanggan dari negara lain. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan email atau WhatsApp.

 

Pembayaran

Pastikan pelanggan Anda sudah menyetujui total harga barang dan ongkos kirim yang perlu dibayar. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk transaksi internasional seperti Paypal, Transfer Bank, atau Western Union.

Perlu diingat juga Paypal akan membebankan biaya transaksi kepada penjual, berbeda dengan Transfer Bank atau Western Union, jadi kalau tidak mau uang Anda terpotong Paypal, sebaiknya menambahkan juga biaya transaksi kepada pembeli dalam pembayarannya.

 

Pengiriman

Pilih beberapa jenis pengiriman untuk ke luar negeri karena harga ongkos kirim ke luar negeri cenderung lebih mahal, berikanlah pembeli dua atau tiga opsi yang dapat dipilih. FedEx atau DHL memang lebih mahal harganya, namun pengiriman dapat sampai ke alamat pelanggan dengan cepat, opsi lain yang bisa dicoba adalah EMS yang harganya lebih terjangkau. Ongkos kirim dapat Anda cek di website ekspedisi masing-masing dengan cara memasukkan nama daerah pengirim dan penerima paket

 

Packing

Sangat direkomendasikan untuk melakukan packing menggunakan kardus supaya paketnya aman. Jika diperlukan, balut seluruh permukaan paket menggunakan lakban untuk menghindari packaging rusak. Cantumkan juga alamat jelas pengiriman dan penerima paket dengan detail untuk menghindari alamat yang sulit ditemukan.

 

Dengan tips-tips di atas, semoga Anda bisa mulai berjualan online ke luar negeri dan memperluas pangsa pasar toko online Anda! Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply