Pusing buat Laporan Keuangan untuk Bisnis Online? Maka Kamu Perlu Tahu 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Bisnis Kecil.

“If you’re ready to make money, then you’ll need to be ready to managing your finance!”

HALOSIS.CO.ID, Jakarta – Kalau kamu pernah melakukan riset tentang berapa banyak bisnis online di Indonesia, kamu akan kaget banyaknya orang yang mencoba bisnis online. Tapi jangan salah, banyak juga yang gagal atau berhenti di tengah jalan. Beberapa diantaranya bukan karena mereka tidak berhasil menghasilkan keuntungan (profit), tapi karena mereka tidak tahu cara mengatur keuangan. Nah, untuk itu Halosis akan coba memberikan beberapa tips untuk mengatur keuangan untuk bisnis online kamu agar kamu tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan pada bisnis online mu!

Yang Pertama dan Paling Simple… Bank Account!

Pastikan kamu memiliki rekening bank atas nama usaha mu sendiri. Tujuannya adalah untuk memisahkan rekening pribadi mu dengan rekening bisnis mu. Jika kamu tidak melakukan ini, maka rekening mu akan berantakan dan tercampur antara keperluan pribadi dan keperluan bisnis. Akan menjadi lebih sulit dan lebih lama lagi jika nantinya bisnis mu sudah makin berkembang. Mungkin sekarang bisnis mu masih kecil, tapi jika kamu berambisi untuk menjadikan bisnis mu besar, kenapa tidak mulai saja mempersiapkan segala sesuatunya untuk jadi besar? Membuat rekening bank untuk bisnis jaman sekarang bukanlah hal yang sulit.

TIps pertama ini simple, namun penting dalam proses mengelola keuangan bisnis online. Banyak orang mengabaikannya dan merasakan sendiri kesulitan yang disebabkan oleh tercampur aduknya rekening pribadi dengan bisnis ketika akan membuat laporan keuangan untuk bisnis online mereka. Think forward yaa sis!

Yang Kedua, Penting gak Penting… Accounting Software.

Banyak orang sudah menggunakan excel untuk pembuatan laporan keuangannya. Untuk skala kecil, excel mungkin cukup untuk membantu kamu mengatur keuangan bisnis online kamu, tapi lagi-lagi, Think Big or Go Home… Kalau nantinya bisnis online kamu berkembang, dan kamu baru akan pindah menggunakan software akunting, kamu akan memulai semuanya dari awal karena harus memasukan angka-angka dari awal lagi. Daripada membuang waktu, mengapa tidak mulai saja dengan software akunting yang gratis dan simple untuk digunakan? Tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatu dari awal. Dengan adanya bantuan software akunting, mengelola keuangan untuk bisnis online mu bukanlah lagi hal yang sulit

 

Kedua tips awal ini adalah yang paling mudah dan simple untuk dilakukan dalam pengelolaan keuangan untuk bisnis kecil. Tips selanjutnya akan semakin mendetail, namun akan semakin seru karena berhubungan dengan pricing dan cost. Simak teruss yaaa…

Cek Biaya Operasional dan Lakukan Riset Pasar.

Sebelum kita menentukan harga, ada bagusnya kita cek dulu apakah semua biaya-biaya dalam menjalan bisnis ini sudah ter-cover. Penting untuk dipastikan bahwa kamu mendapat break even point dari harga yang kamu tentukan. BEP artinya adalah kamu meng-cover semua biaya operasional bisnis tanpa menghasilkan keuntungan.

Setelah kamu mengetahui harga BEP untuk bisnis mu, kamu bisa mulai menentukan berapa keuntungan yang ingin kamu capai. Tapi untuk melakukan hal itu, perlu juga kamu melakukan riset pasar dan pesaing. Karena beberapa orang akan menjual dengan harga lebih murah karena mereka pintar mengelola keuntungan dari berbagai produk mereka, namun ada juga yang menjual dengan lebih mahal karena ingin mengambil untung lebih. Dengan mengetahui harga BEP kamu dan melakukan riset pasar, kamu akan tepat sasaran dalam menentukan harga dan margin profit kamu sehingga Laporan keuangan bisnis online kamu pun jadi memuaskan!

Perhatikan Kondisi Ekonomi dan Pengaruhnya Terhadap Kenaikan Biaya.

Jika kamu sudah menemukan harga untuk produkmu, jangan berhenti melakukan riset pasar. Karena apapun yang terjadi di sekitarmu dapat menjadi pengaruh terhadap kenaikan dan penurunan biaya operasional bisnis mu. Dengan selalu up to date terhadap kebijakan pemerintah atau apa yang terjadi di sekitarmu, kamu akan mudah untuk memainkan strategi pricing, misalnya dengan diskon dan promo atau lebih bijak dalam menaikan harga jual.

Strategi penentuan harga ini tidak mudah, bagi pemula mungkin akan lebih sulit. Tapi lakukan semuanya bagaikan trial n error, dan kamu akan terbiasa dengan pola yang ada. Mengapa ini penting untuk pengelolaan keuangan bisnis online? Karena inti dari pembuatan laporan keuangan dari bisnis adalah untuk menentukan strategi. Baik strategi dalam meningkatkan profit, penentuan harga jual maupun untuk meningkatkan brand awereness dengan promo dan diskon menarik. Itu lah mengapa setiap perusahaan besar di dunia pasti memiliki divisi keuangan, karena peran mereka penting dalam membantu CEO membuat keputusan.

Start Lean and Invest Smart.

Dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang. Kadang biaya pertama mu muncul sebelum penjualan pertama mu. Ini wajar! Maka dari itu penting untuk memulai semuanya dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Hemat bukan berarti pelit, analisa dengan benar apa yang menjadi kebutuhan utama mu sebelum melakukan pengeluaran biaya. Pastikan bahwa biaya yang kamu keluarkan adalah smart investment for the future. Again i must say, Think forward, Go Big or Go Home? Let’s change it a bit, Think forward, Go Smart or Go Home.

 

Para wirausaha yang memulai bisnis online biasanya tahu apa yang mereka lakukan, mereka sangat ahli dengan apa yang mereka kerjakan, namun kalau soal mengelola keuangan bisnis, belum tentu mereka menguasainya. Maka dari itu penting juga untuk membuka diri kepada orang-orang yang ahli dalam bidang keuangan untuk join dengan tim kamu atau kamu dapat mengrekrut orang-orang yang sudah ahli di bidang keuangan. Tapi lagi-lagi, think smart, start lean.. Selama masih dapat kamu kelola sendiri, tidak ada salahnya belajar mengenai Pengelolaan Keuangan untuk bisnis. Toh itu adalah bagian dari wirausaha…

 

Have a nice Tuesday Sis!

Leave a Reply