Langkah Kecil untuk Menjadikan Bisnis Online Semakin Besar.

HALOSIS.CO.ID, Jakarta – Sebagai entrepreneur, kalian diberikan bakat untuk melihat bahkan memprediksi masa depan. Kamu dapat merencanakan target-target besar, langkah-langkah menuju target tersebut, kamu punya visi misi, dan kamu juga diberikan bakat untuk menyelesaikan masalah yang muncul dalam perjalanan menuju target tersebut. Tapi untuk menjadi sukses, kamu juga perlu melihat kondisi sekitar dan memperhatikan beberapa langkah kecil yang lebih spesifik dan detail, yang justru juga penting namun sering dilupakan orang dalam rangka menuju sukses berbisnis online! Langkah mencapai kesuksesan visi dan misi kita adalah proses yang panjang. Dibutuhkan rencana-rencana besar dan matang untuk mencapainya. Tapi dalam prosesnya, justru hal-hal kecil yang akan Halosis sampaikan ini, malah sangat dibutuhkan untuk menjadi kunci utama yang dapat membuat kamu bertahan dalam perjalanan menuju sukses. Apa sajakah itu?

 

Motivator diseluruh dunia hampir memiliki konsep yang sama. Mereka menceritakan langkah awal dan hasil akhir. Bagian cerita itulah yang memang menjual untuk memotivasi para pendengar mereka. Tapi jarang diantara mereka yang benar-benar menceritakan prosesnya. Motivator biasanya menggunakan motto / tagline seperti; “Just do it!”, “Action is the key”, “Go and start your dream now”. Sedangkan kita duduk dan bertanya, “How?”

 

Tidak salah memiliki tujuan jangka panjang. Goal akhir adalah apa yang setiap orang butuhkan dalam sebuah bisnis. Namun kadang kita butuh sesuatu untuk membuat kita bertahan dalam perjalanan menuju hasil akhir tersebut. Sesuatu itu adalah hal kecil yang menjadi keputusan kita sehari-hari. Setiap keputusan yang kita buat kemarin, minggu lalu, atau setahun yang lalu akan selalu membawa efek yang berkelanjutan untuk diri kita hari ini dan hari esok, jadi dari pada terlalu fokus pada hasil akhir, ada baiknya kita mencoba untuk fokus pada masa sekarang (present) dan memberikan yang terbaik sekarang! Tidak peduli apakah itu keputusan kecil seperti tidur cukup, makan sehat, olahraga, atau keputusan yang lebih besar hari ini seperti mulai hubungi klien, adakan meeting, dan mengatakn “tidak” untuk hal-hal yang tidak berguna untuk diri kita.

 

Menjadi entrepreneur, kita akan dihadapkan oleh pilihan yang akan mempengaruhi tidak hanya bisnis kita namun juga diri kita. Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan beberapa hal ini agar kamu bisa bertahan dalam perjalanan mengembangkan bisnis online mu:

#1 – Stop Trying To Impress!

Kita sebagai entrepreneur biasanya mencoba untuk menunjukan sesuatu pada orang lain, mencoba untuk meyakinkan orang lain bahwa diri kita memberikan value. Kita lupa sebetulnya ada orang-orang yang betul-betul sejak awal sudah percaya dan memberi dukungan kepada kita. Sayangnya kita membuang waktu untuk mencari dukugan dan menyenangkan orang lain ketimbang fokus untuk mempertahankan kepercayaam yang sudah kita miliki.

Coba lah juga untuk berada disekitar orang yang positif, yang tidak banyak mengeluh dan memberikan dampak baik bagi diri kita. Hati-hati dengan keputusan mu untuk berada disekitar orang yang membawa efek negatif karena dampaknya mungkin tidak akan terasa sekarang, lebih baik katakan “tidak”.

#2 – Stop Making Excuses!

Jika kamu membuang banyak waktu untuk menceritakan sesuatu yang tidak berhasil, kamu cenderung akan mencari-cari alasan. Dan semakin kamu terjerumus, akan semakin tidak masuk akal alasan-alasan yang kamu dapati. Jadi hentikanlah fokus pada apa yang tidak berhasil dan coba fokus kepada apa yang “ada”, apa yang “bisa”, apa yang “mungkin”. Fokuslah pada pengalaman yang sedang kamu alami sekarang, tidak peduli seberat apapun itu, sebosan apapun itu, karena saat ini, itulah yang penting sekarang, yaitu ketahanan dirimu sedang diuji apakah kamu dapat menemukan solusi ketimbang alasan.

#3 – Managing Negative Energy.

Kamu akan banyak bertemu orang-orang negatif, sebesar apapun usaha mu untuk tidak berada disekitar mereka, mereka akan tetap ada. Inilah saatnya kita menggunakan kemampuan kita untuk menyaring energi negatif dan kembali fokus pada energi positif. Setelah bertemu dengan klien yang komplain atau menerima penolakan dari klien, cobalah dengan cepat untuk me-refresh energi negatif yang mereka bawa dan kembali fokus pada nilai positif dari bisnis mu. Kritik dan saran memang baik, tapi lihat dari sudut pandang positif bukan menyerapnya sebagai kelemahan dan kekurangan, melainkan sebagai kesempatan baru.

#4 – Be a Wise Self-Promoter!

Semua produk membutuhkan promosi yang tepat. Diri kita adalah sebuah produk, maka jadilah self promoter yang bijak untuk diri sendiri. Tidak akan ada orang yang lebih baik untuk mempromosikan diri kita selain diri kita. Jalan menuju sukses bisnis online harus diimbangin dengan branding diri sendiri yang autentik dan berhubungan dengan brand bisnis kita.

#5 – Small Wins Matters!

Rayakan setiap pencapaian kecilmu untuk menjadi motivasi diri. Kamu bangun pagi dan olahraga, kamu berhasil makan sehat seharian penuh, kamu pergi ke kelas yoga untuk pertama kalinya, itulah kemenangan kecil. Dan cobalah untuk tingkatkan kemenangan kecil itu agar jadi lebih konsisten. Semua berasal dari hal kecil, yang secara konsisten kamu lakukan sehingga menjadi besar.

 

Jalan menuju sukses bisnis online pasti banyak cobaan dan tantangan, itulah mengapa 5 hal kecil diatas harus kamu ketahui dan kamu biasakan agar kamu tetap berada di jalur kemenangan menuju sukses. Bisnis online mu berkembang jika setiap individu di dalamnya juga berkembang.

 

Share your opinions! What is your biggest small win today? 😉

Leave a Reply