Tips Aman Bertransaksi Online

Halosis.co.id, Jakarta – Bank yang digunakan untuk bertransaksi online sudah memiliki fasilitas sistem yang sangat aman, namun keamanan tidak terletak dari sisi sistem saja, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi secara online menggunakan internet banking atau mobile banking.

 

Waspada ancaman phishing

Ancaman phishing berupa replika halaman website yang sama dengan asli, seperti halaman yang sama persis dengan halaman login yang sering dipakai di internet banking, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN, User, atau Password. Informasi tersebut akan disimpan oleh pelaku kejahatan cyber. Pengguna biasanya diarahkan ke halaman phishing melalui email dari pelaku, dan kebanyakan pengguna akan terjebak karena kurang berhati-hati.

 

Tips untuk menghindari phishing:

  • Pastikan alamat website yang Anda akses sudah benar, perhatikan dan amati baik-baik sebelum memasukkan user dan password untuk login ke sistem perbankan
  • Ketika menggunakan mobile banking, pastikan aplikasi yang di download berasal dari Play Store atau App Store, jangan download aplikasi dari luar
  • Jangan terlalu percaya kepada email yang meminta User dan Password, tidak ada aplikasi yang akan meminta User atau Password melalui email
  • Cek kembali alamat email, pastikan email yang Anda terima berkaitan dengan perbankan berasal dari alamat email yang terpercaya

 

Rahasiakan User dan Password perbankan Anda

Jangan sampai orang lain mengetahui User dan Password yang Anda gunakan untuk login ke akun perbankan, jangan dicatat di HP atau di buku catatan.

 

Ubah password secara rutin

Ganti password secara berkala, ada sistem perbankan yang dilengkapi dengan fasilitas untuk mengganti password. Ubahlah password secara rutin setiap bebapa bulan sekali.

 

Blok akun jika ada penyalahgunaan

Jika Anda mengetahui bahwa akun Anda disalahgunakan atau Anda kehilangan barang penting yang menyimpan informasi perbankan Anda, sebaiknya laporkan segera kepada pihak bank untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat seperti pemblokiran dan tindakan pengamanan lainnya.

 

Selalu log out setelah login ke sistem perbankan

Jangan lupa untuk logout setelah Anda selesai menggunakan sistem internet banking lewat smartphone atau komputer Anda supaya orang lain tidak bisa mengakses halaman internet banking akun Anda yang ditinggalkan dalam keadaan terbuka, sehingga bisa disalahgunakan.

 

Untuk bertransaksi online secara aman, Anda harus pilih bank terpercaya dan selalu waspada terhadap segala belum ancaman terhadap akun perbankan Anda. Semoga artikel ini bisa membuat Anda jadi lebih berhati-hati lagi dalam melakukan transaksi online!

Leave a Reply