Pentingnya Pemeriksaan Quality Control Sebelum Pengiriman

Halosis.co.id, Jakarta – Pemeriksaan quality control berguna untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi seluruh sistem logistik dengan melakukan prosedur untuk mendeteksi apakah produk yang akan akan dikirim bebas dari cacat atau tidak. Produk cacat akan dikembalikan untuk diperbaiki untuk memastikan pelanggan tidak kecewa karena menerima produk yang cacat.

Ada beberapa alasan mengapa melakukan pemeriksaan quality control sangat penting dilakukan sebelum mengirimkan produk.

  • Quality control terakhir yang dilakukan sebelum pengiriman berguna untuk memastikan keakuratan. Terutama jika usaha yang Anda jalankan memiliki sistem quality control dari beberapa tahap proses mulai dari produksi hingga distribusi.
  • Mengurangi biaya kesalahan pengiriman, karena biaya akan ditanggung oleh perusahaan saat melakukan proses pengembalian karena produk yang dikirim rusak atau tidak sesuai. Memastikan produk yang dikirim berkualitas baik dan akurat akan membuat brand Anda memiliki reputasi yang baik. Ada banyak usaha online yang mengalami masalah dalam pengiriman barang tidak akurat, barang rusak, atau pengiriman yang tertunda.
  • Memastikan bahwa produk yang benar sedang dikirim, dan kualitas sesuai standar akan mengurangi masalah keterlambatan dalam pengiriman.
  • Berurusan dengan komplain pelanggan butuh banyak sumber daya. Mengurus komplain sangat membosankan bagi karyawan, dan bukan hal yang ingin ditangani secara terus-menerus. Semakin sedikit keluhan yang diterima pelanggan karena produk cacat atau kualitas dibawah standar, akan semakin baik bagi moral karyawan perusahaan.
  • Quality control menambah nilai pada produk yang Anda jual. Seringkali perusahaan yang telah mempertahankan standar quality contol tinggi menggunakan hal tersebut sebagai pembenaran untuk menaikkan harga mereka.
  • Quality control yang efektif sebelum pengiriman akan membantu untuk mengurangi biaya pemasaran dari waktu ke waktu. Karena pembeli akan cenderung tidak menemukan masalah saat pengiriman barang, sehingga mereka memiliki potensi untuk kembali memesan produk dari toko online Anda ketika mereka membutuhkan produk yang sama di lain waktu. Namun, jika produk yang diterima mengalami masalah, kemungkinan pelanggan tidak akan melakukan pembelian dari tempat yang sama lagi.

Melakukan quality control sebelum mengirimkan produk, dan dalam proses bisnis lainnya mulai dari produksi hingga distribusi, akan membantu untuk menurunkan biaya dan risiko kerugian, mengurangi waktu tunggu, dan memfasilitasi pengiriman produk tepat waktu ke penerima.

Leave a Reply