Bisnis Tanpa Modal Sebagai Dropshipper : Ini 10 Tips Penting Sebelum Memilih Supplier.

HALOSIS.CO.ID, JAKARTA – Mencari produk untuk jualan online bisa menjadi satu hal yang memusingkan bagi beberapa orang. Bahkan ketika anda sudah memilih satu produk, ternyata supplier yang menyediakan sistem dropship untuk produk tersebut juga sangat banyak. Lalu bagaimana caranya menentukan supplier ? Ini dia tips sebelum memilih supplier untuk dropshipping, hal-hal apa saja yang dapat kamu tanyakan kepada calon supplier agar kamu menemukan supplier produk terbaik untuk jualan online mu!

Tips Bisnis Tanpa Modal Sebagai Dropshipper:

    1. Apakah supplier menerima dropship? Berapa penjual dropshipper yang kira-kira sudah di layani oleh supplier tersebut? Ya… tentunya kamu perlu tahu apakah supplier tersebut memahami konsep dropship. Jika memang mereka sudah terbiasa, coba tanyakan berapa penjual dropship yang sudah mereka layani, karena tentu anda tidak mau jika supplier tersebut sudah melayani begitu banyak dropshiper.
    2. Berapa lama batas waktu pengiriman? Penting hal ini anda tanyakan sebelum memilih supplier untuk dropshipper, karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan anda dan batas waktu pengiriman yang diberikan oleh beberapa pasar online nasional maupun internasional.
    3. Apa sistem informasi untuk tracking nomor resi? Untuk menjamin bahwa produk anda dikirim, anda membutuhkan nomor resi. Namun informasi nomor resi ini dapat menjadi masalah yang rumit jika masih dikelola secara manual. Coba tanyakan hal ini sebelum anda memilih supplier untuk dropshiping.
    4. Bagaimana sistem pengkinian (update) inventori mereka? Apakah sudah real time stock? Atau masih manual? Apakah dilakukan harian?Jika anda hanya ingin iseng-iseng bisnis tanpa modal sebagai dropshipper, mungkin anda tidak perlu memusingkan hal-hal detail seperti ini. Namun jika anda serius dalam berjualan online, tidak ada salahnya untuk mengetahui sistem operasional yang sudah berjalan di supplier anda. Karena inventori stok juga akan banyak membantu anda berjualan online khususnya ketika anda berinteraksi dengan pelanggan, anda jadi tahu betul jumlah stok yang tersedia.
    5. Apakah gambar produk yang mereka berikan berkualitas? Satu hal lagi yang menjadi penting untuk anda tanyakan karena sekarang ini anda bersaing di dunia digital era sosial media yang dipenuhi dengan gambar berkualitas. Jadi anda memerlukan gambar produk yang berkualitas untuk dapat berjualan secara online.
    6. Apakah ada technical support team atau installment team untuk produk-produk teknologi? Tentu anda tidak ingin menjual barang yang tidak dapat terpasang oleh pelanggan anda kan? Jika produk anda adalah produk elektronik yang berteknologi, anda perlu menanyakan hal ini.
    7. Berapa stok minimum di gudang supplier? Hal ini dapat menjadikan anda jaminan bahwa barang yang anda jual akan selalu tersedia.
    8. Apakah ada batas harga jual barang untuk dropshipper lainnya? Soal harga, jangan sampai terjadi persaingan harga dengan dropshipper lain padahal anda memiliki satu supplier.
    9. Apakah supplier memberikan anda harga terbaik? Mungkin ini menjadi bagian dari negosiasi anda, tapi ingat jangan terlalu memaksakan karena akan merusak hubungan anda dengan supplier.
    10. Bagaimana sistem order mereka? Kemana harus hubungi untuk keadaan darurat? Sistem order yang baik menjadi salah satu kunci penjualan yang tinggi, jika sistem order calon supplier anda belum bagus, mungkin anda dapat mencari supplier lain. Atau minimal anda harus tahu dengan detail cara untuk melakukan order. Tanyakan juga informasi nomor kontak dan alamat untuk keadaan darurat.

Sistem dropship ini memang bayak digemari oleh banyak orang, selain karena bisnis ini dapat dijalankan tanpa modal, sistem dropship ini juga menawarkan kemudahan dan risiko yang rendah. Jadi anda akan mengalami persaingan dengan banyak penjual dropship lainnya.

Oleh karena itu, dalam pencarian produk untuk jualan online dengan sistem dropship, penting untuk mengetahui apakah ada batas harga yang jual yang sudah ditentukan oleh supplier kepada para penjual dropshipper lainnya. Selain menghindari persaingan, tentu anda tidak ingin menjual barang yang harganya jatuh, sehingga memperkecil keuntungan anda bukan?

 

Nah.. Apa lagi pertanyaan umum yang biasa anda tanyakan sebelum memilih supplier untuk dropshipping?

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply