7 Cara Jitu Tingkatkan Fokus Setiap Hari

Gimana kerjaan mau cepet selesai, kalau dikit-dikit salah fokus.
Gambar: https://giphy.com/gifs/RosannaPansino-focus-rosanna-pansino-JQvyIRoHCB1wxw10tF

Halosis.co.id, Jakarta ​– Fokus adalah salah satu kunci kesuksesan. Namun sering kali dalam menjalani aktivitas, banyak hal yang mengganggu fokusmu. Di saat-saat seperti ini kamu mungkin berpikir, bagaiamana kamu bisa mengembalikan konsentrasimu? Ini dia beberapa tips dari Halosis yang bisa bantu kamu supaya nggak gagal fokus melulu

1. Kenali Apa Yang Mengganggumu

Kalau kamu udah tau apa yang mengganggumu, kamu jadi lebih gampang menghindarinya.
Gambar: https://giphy.com/gifs/trump-press-conference-joV1k1sNOT5xC

Salah satu alasan, kenapa kamu tidak fokus, adalah karena adanya distraksi atau gangguan dari luar. Jadi, kalau kamu mau bisa fokus setiap hari, kamu harus tahu dulu, apa yang bikin kamu sering nggak fokus. Misalnya, saat lagi kerja, kamu mau relaksasi sedikit dengan nonton youtube dan akhirnya kebablasan. Kalau kamu sudah tahu kamu sering terganggu karena youtube, kamu jadi bisa lebih membatasi dirimu dari akses ke youtube dan lainnya. Yang jelas, kamu harus tahu dulu, kenapa kamu tidak fokus.

2. Buat Rencana

Kalau nggak ada rencana, gimana mau fokus?
Gambar: https://giphy.com/gifs/bully-bull-terrier-bullterrier-dQpUkK59l5Imxsh8jN

Satu hal yang wajib banget kamu lakukan setiap hari adalah bikin rencana. Cara seseorang membuat rencana kerja ada banyak. Ada orang yang terbiasa dengan membuat to do list setiap hari. Tapi ada juga yang tidak suka mencatat, dan lebih nyaman untuk mengingat. Yang penting kamu punya rencana, karena ketika kamu punya rencana, kamu akan lebih terarah untuk melakukan apapun yang mau kamu kerjakan. Setiap kali kamu mulai kehilangan fokus, ingat lagi rencanamu selama satu hari. Ingatkan dirimu, kalau masih ada tugas ataupun pekerjaan yang harus kamu lakukan di hari tersebut. 

3. Meditasi

Meditasi nggak melulu identik dengan hal-hal mistis loh.
Gambar: https://giphy.com/gifs/mad-men-yoga-meditate-3oEdv9duTLhWoNhcGs

Meditasi punya banyak sekali manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mental. Rajin-rajin meditasi bisa meningkatkan fokus terhadap sesuatu. Meditasi tidak hanya soal menenangkan diri. Dalam meditasi, kamu belajar untuk mengendalikan dirimu dari dalam. Apalagi untuk kamu yang kecanduan sesuatu, kamu bisa belajar mengontrol kecanduan dengan bermeditasi

4. Berlatih Menenangkan Diri

Jangan gampang panik.
Gambar: https://giphy.com/gifs/franchesca-ramsey-chescaleigh-4Zki4FNMTtJCn85jLQ

Selain meditasi, kamu juga harus belajar untuk menenangkan diri. Tidak fokus juga bisa diakibatkan karena ketidakmampuanmu mengatasi hal-hal yang tidak terduga. Setelah menghadapi suatu kejadian yang tak terduga, kamu mungkin mengalami ledakan emosi, dan jadi tidak fokus sepanjang hari. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus belajar untuk menenangkan dirimu sendiri.

5. Kurangi Multitasking

Kamu nggak harus mengerjakan semua hal dalam waktu bersamaan.
Gambar: https://giphy.com/gifs/funny-humor-spongebob-a9RgWy99d17RC

Nggak semua orang bisa nyaman melakukan multitasking, dan itu hal yang wajar. Ada banyak orang yang lebih suka mengerjakan satu demi satu pekerjaan dengan tenang. Untuk kamu yang sering kehilangan fokus, bisa saja kamu termasuk orang-orang yang kurang cocok untuk melakukan multitasking. Fokusmu terpecah, karena kamu mengerjakan banyak hal secara bersamaan. Cobalah kurangi porsi atau variasi pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam satu waktu yang bersamaan

6. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sudah terbukti bisa meningkatkan konsentrasi.
Gambar: https://giphy.com/gifs/bleacherreport-MuHSpswhYXwT9mcWHr

Cara lain untuk menjagamu fokus adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Air mengandung oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan minum banyak air putih, kamu mencukupkan tubuhmu dari kebutuhan oksigen dan cairan. Hal ini sangat penting dan bisa meningkatkan fokusmu. 

7. Istirahat Yang Cukup

Kalau kurang tidur, gimana mau fokus?
Gambar: https://giphy.com/gifs/sleep-nap-queen-10jniOyQtffjbO

Tips yang terakhir adalah, pastikan kamu beristirahat yang cukup. Tubuh dan pikiran sangat butuh waktu untuk beristirahat. Kurang tidur ataupun istirahat, secara otomatis kamu akan kurang bisa fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Untuk kamu yang sering begadang, cobalah kurangi porsi begadang dan perbanyak istirahat. Pecinta kopi juga harus selalu memperhatikan dan menjaga kadar kopi yang masuk ke tubuhmu. Jangan sampai, karena terlalu banyak kopi, kamu jadi tidak bisa tidur. 


Itulah beberapa tips yang bisa Halosis bagikan, supaya kamu bisa fokus dengan aktivitasmu sehari-hari. Fokus dalam mengerjakan sesuatu adalah kunci dari kesuksesan. Distraksi akan selalu ada, tapi jangan sampai itu mengganggu pekerjaanmu. Tetap jaga fokusmu agar target yang sudah kamu buat bisa kamu capai. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha. 



Leave a Reply