5 Cara Ampuh Memilih Produk yang Laku Dijual Online

Halosis.co.id, JakartaDalam memulai bisnis online, memilih produk yang harus dijual bukanlah perkara mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, sampai kamu bisa menentukan akan berjualan apa.

Kunci utama keberhasilan dalam menjual produk adalah kamu benar-benar percaya diri. Produk yang kamu jual adalah identitas dari toko online-mu. Kalau kamu tidak percaya diri dengan produkmu, bagaimana orang lain akan percaya?

Simak tips di bawah ini untuk membantu kamu memilih produk yang benar-benar kamu yakini akan laris dijual online.


1. Ikuti Kebutuhan Pasar

Produk yang diminati adalah produk yang menjadi solusi atas permasalahan orang banyak.

Produk yang pasti laris manis adalah produk yang memiliki peminat. Karena itu, cara terbaik untuk menilai sebuah produk akan laku atau tidak, adalah dengan melihat peminatnya.

Produk yang paling diminati adalah produk yang menjadi solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat. Kamu harus bisa melihat, apa yang saat ini sedang dibutuhkan pasar. Dengan begitu kamu bisa menghadirkan produk yang menjadi solusi dari masalah banyak orang. 


2. Survey Target Pasar

Pastikan kamu tahu siapa pelangganmu agar kamu tahu cara menjual produkmu.

Setelah kamu tahu apa yang sedang dibutuhkan orang banyak, lakukanlah survey target pasar. Karena meskipun dibutuhkan banyak orang, produk yang akan kamu jual belum tentu dibutuhkan semua orang.

Kamu harus tahu dengan pasti siapa saja yang membutuhkan produkmu. Karena dengan tahu siapa pelangganmu, kamu bisa memfokuskan penjualan dan inovasi produk sesuai dengan target pasarmu. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki data demografi target pasar sebelum kamu mulai berjualan. 


3. Pantau Tren 

Cara termudah untuk memantau tren adalah dengan mengikuti media sosial.

Selain mengikuti kebutuhan pasar, cara lain untuk melihat produk apa yang akan laris dijual, adalah dengan mengikuti tren. Sebagai pengusaha online, kamu harus selalu peka terhadap tren produk yang sedang berkembang, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk produk fashion dan kecantikan, kamu bisa mengamati tren di dunia entertainment, karena biasanya banyak produk-produk yang menjadi populer setelah dipakai selebritis.

Ikuti juga selalu tren yang ada di media sosial. Media sosial adalah salah satu media paling akurat untuk melihat tren yang sedang berkembang. Kamu juga bisa mengikuti selebgram atau influencer, untuk melihat, produk apa yang sedang populer saat ini.


4. Cek Kompetitor

Kamu harus menemukan kelebihan produkmu dari semua pesaing.

Setelah terpikir beberapa produk yang untuk dijual, langkah selanjutnya adalah mengecek kompetitor. Banyak orang yang akhirnya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan karena melupakan langkah yang satu ini. Sebelum mulai berjualan, kamu harus tahu siapa sainganmu, untuk mengetahui di mana posisimu

Produk yang kamu jual mungkin sangat dicari pasar, tapi ternyata sainganmu juga sangat banyak. Jika ternyata kamu punya banyak saingan, pilihanmu hanya ada dua. Pilihan pertama adalah mencari produk lain untuk kamu jual yang memiliki saingan lebih sedikit. Atau yang kedua adalah mencari keunikan produk, yang menjadi nilai lebih dibandingkan produk pesaing.


5. Hindari Produk KW

Produk dengan brand sendiri lebih bernilai dibanding produk tiruan.

Daripada kamu menjual produk bermerek tapi tiruan, lebih baik kamu menjual produk dengan brand-mu sendiri. Barang-barang branded mungkin akan lebih mudah dijual, karena sudah memiliki nama. Akan tetapi, menjual produk tiruan bsia menurunkan kredibilitas toko online-mu dan kepercayaan pelanggan. Selain itu kamu juga punya resiko untuk dituntut brand yang kamu gunakan namanya. 


Itulah dia 5 tips untuk membantumu menentukan produk untuk dijual online. Semoga tips ini bermanfaat. Ikuti instagram Halosis(@halosisofficial) untuk dapatkan lebih banyak tips berjualan online.

Leave a Reply