Tips Ramaikan Toko Online di Hari Kemerdekaan

Halosis.co.id, Jakarta – Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial untuk setiap warga negara Indonesia. Di bulan ini, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Tepat 75 tahun sudah Negara Indonesia merdeka dari penjajahan.

Setiap tahunnya di tanggal 17 Agustus, selalu ada perayaan besar-besaran. Biasanya, untuk memeriahkan hari kemerdekaan, masyarakat akan mengadakan lomba di lingkungan tempat tinggalnya.

Namun, tahun ini berbeda karena masyarakat Indonesia harus merayakannya di rumah masing-masing. Meskipun begitu, kamu tetap bisa meramaikan toko online-mu di hari kemerdekaan ini lho. Mau tahu tipsnya? Yuk, langsung cek jawabannya di bawah ini.


1. Kasih Promo Sesuai Tanggal Kemerdekaan

Siapa yang tidak suka promo? Semua pelanggan suka dengan promo. Sebagai bentuk perayaan hari kemerdekaan, kamu bisa memberikan promo sesuai angka yang identik dengan kemerdekaan.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan angka 17, 8, 45, atau 75. Misalnya kamu menjual barang fashion seperti baju, kamu bisa memberikan potongan 17% atau potongan ongkir Rp8.000. Atau mungkin jika kamu menjual aksesoris seperti syal atau topi, kamu bisa membuat harganya jadi serba Rp45.000 atau promo bundle dengan harga Rp75.000. Semua tergantung pertimbanganmu.


2. Keluarin Produk Edisi Spesial

Tips kedua adalah mengeluarkan produk edisi spesial kemerdekaan. hari kemerdekaan biasanya identik dengan warna merah dan putih. Nah, kamu bisa memanfaatkan warna tersebut untuk produk edisi spesialmu. Tidak terbatas dengan warna merah dan putih saja, kamu juga bisa membuat desain yang identik dengan 17 Agustus. Misalnya desain perlombaan 17 Agustus yang sering dimainkan.

Saat kamu memasarkan produk edisi khusus ini, berikan kesan mendesak bagi pelanggan. Contohnya “edisi spesial kemerdekaan terbatas!”, “hanya sampai 19 Agustus!”, atau “limited stock“. Kata-kata ajaib semacam ini akan memberikan dorongan pada pelanggan untuk segera membeli.


3. Bikin Lomba 17-an di Medsos

Perayaan kemerdekaan Indonesia rasanya kurang lengkap tanpa perlombaan. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai ide untuk merayakan bersama pelanggan lho. Kamu bisa membuat lomba 17-an di media sosial toko online-mu.

Contohnya kamu membuat lomba foto dengan teman-temanmu saat merayakan kemerdekaan, atau bisa juga lomba menulis caption arti kemerdekaan. Kamu bisa mengaitkan lomba-lomba yang biasa ada di medsos dengan hari kemerdekaan Indonesia. Ketentuan lombanya bisa kamu atur sendiri.

Kamu bisa merepost pemenang lomba tersebut di akun toko media sosialmu. Misalnya, pemenang ditentukan berdasarkan foto terunik, atau caption paling menarik. Hadiahnya bisa berupa voucher belanja di toko online-mu, atau gratis ongkir untuk 2 kali pembelian di toko online-mu.

Hal ini juga bisa menguntungkan akun toko online-mu. Karena jika banyak pelanggan yang ikut bergabung, maka engagement-mu akan meningkat. Dengan begitu, kemungkinan akan banyak juga calon pelanggan yang mengetahui toko online-mu.


4. Adakan Giveaway Spesial Kemerdekaan

Terakhir, kamu bisa mengadakan giveaway spesial kemerdekaan. Tidak jauh berbeda dengan poin di atas, hanya saja giveaway ini hadiahnya sedikit lebih besar. Untuk itu, persyaratannya pun bisa dibuat lebih beragam.

Beberapa giveaway di media sosial biasanya memiliki persyaratan sebagai berikut:
1. Like postingan
2. Berikan jawaban menarik (semakin banyak berkomentar, semakin besar peluang menang)
3. Mention 3 teman untuk ikutan giveaway

Pilihan lainnya:
1. Like postingan
2. Post (lomba terkait) di akun IG (gunakan akun asli dan tidak diprivate)
3. Pada kolom caption, tuliskan arti merdeka (seunik dan semenarik mungkin)
4. Tag akun toko online dan mention 3 teman untuk ikutan giveaway
5. Post cukup satu kali (spam post = diskualifikasi)

Nah, begitu kurang lebih gambaran persyaratan giveaway untuk toko online-mu. Kamu bisa berkreasi dengan menggunakan syarat buatanmu sendiri.


Itu dia tadi 4 tips ramaikan toko online di hari kemerdekaan. Gimana, kamu sudah kepikiran mau pakai tips yang mana? Atau kamu mau menggunakan semua tipsnya? Bagaimanapun, yang penting kamu bisa merayakannya dengan pelanggan.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.


Leave a Reply