Promosi Pakai TikTok? Simak Tipsnya

Halosis.co.id, Jakarta – Siapa yang tidak tahu aplikasi TikTok? Aplikasi ini sedang sangat naik daun dan banyak digunakan, terutama di kalangan milenial. TikTok sangat cocok untuk kamu yang suka berkreasi dalam membuat konten dance atau video kreatif.

Namun ternyata, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat video, TikTok juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnismu.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap platform marketing untuk jualan online punya keunggulan yang berbeda. Selain itu, cara berpromosi dan rata-rata target audiencenya pun berbeda. Itu sebabnya, agar maksimal berjualan online di sebuah platform, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting. Biar promosi pakai TikTok jadi maksimal, simak tips di bawah ini yuk.


1. Kerja Sama dengan Influencer TikTok

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ‘influencer’. Ternyata, bukan hanya Instagram saja yang terkenal dengan cara promosi dengan bekerja sama dengan influencer, TikTok juga demikian.

Kamu bisa bekerja sama dengan influencer TikTok yang sesuai dengan target audience dan tentu juga budget-mu. Kamu bisa mencarinya pilihan influencer langsung di aplikasi TikTok. Telusuri secara manual melalui optionexplore page” atau lewat trending hashtag”. Selain itu, kamu bisa mencarinya melalui google atau jejaring kreator.


2. Menggunakan Hashtag Challenge

Tips selanjutnya adalah menggunakan hashtag challenge. Hashtag challenge adalah tantangan khusus pengguna TikTok untuk membuat atau mereka ulang konten dan menambahkan hashtag brand-mu di dalamnya. Cara cukup ampuh untuk memperkuat branding toko online-mu.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa meningkatkan engagement dan mendorong interaksi audience. Interaksi dari audience sangat berpengaruh karena bisa menimbulkan sebuah pembicaraan. Jika terus dilanjutkan, maka akan menarik perhatian dari calon pelanggan baru.


3. Pasang Iklan

Beriklan memang menjadi salah satu cara berpromosi paling umum. Hampir di setiap platform jualan online, kamu bisa memasang iklan untuk mempromosikan toko online-mu. Dengan beriklan, jangkauan pelanggan menjadi lebih luas.

Ada beberapa cara beriklan yang bisa kamu lakukan di TikTok. Yang pertama, kamu bisa menggunakan konten asli, iklan jenis ini serupa dengan iklan yang sering muncul di Instagram story. Cara ini memiliki fitur untuk menghubungkan ke link website atau pengunduhan aplikasi.

Selain cara tersebut, kamu bisa juga menggunakan lensa brand. Lensa brand adalah fitur konten brand berbentuk 2D atau 3D yang bisa digunakan audience untuk efek pada wajah ketika difoto. Fitur ini sejenis fitur filter pada Instagram story.


4. Membuat Konten yang Menghibur dan Lucu

TikTok dikenal sebagai platform yang dipenuhi dengan konten-konten lucu dan menghibur. Itu sebabnya, banyak orang yang tertarik menggunakan aplikasi ini. Baik untuk mengasah kreatifitas, mau pun untuk sekedar melihat-lihat konten menarik.

Jadi, jika kamu ingin membuat video promosi, buatlah video yang menghibur. Dengan begitu, audience akan tertarik melihatnya. Saat audience menonton video promosimu sampai selesai, maka tidak ada satupun promosi yang terlewatkan atau terbuang sia-sia. Jadi, hasil video promosimu lebih maksimal.


Gimana nih, kamu sudah paham dong bagaimana cara mempromosikan produkmu pakai TikTok? Semakin banyak platform untuk promosi yang kamu gunakan, semakin besar pula peluang penjualanmu meningkat. Semoga tips ini bermanfaat ya.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply