Mengenal Fitur Insight Akun Instagram Bisnis (1)

Akun instagram bisnis memiliki sejumlah fitur untuk membantu para entrepreneur, salah satunya insight.

Halosis.co.id, Jakarta Instagram terus berinovasi dalam menghadirkan fitur-fitur yang mudah digunakan, dan bisa menunjang kegiatan entrepreneurship. Akun instagram sendiri, saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu pribadi dan bisnis. Seperti namanya, akun bisnis biasanya digunakan oleh orang yang menjalankan usaha di instagram. Namun saat ini, banyak orang mengubah akun pribadinya menjadi bisnis, karena ingin punya fitur insight.

Insight di instagram adalah fitur yang memiliki fungsi sebagai instagram analytics. Fitur ini bisa membantu kamu untuk lebih mengenal audience di instagram milikmu. Informasi ini juga dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan konten dan strategi promosi di instagram. Mari kita bahas satu-satu fungsi semua fitur yang ada pada insight.

3 menu insight, yaitu content, activity, dan audience.

Pada fitur insight, terdapat 3 menu utama, yang bisa kamu lihat di bagian atas menu. Ada content, activity, dan audience. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu, dimulai dari pilihan content.

1. Content

Tekan see all, dan kamu bisa melihat seluruh postingan feed dan diurutkan dari score engagement, atau yang lainnya.

Di bagian content, kamu bisa menemukan informasi lengkap untuk feed dan story. Di bagian atas dari menu content, terdapat keterangan jumlah konten (Feed + Story) yang kamu upload selama satu minggu (ada keterangan tanggal). Sudah menjadi ciri khas instagram, untuk memberikan evaluasi setiap minggunya di fitur analytics mereka.

Di bagian Feed Post, kamu akan menemukan 6 preview konten yang kamu upload, diurutkan berdasarkan impressionnya. Apabila kamu mengklik see all, maka kamu bisa melihat seluruh postingan kamu dari awal membuat Instagram hingga sekarang. Kamu juga bisa mengurutkannya sesuai dengan engagement, likes comments, calls, emails, follows, ged directions, impressions, profile visits, dan reach. Semuanya bisa diurutkan dalam rentang dua tahun sampai dengan satu minggu.

Dengan fitur ini, kamu bisa melihat, postingan yang mana, yang paling banyak disukai orang. Atau konten mana yang paling banyak menerima komentar. Kalau kamu melakukan marketing di instagram, fitur ini akan sangat membantu untuk mengetahui selera konten audiencemu di Instagram.

Story instagram milikmu juga dapat dilihat menurut ranking impression.

Lalu di pilihan story kamu juga bisa menemukan hal yang sama, seperti yang ada di feed. Namun bedanya, di menu stories, kamu hanya dapat mengurutkan postingan dari dua minggu hingga 7 jam sebelumnya. Di menu ini kamu juga bisa melihat dengan jelas, impression, reach, forward, back, replies, shares, next story, back, dan exited.


Itu dia informasi-informasi yang bisa kamu dapatkan dari menu content di insight instagram. Manfaatkanlah fitur-fitur dari insight, untuk memaksimalkan kegiatan marketing di instagram. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat #berUsaha!



2 comments

  1. 5 Tips Memilih Endorser di Instagram | Halosis Blog

    […] Setelah memiliki pilihan endorser, hubungi management yang menaunginya, dan tanyakan apakah mereka m…. Pilihlah endorser yang menggunakan akun bisnis dan mintalah hasil analytics akun instagramnya. Dengan ini, kamu bisa memperkirakan, apakah postingan produk yang dibuat akan membawa dampak besar dalam penjualanmu. […]

  2. 5 Keuntungan Memiliki Halaman Facebook untuk Bisnis – Halosis Blog

    […] Mirip dengan akun instagram bisnis, halaman Facebook juga memiliki fitur insight. Di fitur insight, kamu bisa melihat berapa orang yang menjangkau halamanmu. Namun insight di halaman Facebook hanya bertahan hingga 28 hari. Jadi kamu tidak bisa lagi melihat rincian traffic untuk postingan yang sudah kamu post lebih dari 28 hari sebelumnya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk melihat keberhasilan postinganmu di Halaman Facebook. […]

Leave a Reply