Mengenal Fitur Insight Akun Instagram Bisnis (2)

Dua menu insight lainnya adalah discovery dan audience.

Halosis.co.id, Jakarta Selain menu content, pada fitur insight instagram bisnis, masih ada menu activity dan audience. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. 

2. Activity

Activity merupakan menu yang menunjukkan CTA yang diambil oleh audience.

Dalam menu activity, kita bisa melihat dua jenis informasi, yaitu interaction, dan discovery. Di sini kamu dapat mengetahui informasi seputar profile visit, website clicks, emails dan calls. Di bagian atas, terdapat diagram CTA audience per hari, selama satu minggu. Lalu di bawahnya juga dijabarkan jumlah lebih detail, sesuai dengan seluruh segmentasi interaction.

Interaction

Interaction di insight dijabarkan dengan jelas angkanya.

Profile Visits 

Profile Visit merupakan jumlah keseluruhan akun yang mengunjungi profilmu di instagram. Jumlah yang ditunjukkan adalah total selama satu minggu, dan perbandingannya dengan minggu sebelumnya. 

Website Clicks

Website clicks merupakan jumlah keseluruhan, link yang kamu cantumkan di Bio (kalau ada) dikunjungi oleh pengguna instagram. Sama seperti profile visit, tersedia pula, perbandingannya dengan minggu sebelumnya.

Emails

Emails memuat keterangan, berapa kali kamu pengguna instagram menghubungi email yang tercantum di Bio. Sama seperti sebelumnya, terdapat juga perbandingan dengan satu minggu sebelumnya. 

Calls

Kalau kamu mencantumkan nomor telepon atau smartphone, maka pengguna instagram bisa terhubung secara otomatis ke nomor tersebut. Sama dengan sebelumnya, selalu ada perbandingannya.

Discovery

Discovery menunjukkan, seberapa luas kontenmu bisa menjangkau pengguna instagram.

Bagian discovery memuat informasi tentang reach dan impression. Sebelumnya, kamu juga bisa melihat, berapa jumlah reached instagram selama satu minggu, dilengkapi dengan diagram. Kebanyakan orang mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan reach dan impression. Walaupun mirip, reach dan impression merupakan dua hal yang berbeda.

Reach merupakan total dari keseluruhan akun instagram yang dijangkau oleh postinganmu. Namun jumlah ini hanyalah estimasi dari analytics instagram. Di menu ini, kamu bisa melihat berapa akun yang terhubung dengan instagram milikmu selama satu minggu, dan minggu sebelumnya. 

Berbeda dengan reach, Impression merupakan total keseluruhan, berapa kali postinganmu dilihat di instagram. Entah itu dengan akun yang sama, atau berbeda, yang dihitung oleh impression adalah total keseluruhan dari semuanya. Sama seperti yang lain, pada menu ini, disertakan juga perbandingannya dengan satu minggu sebelumnya.

3. Audience

Menu yang terakhir pada pilihan Insight adalah audience. Audience merupakan tempat untuk melihat, akun yang menjadi audience instagrammu. Pada bagian atas terdapat jumlah followers yang kamu miliki saat ini, dan perbandingannya dengan satu minggu sebelumnya. Segmentasi audience terbagi lagi menjadi empat, yaitu Top Locations, Age Range, Gender, dan Followers.

Top Locations

Top locations memuat informasi tentang 5 kota dan negara teratas tempat audience instagrammu berada. Informasi ini juga berisi berapa persen dari keseluruhan audience, yang berasal dari kota dan negara tersebut. Ini bisa sangat membantu kamu yang menggunakan instagram untuk membuat konten dan promosi.

Age Range

Di menu ini terdapat gambaran secara detail, tentang usia audience instagrammu, mulai dari 13 – 65 tahun ke atas. Selain itu, kamu juga bisa mendeteksi umur dan gender orang yang melihat kontenmu.

Gender

Di menu gender, kamu bisa melihat dengan spesifik persentase gender audience akun instagrammu. Namun hanya itu informasi yang ada di bagian gender. 

Followers

Di sini kamu bisa memantau dengan lebih jelas audiencemu berdasarkan jam dan hari. Dengan ini, kamu bisa menyesuaikan jam posting, di saat followersmu sedang ramai di instagram. 


Itu dia seluruh fungsi fitur insight di akun bisnis instagram. Semua informasi analytics ini bisa sangat bermanfaat untukmu yang aktif menggunakan instagram. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat #berUsaha



Leave a Reply