Halosis.co.id, Jakarta – Beberapa hari lalu banyak sekali e-commerce yang menggelar diskon besar-besaran, tepatnya di tanggal 11-11 (11 November), tapi sebenarnya ada banyak acara diskon online sejenis yang disukai oleh konsumen, baik di Indonesia maupun negara lain.
Black Friday
Awalnya istilah ini diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi pemilik retail, dan biasanya ada antrean pengunjung yang sangat besar. Kemuian fenomena ini diadaptasi sebagai Online Shopping yang diselenggarakan setiap tanggal 24 November untuk meningkatkan penjualan pada periode tersebut. Pada tahun 2016 lalu, total transaksi penjualan saat Black Friday mencapai USD 3,34 miliar.
Cyber Monday
Istilah hari belanja online digunakan pertama kali oleh Shop.org pada tahun 2005. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset, hari paling populer untuk berbelanja online adalah hari Senin. Cyber Monday digelar pada tanggal 27 November setiap tahunnya. Transaksi penjualan Cyber Monday pada tahun 2016 mencapai angka USD 3,45 miliar.
Singles’ Day
Awalnya istilah Singles’ Day diperkenalkan di China pada tahun 1990 sebagai sebuah acara sekolah yang diperuntukkan bagi para jomblo untuk mencari pasangan. Namun, Alibaba mempopulerkan istilah ini pada tahun 2009 sebagai Online Sale ke seluruh dunia, dan diperingati setiap tanggal 11 November. Saking populernya, online sale ini bisa mengalahkan jumlah penjualan Cyber Monday di tahun 2012, bahkan total transaksi penjualannya mencapai angka USD 17,8 miliar pada tahun 2016, yang merupakan sebuah pencapaian besar.
Online Revolution
Lazada Indonesia merupakan pelopor yang memperkenalkan festival belanja online yang disebut Online Revolution pada tahun 2012, istilah ini lebih dikenal dibandingkan Singles’ Day di Indonesia. Dari segi penjualannya, Online Revolution berhasil mencapai angka sebesar USD 40 miliar transaksi di tahun 2016, sama dengan Singles’ Day, Online Revolution juga diperingati pada tanggal 11 November.
Festival Belanja Online
Tak ketinggalan juga ada Festival Belanja Online yang dimulai tahun 2014, didirikan atas dasar kerjasama para penggiat industri e-commerce di Indonesia. Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan UNICEF pada Festival Belanja Online tahun 2015. Festival Belanja Online merupakan acara tahunan yang diselenggarakan selama satu minggu tiap tanggal 23-30 November.
Festival yang diikuti oleh 75 partisipan ini memiliki total transaksi penjualan tiga kali lebih besar daripada penjualan biasanya berkat promo potongan harga hingga 90% yang ditawarkannya.
Hari Belanja Online Nasional
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lahir tahun 2012, dan dikenal sebagai event yang lahir di tanggal unik, yaitu 12-12-12 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia.
Awal kemunculannya, event ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce Saat ini sudah lebih dari 72 e-commerce yang ikut bergabung dalam Harbolnas. Total transaksi penjualanya sendiri berhasil mencapai angka USD 235 juta di tahun 2016.
Melihat dari jumlah transaksi, Singles’ Day berada di urutan paling atas jika dibandingkan dengan kelima lainnya, yakni mencapai USD 17.8 miliar di tahun 2016. Namun jika dilihat berdasarkan riset, masyarakat Indonesia lebih tertarik pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dibanding dengan hari belanja online lainnya. Hal ini ditunjukkan dari data statistik pencarian terhadap keyword “Harbolnas” makin tinggi setiap tahunnya.