7 Prinsip Bulu Tangkis yang Bisa Kamu Gunakan dalam Usaha Online Shop

Belajar bisa dari mana saja, salah satunya dari permainan bulu tangkis.
Gambar: https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20190717081443-170-412805/harga-tiket-indonesia-open-2019

Halosis.co.id, JakartaIndonesia Open 2019 saat ini sedang berlangsung dan membawa antusiasme yang sangat besar untuk masyarakat Indonesia. Indonesia Open merupakan salah satu ajang pertandingan bulu tangkis terbesar di Indonesia tahun ini. Pertandingan yang sudah berlangsung sejak tanggal 16 lalu menghadirkan sejumlah pemain bulu tangkis terbaik Indonesia. 

Sadar atau tidak, dalam menjalankan usaha online shopping, kamu juga bisa belajar dari prinsip-prinsip bulu tangkis. Berikut ini beberapa prinsip bulu tangkis yang bisa kamu gunakan dalam usaha online shop.

1. Menguasai Hal Dasar

Semua orang pasti belajar dari dasar, tapi tidak semua bisa menguasainya dengan baik.
Gambar: https://perpustakaan.id/teknik-dasar-bulu-tangkis/

Dalam bermain bulu tangkis, tentunya harus mempelajari teknik dasar, seperti cara memegang raket, servis, mengembalikan bola, smash, dan lainnya. Sama halnya dalam menjalankan sebuah usaha, kamu harus menguasai hal-hal mendasar dalam menjalankan usaha. Yang membedakan pemain bulu tangkis hebat dan amatir adalah, sejauh mana penguasaan mereka terhadap hal-hal mendasar dalam bulu tangkis. Begitu juga dengan usaha, yang membedakan pengusaha sukses dan belum sukses, salah satunya adalah, sejauh mana telah menguasai hal-hal dasar.

2. Penuh Persiapan

Menjalankan online shop tanpa persiapan sama dengan bunuh diri.
Gambar: https://www.indosport.com/multi-event/20190622/persiapan-sea-games-2019-lamban-netizen-minta-pindah-ke-indonesia

Hal lainnya yang bisa kamu tiru dari pemain bulu tangkis, adalah persiapan yang mereka lakukan. Sebelum mengikuti sebuah pertandingan, pemain bulu tangkis mungkin akan berlatih ratusan, bahkan ribuan kali. Mereka mempersiapkan semua hal dengan sebaik-baiknya, mulai dari kesehatan, stamina, perlengkapan, dan sebagainya. Sebagai seorang pengusaha, kamu bisa meniru hal ini dari mereka. Persiapkanlah segala sesuatu hal sebelum kamu mau melakukan sesuatu dalam usahamu. Persiapan yang matang akan menghasilkan stabilitas dalam menjalankan usaha.

3. Belajar dari Lawan

Belajar bisa dari siapa saja, salah satunya dari lawan.
Gambar: https://asiangames.antaranews.com/berita/741522/dua-ganda-indonesia-ke-semifinal-bulu-tangkis

Hal berikutnya yang bisa kamu pelajari dari prinsip bulu tangkis adalah belajar dari lawan. Pemain bulu tangkis selalu mengamati gerak-gerik lawan, dan mencari celah, untuk mengalahkan lawan. Sama halnya dalam usaha, kamu harus tetap memberikan perhatian pada kompetitor. Kamu harus mengamati apa yang mereka lakukan dalam usaha mereka, dan mencari peluang, di mana kamu bisa lebih unggul dari sainganmu.

4. Sportif

Menang atau kalah, sportivitas tetap nomor satu.
Gambar: https://www.bolasport.com/read/311419449/senggol-marcuskevin-ketenangan-hidup-mads-conrad-petersen-kini-terusik-

Olah raga bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang sangat menjunjung tinggi sportifitas. Dalam permainan, kecurangan dalam bentuk apapun tidak akan diterima. Bahkan, kalau seorang pemain bulu tangkis ingin mengganti kok, dia harus memperlihatkannya terlebih dahulu pada wasit. Wasit akan menentukan, apakah kok itu sudah saatnya diganti, atau belum. Berlaku juga untuk para pengusaha, walaupun harus mencari peluang untuk lebih unggul dari lawan, gunakanlah cara yang sehat. Jangan menggunakan cara-cara yang curang dalam menjalankan online shop.

5. Menyesuaikan Diri

Dimana kaki berpijak, di situ langit dijunjung.
Gambar: http://nysnmedia.com/rahasia-pukulan-smash-tajam-di-bulutangkis-untuk-mengalahkan-lawan/

Seorang pemain bulu tangkis harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan tempat. Dalam sebuah turnamen bulu tangkis, tempat bertanding mungkin jauh dari tempat yang familiar bagi atlet. Namun seorang pemain bulu tangkis harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Begitu pula dengan menjadi pengusaha, kamu harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Dunia online shop berubah dengan sangat cepat, kalau kamu harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

6. Mental Baja

Tidak hanya fisik, mental pun sangat penting dalam pertandingan.
Gambar: https://tirto.id/live-streaming-jadwal-perempat-final-indonesia-masters-2019-de6D

Selain fisik dan teknik permainan, seorang pemain bulu tangkis juga harus memiliki mental baja. Mental seorang pemain bulu tangkis hebat adalah mental yang sangat kuat. Dalam pertandingan bulu tangkis, penonton bisa menjadi bumerang yang untuk sang pemain. Misalnya, kalau bertanding di negara lain, pemain bulu tangkis mungkin akan merasa lebih gugup dibandingkan bermain di negara sendiri. Sorakan dari pendukung lawan, yang mungkin jumlahnya jauh lebih banyak dari pendukungmu sangat bisa menjadi faktor yang membuat mental menciut. Namun seorang pemenang, tentunya tidak akan merasa terintimidasi dengan hal tersebut. Ini bisa dijadikan pelajaran dalam menjalankan online shop, agar kamu tidak mudah terintimidasi oleh keadaan.

7. Pantang Menyerah

Menyerah sama dengan akhir dari perjalanan usahamu.
Gambar: https://serbaberita.com/bagaimana-menangani-cedera-seperti-dialami-anthony-ginting/

Dalam permainan bulu tangkis, akan ada 2 set utama pertandingan. Namun kalau satu tim menang di babak pertama, dan tim lain menang di babak kedua, akan diadakan permainan babak yang ketiga. Kekalahan di babak pertama biasanya adalah masa yang sangat kritis untuk seorang pemain bulu tangkis. Mereka harus sangat berusaha semaksimal mungkin di babak kedua, agar masih ada kesempatan untuk bertemu dengan lawan di babak ketiga. Namun kalau pemain bulu tangkis tersebut adalah orang yang mudah menyerah, maka setelah babak pertama berakhir, dia pasti kehilangan semangat, dan performa permainannya menurun jauh. sBahkan pada set yang ketiga pun, pemain bulu tangkis akan terus berjuang hingga tetes darah penghabisan. Hal ini bisa kamu tiru dalam menjalankan usaha. Kamu tidak boleh menjadi orang yang mudah menyerah. Seberat apapun yang harus kamu jalani, kamu harus menjalaninya dengan penuh semangat.


Demikianlah beberapa prinsip bulu tangkis yang bisa kamu tiru dalam menjalankan usaha. Kemenangan pemain bulu tangkis tidak didapatkan dengan mudah, melainkan dengan proses dan kegigihan. Begitu pula dengan kesuksesan online shop, kamu tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. Kamu harus pantang menyerah dalam menjalankan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha. 



Leave a Reply