Halosis.co.id, Jakarta – Online seller pasti sudah familiar dengan Instagram Shopping. Walau belum mengaktifkan fitur ini, setidaknya kamu pasti pernah melihat konten Instagram dengan label, yang jika diklik akan menampilkan harga dan detail produk. Label harga adalah salah satu fitur dari instagram shopping.
Lalu kenapa banyak pengusaha online shop mengaktifkan fitur ini di Instagram? Untuk bisa menjawabnya, mari kita bedah bersama, 4 keunggulan utama instagram shopping untuk meningkatkan penjualan berikut ini.
1. Memudahkan Pelanggan Berbelanja
Instagram shopping menawarkan proses belanja yang lebih efisien untuk pelanggan. Seluruh proses belanja akan terjadi di aplikasi instagram. Mulai dari melihat-lihat produk, mencari detail produk, sampai melakukan proses check out, pelanggan tidak perlu keluar aplikasi instagram.
Pelanggan juga lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar produk. Online seller bisa mencantumkan detail harga, deskripsi produk, dan foto detail produk dalam satu halaman. Pelanggan hanya dengan menekan label yang akan muncul saat kamu menekan konten.
2. Meningkatkan Traffic Website
Tidak hanya mempromosikan akun instagram online shop-mu, Instagram juga mempromosikan website dan Facebook-mu. Dengan mengaktifkan instagram shopping, kamu diwajibkan untuk menghubungkan akun dengan website dan Facebook.
Saat ingin membeli produk di instagram, pelanggan akan dihubungkan langsung ke website-mu. Karena itu, secara otomatis besar peluang traffic website mengalami peningkatan tajam. Seluruh proses transaksi juga terjadi dalam website.
3. Bisa Berfungsi sebagai Katalog
Sebelum ada instagram shopping, banyak online seller yang membuat dua akun instagram. Akun pertama digunakan sebagai Instagram utama, untuk menampilkan konten-konten pilihan. Akun kedua berfungsi sebagai katalog, agar pelanggan bisa melihat foto produk lebih jelas dan tidak tercampur foto produk lainnya.
Dengan instagram shopping, kamu tidak perlu lagi membuat atau mengelola dua akun sekaligus. Konten yang kamu upload ke katalog facebook dan instagram bisa berfungsi sebagai katalog juga. Ketika label harga diklik, pelanggan akan dibawa ke halaman detail produk yang bisa menampilkan beberapa slider foto.
4. Promosi Lebih Mudah
Instagram shopping memberikan beragam kemudahan untuk mempromosikan produk maupun akun instagram online shop-mu. Kamu bisa memasang iklan (Ads) langsung dari aplikasi Instagram, maupun melalui Facebook Ads Manager.
Selain itu, untuk kamu yang menjalankan strategi influencer marketing, kamu bisa menjalin kerjasama paid partnership dengan influencer ternama. Pelanggan bisa menemukan tag “Paid partnership with…” di bagian atas konten influencer yang bekerja sama denganmu.
Instagram shopping adalah fitur baru Instagram yang sudah sangat banyak digunakan oleh online seller. Online seller menyukai instagram shopping karena dapat memudahkan pelanggan berbelanja, meningkatkan traffic ke website, bisa berfungsi sekaligus menjadi katalog, dan lebih mudah untuk mengatur promosi.
Untuk bisa mengaktifkan instagram shopping, kamu perlu memenuhi beberapa ketentuan yang ditetapkan instagram, salah satunya adalah memiliki website bisnis sendiri. Namun jangan khawatir, Halosis bisa membantumu mengaktifkan fitur instagram shopping untuk meningkatkan penjualan.
Halosis bisa membantu dengan menyediakan 1 platform website yang bisa terhubung ke Instagram, Facebook, WhatsApp, dan marketplace. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengikuti obrolan kami di Instagram atau menghubungi customer support kami.