Marketplace vs Website Mana yang Lebih Cocok untuk Bisnismu?

Halosis.co.id, Jakarta – Saat memulai bisnis online, kamu mungkin bingung untuk menentukan fokus jualan di website atau marketplace. Banyak online seller yang lebih suka berjualan di marketplace karena lebih mudah dikelola. Namun banyak pula yang lebih memilih website e-commerce karena mau berfokus pada branding.

Lalu bagaimana menentukan platform yang lebih cocok untuk bisnismu? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan website ecommerce dan marketplace berikut ini!


Kelebihan Berjualan di Marketplace 

Salah satu kelebihan marketplace adalah pengelolaan logistik yang sangat baik. Seluruh stok produk toko online akan terupdate secara otomatis. Ketika ada order, jumlah stok akan berkurang tanpa perlu melakukan update berkala secara manual. Seluruh data stok/inventori juga tersimpan dalam website/aplikasi, sehingga siapa pun yang sedang membuka akun, akan melihat informasi akurat secara real time.

Membuka toko online di marketplace juga boleh dikatakan hemat waktu dan investasi awal. Kamu hanya perlu membuat akun dengan email atau/dan nomor HP dan mengikuti langkah-langkah untuk mengatur toko online. Kamu hampir tidak perlu mengeluarkan uang untuk mulai berjualan di marketplace. 

Selain itu, mayoritas marketplace besar juga sudah memiliki reputasi dan sangat dipercaya pelanggan. Hal ini tentunya menguntungkan untuk online seller yang berjualan di marketplace, karena kepercayaan pelanggan tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. 

Kekurangan Berjualan di Marketplace 

Tidak ada platform yang sempurna. Marketplace juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah persaingan yang sangat ketat ( biasanya sangat ditakuti online seller). Mungkin ada puluhan, ratusan, bahkan toko online di marketplace yang menjual produk serupa denganmu. Karena itu, kamu harus bisa membuat tokomu stand out dan menjaga agar rating tetap tinggi.

Karena persaingan ketat dan banyaknya jumlah kompetitor, jangan heran apabila sulit sekali untuk mendapatkan pelanggan setia. Pelanggan marketplace memiliki kecenderungan untuk mencoba berbelanja di toko lain untuk membandingkan produk. Karena itu, untuk memenangkan hati pelanggan, kamu harus terus meningkatkan kualitas produk. 

Walau membuat akun biasanya tidak dikenakan biaya, akan ada biaya administrasi jika kamu mau meng-upgrade akun toko online-mu. Sebagai gantinya, tokomu akan mendapatkan sejumlah fasilitas yang tidak bisa didapatkan sebelumnya. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan lebih banyak jenis promo di toko yang sudah ter-upgrade.

Kelebihan Jualan di Website Ecommerce

Keunggulan utama berjualan di website ecommerce adalah kamu punya kontrol penuh untuk tampilan website. Jika kamu adalah seorang seller yang sangat memperhatikan branding, maka kamu wajib punya website ecommerce. 

Tidak hanya memegang kendali penuh untuk tampilan website, kamu juga memiliki akses langsung ke analitik bisnis. Dari laporan analitik kamu bisa melihat jumlah traffic dan mempelajari kebiasaan dan karakteristik pelanggan. Data-data ini akan memudahkanmu untuk mengambil keputusan dalam membuat kampanye/promosi.

Keuntungan lain menggunakan website ecommerce adalah pemasaran yang lebih efektif. Tidak hanya bisa membuat kampanye/promosi di dalam website, kamu juga bisa menghubungkannya ke Instagram & Facebook shop untuk pemasaran yang lebih efektif. 

Kekurangan Jualan di Website Ecommerce

Sayangnya membangun website ecommerce tidak semudah dan murah membuat toko di marketplace. Kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk domain dan setting di awal. Kamu juga mungkin akan dikenakan sejumlah biaya lain, misalnya untuk integrasi metode pembayaran, dan sebagainya.  

Website ecommerce juga sangat mengandalkan SEO untuk traffic. Penting untukmu belajar optimasi SEO agar bisa membantu website muncul di halaman pertama google, saat orang mengetik keyword yang relevan dengan website-mu.

Kamu juga harus menyediakan tenaga ekstra untuk melayani pertanyaan pelanggan dan komplain dari A – Z. Saat berjualan di marketplace, kamu mungkin akan mendapatkan bantuan dari customer service untuk urusan komplain. Namun saat mengelola website ecommerce sendiri, kamu harus melakukan semuanya sendiri.


Jadi platform apa yang tepat untuk bisnismu? Kamu bisa menentukan jawabannya dengan mempertimbangkan aspek-aspek di atas. Namun bukan berarti kamu tidak bisa berjualan di beberapa channel sekaligus. Kamu bisa tetap berjualan di website commerce, marketplace, dan sosial media tanpa mengalami kesulitan dengan Halosis.

Dengan Halosis Website Commerce, kamu bisa punya website pribadi dengan FREE Domain yg sesuai dengan nama bisnismu, pilihan pembayaran lengkap, perhitungan ongkir, resi & pick up kurir otomatis, serta memiliki data penjualan yang lengkap. Klik disini untuk buat website usahamu sekarang 😉.

Recommended Articles

Leave a Reply