Halosis.co.id, Jakarta – Kelebihan dari sebuah toko online yang dicari pelanggan salah satunya adalah pelayanannya yang tidak terbatas oleh waktu. Pelanggan bisa kapan saja melihat produk-produk yang kamu jual dan memesannya tanpa batasan waktu. Namun, respon toko online terhadap pelanggan juga menjadi sangat penting, karena pada dasarnya, pelanggan tidak sabaran.
Kecepatan respon yang kamu berikan kepada pelanggan akan sangat mempengaruhi pandangan pelanggan terhadap toko online-mu. Kalau respon cepat dan pelayanan bagus, maka besar kemungkinan pelanggan akan berlangganan order di toko online-mu.
Saat toko online-mu fast respon, maka ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, seperti: membuat pelanggan puas akan pelayanan yang kamu berikan, menjaga hubungan dengan pelanggan dan memberikan kesan ramah serta terpercaya untuk pelanggan baru. Bukan hanya itu saja, ada hal-hal lain juga yang bermanfaat untuk menjaga citra toko online-mu dan membuatnya menjadi lebih baik. Langsung saja yuk, simak penjelasannya di bawah ini.
1. Memberi Nilai Plus untuk Toko Online-mu
Saat kamu memberikan respon yang cepat kepada pelanggan, maka secara tidak langsung kamu sudah menambah nilai plus untuk toko online-mu. Pelanggan akan sangat senang apabila toko online yang dihubungi merespon dengan cepat, karena pelanggan tidak suka menunggu. Jika nilai toko online-mu bertambah, maka otomatis rating dari pelanggan untuk toko online-mu pun akan bagus.
Nilai untuk toko online-mu sangat penting karena bisa mempengaruhi penjualan. Biasanya, orang akan lebih percaya untuk berbelanja di toko online dengan rating bagus (minimal 4.5). Rating adalah bukti nyata dari apa yang pelanggan rasakan. Rating yang bagus juga menjadi modal untuk kamu dapat meningkatkan penjualanmu.
2. Membuka Peluang Peningkatan Penjualan
Jika kamu merespon pelanggan dengan cepat, itu berarti kamu sedang menunjukkan profesionalitas toko online-mu. Dengan hal tersebut, tentu kamu juga membuka peluang peningkatan penjualanmu. Karena, ketika pelanggan merasa dilayani dengan baik, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan melakukan repeat order yang tentu akan meningkatkan penjualanmu.
Bukan hanya dari sisi pelanggan saja, tetapi juga dari calon pelanggan, mereka akan lebih mudah meyakinkan diri untuk berbelanja di toko online-mu ketika mereka mengetahui bahwa pelayanan toko online-mu baik. Pasalnya, selain kualitas produk, performa pelayananmu juga sangat diperhatikan oleh pelanggan dan menjadi salah satu poin pertimbangan untuk mengambil keputusan pembelian.
3. Membangun Kepercayaan Pelanggan
Salah satu manfaat lain dari merespon pelanggan dengan cepat adalah dapat membangun kepercayaan pelanggan. Saat pelanggan tidak dibiarkan menunggu, maka sebenarnya kamu sedang membangun kepercayaan pelanggan terhadap toko online-mu. Hal ini bukan hanya berdampak pada kepercayaan pelanggan yang sudah pernah berbelanja di toko online-mu saja, tetapi juga terhadap calon pelanggan. Mereka akan merasa bahwa toko online-mu bukan toko online yang abal-abal.
Adanya hal tersebut mampu menumbuhkan rasa percaya calon pelanggan untuk mau berbelanja di toko online-mu. Kepercayaan yang dibangun merupakan sebuah pondasi agar komunikasimu dengan pelanggan berjalan dengan lancar. Saat komunikasimu dengan pelanggan baik, maka akan berdampak baik juga bagi nilai toko online-mu, seperti yang sudah disampaikan pada poin pertama tadi.
4. Bisa dijadikan Sebagai Alat Promosi
Bertambahnya nilai toko online-mu yang disebabkan oleh respon cepat yang kamu berikan pada pelanggan, bisa dijadikan sebagai alat promosi. Alat promosi ini akan menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja di toko online-mu, khususnya calon pelanggan. Sebelum berbelanja, biasanya calon pelanggan akan melihat testimoni toko online-mu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa toko online pilihannya sudah tepat.
Sedangkan, pelanggan yang sudah pernah berbelanja di toko online-mu akan merasa puas dengan respon cepat yang diberikan dan tentu tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan mempromosikan dan merekomendasikan untuk berbelanja di toko online-mu kepada teman-temannya. Dengan begitu, kamu bukan saja hanya menjaga kepercayaan satu pelanggan, tetapi juga pelanggan tersebut dapat membawa calon-calon pelanggan untuk toko online-mu.
Ternyata, merespon pelanggan dengan cepat sangat bisa mempengaruhi toko online-mu ya. Hal ini tentu menjadi tantangan untuk kamu para online seller saat berkomunikasi dengan pelanggan atau pun calon pelanggan. Kamu jadi harus sering-sering cek handphone dan online supaya gak ada chat pelanggan yang terlewatkan. Hal tersebut tentunya bukan pekerjaan enteng dan justru pekerjaan yang menyita waktu.
Tapi, kabar baiknya, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Halosis supaya gak ada chat pelanggan yang terlewatkan dan tentunya dibalas dengan cepat secara real time. Dengan fitur manajemen order 24 jam, kamu tidak usah khawatir lagi pelanggan akan kabur karena menunggu balasan lama dari kamu. Selain itu, ada banyak fitur-fitur lain dalam aplikasi Halosis juga yang bisa bikin jualan online-mu lebih praktis, seperti: terima orderan secara otomatis, mengelola stok barang, membuat laporan penjualan, bahkan sampai membuat promo yang bisa disesuaikan oleh pelanggan.
Gimana nih, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis.