5 Tips Jitu Jadi Pengusaha Multitasking

Seorang pengusaha harus terbiasa untuk multitasking.
Gambar: https://www.lionsroar.com

Halosis.co.id, JakartaMenjadi pengusaha menuntut kamu untuk melakukan banyak hal secara bersamaaan. Kalau tidak dilakukan secara bersamaan, mungkin kamu akan kehilangan kesempatan. Karena itu, seorang pengusaha harus memiliki kemampuan untuk multitasking. Ini dia beberapa tips agar kamu bisa multitasking dengan baik.

1. Tentukan Prioritas

Untuk menentukan prioritas, kamu harus melihat urgensi dari apa yang mau kamu kerjakan.
Gambar: https://www.earlytorise.com/do-this-for-your-1-priority/

Mengerjakan beberapa hal secara bersamaan bukan berarti kamu harus menyelesaikan semuanya bersamaan juga. Walaupun melakukan beberapa hal dalam satu waktu, kamu harus punya prioritas. Jangan sampai pekerjaan yang sebenarnya masih bisa ditunda selesai lebih awal, sedangkan yang sangat mendesak  belum selesai. Pintar-pintarlah dalam mengatur prioritas untuk multitasking. Kalau kamu orang yang pelupa, buatlah catatan kecil dan urutkan mulai dari prioritas tertinggi.

2. Kerjakan yang Masih Berhubungan

Hindari mengerjakan hal-hal yang kurang berhubungan secara bersamaan.
Gambar: www.unsplash.com

Saat melakukan multitasking, sebaiknya kamu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang masih berhubungan. Ketika melakukan pekerjaan yang kurang berhubungan, maka otakmu akan lebih mudah lelah. Kamu juga kamu akan lebih mudah kehilangan fokus. Maka dari itu, kerjakanlah sesuatu yang masih berhubungan.

3. Tentukan Deadline

Target dan deadline akan memacu kreativitasmu.
Gambar: www.unsplash.com

Tips yang berikutnya adalah menentukan deadline. Multitasking kadang membuat kita berpikir kalau kita sudah mengerjakan banyak pekerjaan. Hal ini membuat kita memberikan toleransi yang terlalu besar masalah waktu. Untuk menghindari adanya pekerjaan yang selesai ngaret, buatlah deadline. Akan lebih baik lagi, kalau setiap pekerjaanmu dalam satu hari, dibuat deadlinenya, agar membantumu juga untuk mengerjakan prioritasmu terlebih dahulu.

3. Fokus

Berkonsentrasi merupakan kunci agar fokusmu tetap terjaga.
Gambar: www.unsplash.com

Fokus merupakan kunci utama kesuksesan multitasking seseorang. Mengerjakan banyak hal secara bersamaan mungkin membuat fokus terpecah. Kamu harus berkonsentrasi penuh terhadap apa yang sedang kamu kerjakan, agar fokus tidak terpecah. Fokus yang baik akan membuat tugas-tugasmu selesai lebih cepat. 

5. Disiplin

Disiplin akan waktu akan membuatmu tetap on track dalam multitasking.
Gambar: www.unsplash.com

Tips yang terakhir, disiplinlah pada diri sendiri. Tanpa kedisplinan, multitasking yang kamu lakukan tidak akan berhasil. Hindari mindset kalau sudah bekerja terlalu keras, sehingga tidak apa-apa kalau beristirahat sejenak. Pemikiran semacam ini biasanya akan membuatmu terlena dan tidak melanjutkan pekerjaan. Tidak masalah untuk beristirahat, kalau kamu merasa lelah. Tapi ingat dan disiplinlah terhadap waktu.


Demikian tips jitu agar kamu bisa jadi pengusaha yang sukses multitasking. Menjadi pengusaha memang akan selalu menuntutmu memiliki kemampuan multitasking. Karena itu kamu harus pintar-pintar membagi waktu dan menentukan prioritas dalam berusaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha!



1 comment

Leave a Reply