5 Alasan Pelanggan Tidak Jadi Berbelanja di Websitemu

Halosis.co.id, Jakarta – Apa kamu pernah mengalami, traffic website online shop-mu sebenarnya tinggi, tapi tidak ada transaksi? Situasi semacam ini sering kali terjadi saat exposure website sudah baik, tetapi pelanggan mengalami kesulitan atau ketidaknyamanan saat hingga memutuskan untuk tidak jadi berbelanja.

Jika hal semacam ini sering terjadi, sebaiknya kamu mengevaluasi, kenapa orang tidak jadi berbelanja di website-mu. Bisa jadi, alasannya adalah karena 5 hal berikut ini.

1. Proses Transaksi Rumit

Alasan pertama adalah karena proses belanja yang rumit dan berbelit-belit. Pelanggan mungkin sudah mulai melihat-lihat produk di website toko online-mu, tapi karena tidak paham atau merasa proses bertransaksi terlalu rumit, pelanggan memutuskan untuk tidak jadi bertransaksi

Untuk bisa sukses berjualan dengan website, kamu harus memiliki website yang user friendly. Jika website yang kamu pakai untuk berjualan saat ini belum user friendly, maka sebaiknya kamu melakukan perbaikan terlebih dulu. Setiap komponen dalam website termasuk tombol, tulisan, dan icon harus mudah dipahami. Selain itu proses checkout juga harus dibuat seringkas mungkin, agar pelanggan tidak merasa kesulitan saat bertransaksi.

2. Sulit Mengakses Online Shop

Alasan berikutnya, mengapa pelanggan memilih untuk mundur adalah karena sulitnya mengakses online shop. Contohnya adalah jika website hanya bisa diakses dari satu jenis device, misalnya laptop. Atau sebaliknya, untuk berbelanja pelanggan harus mendownload aplikasi terlebih dulu. 

Hal ini tentunya sangat merepotkan untuk pelanggan yang terbiasa belanja online lewat smartphone. Pelanggan juga pasti akan berpikir dua kali, jika harus mendownload sebuah aplikasi hanya untuk berbelanja di toko online-mu. 

Kamu tentunya tidak mau hal ini menjadi bumerang bagi usahamu. Karena itu, saat membuat website toko online, pastikan website bisa diakses dari beragam device, serta punya desain yang responsif sehingga nyaman digunakan dari perangkat apa pun. 

3. Tampilan Toko Online yang Berantakan

First impression adalah hal yang sangat penting dalam berjualan. Terutama saat berjualan lewat website, first impression akan menjadi faktor penentu, apakah pelanggan akan lanjut berbelanja di tokomu atau tidak. Tampilan website dengan layout yang berantakan dan pemilihan warna tema yang tidak sesuai bisa membuat pelanggan enggan untuk berbelanja di toko online-mu. 

Supaya bisa mendapatkan first impression yang baik, kamu harus memberikan perhatian ekstra pada tampilan website toko online-mu. Layout website, template, warna tema, font, button, dan konten website lainnya harus terlihat menarik dan selaras.

4. Tidak Fast Response

Hal lain yang biasanya membuat pelanggan berpikir dua kali untuk berbelanja di toko website-mu adalah layanan pelanggan atau customer service. Customer service berperan besar dalam menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak jarang pelanggan batal berbelanja karena layanan pelanggan yang kurang responsif atau tidak memuaskan

Karena itu kamu harus benar-benar menjaga agar performa balas chat baik, admin-admin online shop selalu responsif dalam membantu pelanggan. Untuk memudahkanmu mengelola semua chat yang masuk ke WhatsApp, Facebook, Line, dan Telegram, kamu bisa menggunakan platform chatting multi-admin. Dengan menggunakan platform multi-admin, kamu lebih mudah untuk atur pembagian, pengelolaan chat, serta atur balas chat otomatis. 

5. Metode Pembayaran Tidak Lengkap

Alasan lain dan yang termasuk paling sering ditemui adalah karena website tidak menerima pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Saat memilih metode pembayaran ada beberapa pertimbangan, mengapa pelanggan hanya mau membayar sesuai preferensi pembayaran yang diinginkan. Salah satunya adalah karena potongan biaya admin

Untuk meminimalisir pengeluaran ekstra, pelanggan akan cenderung lebih memilih berbelanja di toko online yang menerima pembayaran yang saat ini sedang digunakan. Karena itu, penting untuk website-mu menyediakan metode pembayaran yang lengkap di website toko online-mu


Itulah dia 5 alasan umum, mengapa pelanggan tidak jadi berbelanja di toko online-mu, meskipun mereka sudah berkunjung dan melihat-lihat produk. Kamu tentunya tidak ingin ada banyak pelanggan yang tidak jadi bertransaksi di toko online-mu. Kalau begitu, kamu harus meningkatkan kualitas toko online-mu dan memastikan kalau toko online-mu tidak lagi masuk dalam 5 kriteria di atas. 

Kamu bisa berjualan online menggunakan website siap pakai Halosis yang bisa mengatasi 5 alasan di atas. Proses transaksi dalam website mudah dan user friendly, mudah diakses dari device mana pun, tampilan toko rapi dengan beragam pilihan template, terintegrasi dengan chat platform multi-admin, dan menyediakan metode pembayaran yang lengkap.

Jika ingin langsung mencoba website siap pakai Halosis, kamu bisa membuat akun Halosis di sini. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Customer Support kami

Recommended Articles

Leave a Reply